Jenis Transportasi Umum di Indonesia | Darat, Udara dan Laut

Jenis Transportasi Umum di Indonesia – Sebagai warga negara Indonesia kita wajib tahu apa saja jenis transportasi yang ada di negara sendiri. Mengenali berbagai jenis transportasi umum yang ada di Indonesia. Adanya berbagai jenis transportasi umum yang tersedia di negara Indonesia, membuktikan bahwa perkembangan transportasi di Indonesia sudah berkembang. Sarana transportasi umum pada dasarnya berfungsi untuk memudahkan warga masyarakat untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lain yang berjarak dekat maupun jauh. Maka dari itu, pemerintah kini juga menyediakan berbagai macam fasilitas umum untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan sarana transportasi mereka.

Sarana transportasi umum di Indonesia selain untuk mempermudah warganya dalam berpindah ke tempat lain juga sebagai sarana untuk mengurangi kemacetan. Banyaknya orang yang menggunakan kendaraan pribadi, sudah bisa dipastikan jalanan akan macet. Apalagi jika anda tinggal di kota besar seperti kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali ataupun Yogyakarta. Tentu saja menggunakan transportasi umum akan lebih bermanfaat dan mengurangi kemacetan di jalan.

Jenis Transportasi Umum di Indonesia

Tentunya kita sudah mengetahui beberapa transportasi umum yang ada di Indonesia karena kerap kali kita menemuinya. Ada 3 jenis sarana transportasi umum yang beroperasi di negara Indonesia. Dari 3 jenis sarana transportasi ini, mereka mempunyai peran dan fungsinya masing-masing sehingga selalu ada penggunanya. Masyarakat pada umumnya menggunakan sarana transportasi umum untuk perjalanan mudik mereka ataupun tamasya ke suatu tempat. Menggunakan sarana transportasi umum dianggap lebih praktis, murah, mudah dan aman. Berikut ini ulasan singkat mengenai sarana transportasi di Indonesia yang ada:

jenis transportasi umum di indonesia

Transportasi Darat

Transportasi umum yang paling banya digunakan olah masayarakat di Indonesia adalah transportasi darat. Tentu saja anda semua sudah mengetahui apa saja yang tergolong sebagai transportasi darat bukan? Selain mengetahuinya, anda juga pastinya sudah sering menggunakan sarana transportasi darat untuk berpergian kesuatu tempat atau memudahkan dalam urusan. Mungkin saja sarana transportasi darat anda gunakan untuk perjalanan keluar kota, pergi ke kantor, mudik, berlibur ataupun lainnya.

Transportasi darat yang ada di Indonesia ada beberapa jenis seperti bus, kereta api, taksi, angkot, ojek dan travel. Pada setiap jenis transportasi darat tentunya memiliki keunggulannya masing-masing, maka dari itulah ada penumpangnya masing-masing. Banyak orang menggunakan bus untuk perjalanan dalam maupun keluar kota. Apabila mereka akan menempuh perjalanan darat yang jauh, maka mereka akan menggunakan bus sebagai sarana transportasinya.

Bagi orang-orang yang menginginkan efisien waktu, biasanya mereka akan menggunakan kereta api. Kereta api mempunyai jalus sendiri sehingga bagi anda yang menggunakannya, sudah dipastikan tidak akan mengalami kemacetan. Selain itu menggunakan kereta api bisa dibilang lebih cepat daripada menggunakan bus. Namun, ketika anda menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi, anda tidak bisa turun sembarangan karena sudah ada tempat khusus untuk pemberhentiannya yaitu stasiun.

Angkutan kota juga merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Angkutan kota atau yang lebih akrab disebut angkot adalah jenis transportasi yang banyak ditemukan di dalam kota. Angkutan kota sudah mempunyai rute yang ditentukan dengan begi bagi anda yang ingin berpindah ke suatu tempat di dalam kota, menggunakan sarana transportasi angkot adalah pilihan yang tepat.

jenis transportasi umum di indonesia

Transportasi Udara

Jenis transportasi yang ada di Indonesia kedua adalah sarana transportasi udara. Biasanya sarana transportasi ini digunakan oleh mereka yang ingin berpergian keluar kota atau pulau bahkan keluar negara dengan jangkauan waktu yang lebih cepat. Sarana transportasi udara ini dianggap paling nyaman dan aman karena tingkat kecelakaan pada transportasi udara bisa dikatakan sangatlah minim karena sudah ada jalurnya masing-masing.

Transportasi udara yang biasa digunakan adalah pesawat terbang, ada juga yang namanya helikopter akan hanya dipakai oleh orang-orang tertentu saja. Menggunakan pesawat terbang lebih digemari karena bisa menghemat waktu dan mempunyai waktu tempuh yang lebih cepat. Anda bisa membayangkan sendiri ketika perjalanan dari Jakarta ke Surabaya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Tentunya sangat berbeda dengan menggunakan transportasi darat yang harus menempuh waktu hingga lebih dari 12 jam. Namun, harga yang di tawarkan ketika menggunakan pesawat terbang juga berbeda dan akan lebih mahal.

jenis transportasi umum di indonesia

Transportasi Laut

Transportasi umum yang terakhir yang ada di Indonesia adalah transportasi laut. Biasanya transportasi laut digunakan oleh mereka yang ingin menyeberang antar pulau. Banyak orang yang menggunakan sarana transportasi laut dikarenakan hanya transportasi inilah yang bisa digunakan untuk menjangkau tujuan. Yang perlu kita ketahui bahwa tidak semua daerah memiliki bandara, stasiun maupun terminal. Maka dari itulah sebagaian daerah memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi yang utama.

Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, hal ini membuat transportasi umum selalu diminati dan banyak digunakan. Apalagi jika datang musim liburan atau musim mudik lebaran, tentunya permintaan akan transportasi umum akan semakin melonjak. Tidak semua masyarakat yang ada di Indonesia memiliki kendaraan pribadi yang dapat dimanfaatkan untuk mengunjungi suatu tempat atau bahkan mereka memilih menggunakan transportasi umum untuk perjalanan. Maka dari itulah keberadaan transportasi umum memberikan manfaat bagi masyarakat.