Suara Mesin Mobil Kasar dan Berisik, Sebaiknya Perbaiki Sebelum Fatal

suara mesin mobil kasar

Suara Mesin Mobil Kasar – Sebagai pemilik mobil atau pengemudi mobil, tentunya kita akan merasa risih apabila suara mesin kasar dan berisik. Apabila terjadi hal demikian, maka kita akan menjadi bertanya-tanya apakah penyebab suara mesin mobil kasar. Apakah terjadi kerusakan pada mesin mobil? Atau ada hal lainnya? Jika kita belum mengetahui sebabnya, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan oleh ahlinya.

Suara Mesin Mobil Kasar

Mobil merupakan rangkaian yang terdiri dari beberapa komponen rumit yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Semua komponen yang ada didalam mobil tentu saja saling berkaitan, apalagi pada mesin mobil yang saling berputar dan bergesekan sehingga menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mobil tersebut. Akibat dari gesekan sebuah benda atau lebih tentu saja akan menghasilkan bunyi. Di dalam mesin mobil, ada yang menghasilkan bunyi lemah, normal dan ada juga yang menghasilkan suara kasar dan berisik.

Bagi kita yang belum mengetahui, tentu akan mengira bahwa suara kasar itu berasal dari mesin mobil. Namun, perlu diketahui bahwa suara bersiik dari mobil belum tentu ditimbulkan dari mesin mobil. Ada beberapa penyebab yang muncul dan menghasilkan suara kasar pada mesin mobil, penyebabnya antara lain:

Oli Pada Mesin Mobil Sudah Berkurang

Oli mempunyai fungsi yang sangat penting pada mesin mobil, selain sebagai pelumas juga berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen yang ada dalam mesin mobil. Apabila oli yang ada pada mesin mobil sudah berkurang, maka tidak menutup kemungkinan kinerja komponen pada mesin mobil juga berkurang, hal ini akan menyebabkan gesekan berlebih pada komponen mesin mobil. Akibat yang ditimbulkan adalah mesin mobil akan menghasilkan bunyi suara yang kasar.

Timbulnya suara kasar yang disebabkan oleh mesin mobil yang kekurangan oli, biasanya terdengar sumber bunyi yang berasal dari bagian atas pengaturan katup. Hal seperti ini biasanya disebabkan karena kebocoran oli, sehingga oli mudah habis atau karena kondisi ring piston yang sudah aus karena kurangnya pelumas.

Apabila sudah terdengar suara kasar pada mesin mobil, sebaiknya anda sesegera mungkin mengeceknya agar dilakukan perbaikan oleh bengkel mobil. Kerusakan yang ditimbulkan akan semakin parah apabila anda menundanya.

Terjadi Masalah Pada Kompresor AC Mobil

Ada beberapa penyebab munculnya suara kasar pada mobil, salah satunya ditimbulkan oleh AC mobil. Ciri yang paling mudah diketahui pada AC mobil bermasalah adalah ketika AC mobil dinyalakan akan mengeluarkan bunyi yang kasar. Ada beberapa sebab yang menimbulkan AC menjadi kasar antara lain oli kompresor AC mobil yang sudah hampir habis, bisa juga disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel pada kompresor AC mobil.

Untuk mengatasi hal seperti caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan flushing. Namun tidak hanya cukup flushing saja, ada tindakan lain yang perlu dilakukan. Termasuk di dalamnya melakukan penggantian beberapa komponen pada AC mobil anda.

Bearing Mobil Yang Bermasalah

Apakah anda pernah mendengar suara berdengung secara terus-menerus dan bunyinya semakin kencang ketika RPM mobil anda naik? Atau ketika mesin mobil anda panas? Apabila terjadi hal seperti itu, maka sudah bisa di pastikan masalah yang terjadi adalah pada bearing mobil anda. Ada beberapa macam bearing pada mesin mobil seperti tensioner, alternator, idler, kompresor dan waterpump.

Namun, didalam mobil terdapat banyak sekali bearing. Kita akan cukup kesulitan untuk menentukan bearing mana yang bermasalah. Maka dari itu anda memerlukan bantuan dari bengkel mobil untuk mencari tahu sumber bunyi yang dihasilkan oleh bearing. Biasanya bengkel mobil menggunakan alat khusus yang bernama sound scope untuk mendeteksi dan mencari tahu sumber bunyi itu berasal.

Masalah Pada Belt Kipas

Masalah yang menimbulkan suara berisik pada mobil yang seringkali terjadi dan mudah untuk diketahui adalah belt kipas. Belt sering disebut sebagai sabuk atau tali kipas yang menghubungkan antara satu pull dengan yang lainnya. Belt ini menghubungkan antara kipas radiator dengan alternator dan kompresor AC sehingga menghasilkan putaran pada kompnen tersebut. Masalah yang sering terjadi pada belt mobil ini antara lain disebabkan oleh tali kipas yang kotor, tali kipas sudah kering, tali kipas yang rusak ataupun ukuran tali kipas yang kurang pas.

Biasanya, tali kipas radiator apabila sudah rusak atau ukuran tali kipasnya kurang pas maka akan mengeluarkan bunyi mendecit. Apabila anda mendengar bunyi seperti itu, maka sebaiknya anda segera memperbaiki mobil anda di bengkel. Karena jika masalah seperti itu dibiarkan, hal yang akan terjadi tali kipas mobil anda akan copot atau putus di tengah perjalanan. Hal ini akan berakibat sangat fatal pada mesin mobil dan akan menyebabkan mobil anda mogok di tengah perjalanan.

Bagi anda pemilik mobil ataupun pengemudi mobil, sebaiknya segera melakukan perbaikan apabila anda mendengar bunyi yang timbul pada mobil anda. Jangan pernah menganggap remeh bunyi kasar atau berisik yang berasal dari mesin mobil, karena apabila dibiarkan maka akan berakibat fatal pada mobil anda dan kemungkinan bisa mogok ditengah perjalanan. Karenanya, sangat penting untuk melakukan pengecekan dan service rutin terhadap kendaraan agar bisa meminimalisir berbagai masalah yang terjadi saat berada di perjalanan.