Tempat Wisata Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo, Yogyakarta

air terjun kedung pedut

Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo – Kota Yogyakarta tentunya memiliki banyak sekali tempat wisata yang unik dan mengagumkan. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut yang ada di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo, yaitu di sisi barat Kota Yogyakarta. Tempat wisata alam Air Terjun Kedung Pedut ini sangat menarik untuk dikunjungi ketika Anda sedang berwisata di Kota Istimewa Yogyakarta, maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke tempat ini untuk berwisata.

Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo

Tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut ini berada di sisi barat Kota Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, mungkin membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai ke lokasi ini. Lokasinya memang bisa di bilang cukup jauh dari pusat kota, namun masih bisa di jangkau menggunakan kendaraan pribadi dengan panduan Google Maps atau kalau bingung tidak membawa kendaraan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja dari kami.

Untuk mencapai lokasi dari Air Terjun Kedung Pedut inibisa dibilang bukan hal yang mudah. Dikarenakan jalurnya yang lumayan ekstrim, yaitu wisatawan harus melewati jalur pada pegunungan menoreh, tanjakan yang berbelok-belok maka harus menggunakan kendaraan yang prima. Selama perjalanan menuju Air Terjun Kedung Pedut ini wisatawan akan disuguhkan pemadangan alam yang masih asri dan sangat indah. Tentunya keasrian daerah khas Kulon Progo. Seperti pemandangan sawah yang hijau dengan metode tanam terasiring.

Perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Air Terjun Kedung Pedut memang cukup panjang, namun disisi lain perjalanan tidak akan merasa bosan karena ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa Anda singgahi seperti area Gunung Lanang, Goa Kiskendo dan Goa Seplawanan. Semua ini adalah tempat wisata alam di Yogyakarta yang menarik. Mungkin Anda bisa menyempatkan diri untuk bersinggah sebelum ke tujuan utama yaitu Air Terjun Kedung Pedut.

air terjun kedung pedut kulon progo yogyakarta

Tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut ini dikenal karena memiliki warna yang mempesona pada airnya. Warna air biru tosca dan putih jernih bisa kita lihat ketika kita sampai lokasi dekat air terjun itu. Warna putih jernih pada air ini disebabkan oleh aliran air yang sangat deras dari ai terjun di samping kedung ini. Lalu warna air hijau tosca di hasilkan dari pantulan batuan di dasar sungai yang terpancar dari sinar matahari.

Tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut ini sebenarnya masih termasuk satu aliran dengan beberapa lokasi wisata alam di sekitarnya. Yakni, wisata alam Air Terjun Kembang Soka yang memiliki air terjun bertingkat dan juga tuk mudal atau mata air mudal. Bagi yang belum tahu, yang menjadi sumber mata air dari ke dua dua tempat wisata alam air terjun kembang soka dan kedung pedut adalah mata air tuk mudal.

Air Terjun Kedung Pedut memanglah memiliki warna air yang sangat unik, di air terjun ini juga terdapat cekungan seperti kolam yang cukup dalam sekitar 1.5 meter dan cekungan inilah yang dimanfaatkan oleh pawa wisatawan untuk sebagai tempat bermain air, juga pada sekitar air terjun tersebut.

Bagi wisatawan yang datang ke lokasi Air Terjun kedung Pedut ini dan tidak ingin bermain air, bisa duduk-duduk dan menikmati pemandangan alamnya. Di sekitar Air Terjun Kedung Pedut ini terdapat bambu-bambu yang menempel sangat kuat dan bisa di jadikan sebagai tempat duduk. Bambu tersebut memang sengaja dibuat untuk tempat duduk pengunjung untuk menikmati kolam alamai tersebut dan beristirahat setelah bermain di air terjun. Pada satu lokasi Air Terjun Kedung Pedut, ada beberapa nama kedung yang berbeda-beda, yakni Kedung Merang, Kedung Merak, Kedung Lanang, Kedung Wedok dan kedung Anyes.

Pada setiap nama kedung tersebut tentunya memiliki kedalaman yang berbeda-beda, ada yang memiliki kedalaman 2 meter ada pula yang memiliki kedalaman 5 meter. Jika pengunjung merasa kelelahan atau ingin beristirahat, ada tempat peristirahatan yang terbuat dari bambu. Bahan dari bambu inilah yang membuat kesan pada tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut semakin alami.

Nah, itulah artikel yang bisa kami buat tentang Air Terjun Kedung Pedut, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo atau Yogyakarta.

Leave a Reply

error: Content is protected !!