Pantai Dewa Ruci Purworejo, Wajah Baru Dari Pantai Jatimalang

Pantai Dewa Ruci Purworejo

Pantai Dewa Ruci Purworejo – Bagi anda yang bingung memilih tempat wisata saat anda berada di Purworejo, mungkin anda bisa pergi ke pantai untuk sekedar bersantai dan bermain air. Artikel dari Avilo Tour & Travel ini berisi mengenai informasi Pantai Dewa Ruci yang merupakan salah satu pantai di Kabupaten Purworejo.

Pantai Dewa Ruci Purworejo

Jika mendengar nama Pantai Dewa Ruci, mungkin memang masih terasa asing di telinga kita, padahal nama pantai ini sudah lama ada. Pantai yang berada di Kecamatan Purwodadi ini sebelumnya bernama Pantai Jatimalang, namun dengan adanya tambahan ikon Dewa Ruci yang sedang bertarung melawan ular yang menjadikannya seperti aquaman, maka pantai ini dinamakan Pantai Dewa Ruci.

Pengunjung yang datang di pantai ini bisa menikmati indahnya pemandangan laut dengan angin yang cukup kencang. Selain itu para pengunjung juga bisa mendapatkan moment sunset (matahari terbenam) di horson. Di sekitar Pantai Dewa Ruci juga terdapat banyak pohon cemara yang bisa digunakan untuk berteduh sembari menikmati es kelapa muda yang bisa dibeli dari para penjual di sekitarnya.

keindahan pantai jatimalang purworejo

Isi Dari Pantai Dewa Ruci

Sesudah berganti nama menjadi Pantai Dewa Ruci, Pantai Jatimalang ini memang ditemukan banyak sekali perbedaan. Sebelumnya pantai ini memang terlihat masih tradisional, namun sekarang sudah memiliki kesan modern. Bisa anda lihat sendiri ketika anda melewati pintu masuk dari Pantai Dewa Ruci ini.

Patung Dewa Ruci

Salah satu hal yang menjadikan pantai ini menarik adalah adanya Patung Dewa Ruci yang memiliki ukuran besar, ditambah adanya tulisan “Dewa Ruci” dibelakang patung. Maka tidak pengunjung yang datang ke pantai ini selalu mengabadikan moment dengan berfoto di area patung sebelum pergi ke pantai tersebut.

Saung-Saung

Di pantai ini terdapat saung-saung kecil di tepi pantai yang bisa kamu gunakan untuk duduk, namun saung-saung ini tidak gratis. Ketika kamu duduk di saung-saung itu akan ada yang datang untuk menarik iuran. Hal ini wajar saja karena memang pembuatan saung-saung itu dibuat oleh warga sekitar Pantai Dewa Ruci.

Dilarang Berenang di Pantai

Para pengunjung yang datang di pantai ini bisa dengan leluasa jalan-jalan di tepi pantai. Namun para pengunjung tidak disarankan untuk berenang di pantai ini, karena pantai ini tidak seperti Pantai di Gunung Kidul yang lebih landai. Di Pantai Dewa Ruci ini ombaknya masih cukup besar seperti Pantai Selatan pada umumnya.

Terdapat Warung

Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal dari rumah, di pantai tersedia warung-warung yang menjajakan berbagai macam makanan ringan. Warung-warung ini berada di kios permanen yang ada di sebelah kanan patung Dewa Ruci. Selain itu di area pantai juga terdapat penjaja es kelapa mudah yang bisa anda beli dengan harga yang terjangkau.

Bagi anda yang ingin menikmati makan siang, di area pantai Dewa Ruci ini juga ada sejumlah tempat makan yang menyediakan aneka masakan laut. Namun sayangnya untuk tempat makan ini tidak di cantumkan harga dari menu makanannya dan terkesan kurang terintegrasi dengan manajemen pantai.

Lokasi Pantai Dewa Ruci Purworejo

Lokasi pantai ini berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Akses menuju pantai ini sangatlah mudah ketika anda melewati jalur selatan dan anda tidak akan bingung mencarinya. Namun, jika anda menggunakan panduan dari Google Maps, anda jangan pernah menggunakan kata kunci “Pantai Dewa Ruci”, karena anda akan menemukan pantai tersebut berada di Bantul, bukan di Purworejo. Anda bisa mencari lokasi pantai ini dengan menggunakan kata kunci “Pantai Jatimalang Purworejo” untuk lebih tepatnya.

Rute Pantai Dewa Ruci Purworejo

Sangat mudah untuk menemukan pantai ini, apalagi jika anda datang dari arah Purworejo Kota, Kota Yogyakarta ataupun Kebumen. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Glagah, Wisata Mangrove Kulon Progo, Pantai Congot, Pantai Jetis dan Pantai Ketawang dari sisi barat dan Gunung Ijo Bagelen dari sisi utara.

Rute dari Yogyakarta

Jika anda datang dari arah Yogyakarta atau Kulon Progo, silahkan anda langsung menuju ke Bandara YIA lanjut kearah Temon dan menuju jalan Deandles. Setelah itu anda berjalan lurus kearah barat melewati jembatan yang searah dengan Mangrove Jembatan Api-Api dan Mangrove Demang Gede. Jika anda sudah tiba di lampu merah, silahkan anda ambil arak kiri (selatan) ke arah Pantai Jatimalang.

Rute dari Kebumen

Apabila anda datang dari Kebumen, anda bisa langsung menuju jalan Deandles dan berjalan kearah timur. Dari seperempatan lampu merah (kiri arah Pantai Jetis) anda silahkan tetap lurus. Setelah anda bertemu lamu merah yang kedua, silahkan anda belok kanan (kearah selatan) arah ke Pantai Jatimalang.

Rute dari Purworejo Kota

Apabila anda datang dari Purworejo Kota, silahkan anda menuju arah selatan ke Purworejo. Apabila anda sudah menemukan pertigaan Pendowo yang ada pos polisi dengan bentuk manggis, silahkan anda ambil arah kanan menuju ke Purwodadi. Jika anda sudah sampai di perempatan Purwodadi, silahkan ambil arah lurus hingga bertemu pertigaan. Di pertigaan silahkan ambil kanan dan berjalan lurus hingga bertemu dengan perempatan (lampu merah) sehabis jalan berkelok lalu lurus ke arah Pantai Jatimalang.

Harga Tiket Masuk Pantai Dewa Ruci Purworejo

Meskipun sudah direnovasi menjadi lebih modern, namun harga tiket masuk yang ditetapkan kepada pengunjung tetap murah. Harga tiket masuk untuk pengunjung dikenakan Rp 5.000 saja perorang. Namun harga tiket itu belum termasuk biaya parkir. Pengunjung Pantai Dewaruci Purworejo bisa parkir di area mana saja yang dirasa nyaman dan aman.

Nah, itulah artikel Pantai Dewa Ruci Purworejo yang bisa kami tuliskan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadikan referensi untuk anda yang ingin berlibur di wilayah Purworejo, Jawa Tengah.