Hubungi Kami Jasa sewa mobil plus sopir terpercaya dan termurah. Kami siap melayani Anda untuk perjalanan dalam dan luar kota.

Wisata Pantai Watulawang – Tempat Yang Pas Untuk Melepas Penat

pantai watulawang, wisata pantai watulawang, obyek wisata pantai di gunungkidul

kotajogja.com

Wisata Pantai Watulawang – Apabila kita berlibur ke Yogyakarta tentunya tidak akan kehabisan destinasi wisata pantai. Apalagi di kawasan wisata Gunungkidul, ada banyak sekali pantai yang bisa Anda kunjungi. Salah satu pantai di Gunungkidul yang mungkin bisa anda jadikan sebagai tempat berlibur adalah Pantai Watulawang. Penasaran dengan Pantai Watulawang ini? Yuk simak selengkapnya.

Obyek Wisata Pantai Watulawang

Pantai Watulawang ini tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Gunungkidul, yaitu terdapat karang-karang serta ombak yang cukup besar. Akan tetapi, ada sebuah keunikan di Pantai Watulawang ini, yakni terdapat karang yang cukup besar yang biasa digunakan pengunjung untuk memandang ke lautan lepas.

Demi memudahkan pengunjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan di Pantai Watulawang, dibuat jembatan dari bambu oleh warga sekitar dan pengelola untuk digunakan menyeberang ke karang bagian atas.

Bagi pengunjung yang suka berfoto, disini terdapat gazebo atau gardu pandang kearah laut yang dapat digunakan untuk berfoto maupun bersantai memandang kearah lautan lepas. Tetapi pengunjung perlu berhati-hati apabila ingin menyeberang ke karang tersebut karena jika saat ombak besar akan menjadi bahaya, sebaiknya jika pengunjung membawa anak-anak bisa ditemani oleh orang dewasa.

Asal Mula Pantai Watulawang

Pantai Watulawang ini sebenarnya berasal dari dua kosa kata yaitu watu (batu) dan lawang (pintu) dikarenakan pada pantai ini terdapat goa watulawang dan didepan goa tersebut terdapat batu yang bentuknya menyerupai pintu, sehingga pantai ini disebut dengan Pantai Watulawang. Nama wisata Pantai Watulawang ini memang belum cukup populer di kalangan masyarakat, sebab memang masih sepi pengunjung.

Suasana di Pantai Watulawang ini memang masih sepi dan terdapat karang-karang besar di bibir pantai yang bisa digunakan untuk berfoto-foto. Hamparan pasir pantai yang luas dengan warna kecokelatan menjadikan pantai ini khas pantai selatan Kota Yogyakarta.

Biasanya warga sekitar menggunakan Goa yang ada di Pantai Watulawang ini untuk upacara “Nyadran” yaitu mengirim do’a untuk para leluhur dan pada bulan Sya’ban kalender jawa ada aturan pengunjung tidak boleh memasuki kawasan goa dan pantai tersebut. Konon kata masyarakat daerah sekitar Pantai Watulawang, goa tersebut adalah petilasan dari Prabu Brawijaya VI.

Lokasi Pantai Watulawang

Pantai Watulawang ini berlokasi di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Apabila kita jalan dari pusat Kota Yogyakarta, kita harus menempuh jarak sekitar 60 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Pantai ini diapit oleh dua nama pantai yang sudah populer yaitu Pantai Pok Tunggal dan Pantai Indrayanti. Lebih mudah jika pengunjung langsung menuju kawasan Pantai Indrayanti lalu ketimur sedikit sekitar 700 meter dan Anda akan menemukan Pantai Watulawang ini. Maps Pantai Watu Lawang

Harga Tiket Masuk Pantai Watulawang

Harga tiket masuk pada obyek wisata Pantai Watulawang ini sudah sepaket dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya yaitu Rp. 10 rb per-orang ditambah dengan biaya parkir pada lokasi pantai ini Rp. 2 rb untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5 rb untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Pantai Watulawang

Fasilitas yang ada di Pantai Watulawang ini juga sama halnya seperti wisata pantai lainnya, yaitu terdapat kamar mandi untuk bilas, warung makanan dan minuman, tempat parkir hingga tempat-tempat berteduh yang sudah disediakan oleh warga sekitar dan pengelola pantai ini.

Nah, gimana? Tertarik untuk mengunjungi Pantai Watulawang yang ada di Gunung Kidul? Langsung aja menuju kesana ya. Jika wisatawan tidak membawa kendaraan sendiri untuk menuju ke lokasi, bisa sewa mobil Jogja dari kami. Tentunya dengan harga sewa yang murah dan cocok untuk liburan wisatawan. Selain itu, terdapat juga banyak pilihan mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan jumlah penumpang dan selera Anda.

error: Content is protected !!