Informasi Tarif Tol Surabaya, Gempol, Pasuruan dan Probolinggo

tarif tol surabaya probolinggo

Informasi Tarif Tol Surabaya, Gempol, Pasuruan dan Probolinggo – Bagi Anda yang akan menggunakan jalur tol Surabaya Probolinggo, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tarif tol Surabaya Probolinggo dan pastikan saldo e-toll Anda cukup agar perjalanan lebih nyaman dan bebas hambatan.

Perlu kita ketahui, jalan Tol Surabaya – Probolinggo masih bagian dari Tol Trans Jawa yang merupakan tol bagian timur Pulau Jawa. Seperti namanya, jalan tol Surabaya Probolinggo ini menghubungkan antara Kota Surabaya dengan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ketika proyek pembangunan tol ini selesai, maka tol dari Probolinggo juga akan terhubung dengan Banyuwangi dan Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi.

Ada beberapa kota yang dilewati ketika Anda menggunakan jalur tol Surabaya ke Probolinggo, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo itu sendiri. Ada tiga ruas tol yang akan Anda lewati, yakni tol Surabaya – Gempol, tol Gempol – Pasuruan dan tol Pasuruan – Probolinggo. Yang menjadi pertanyaannya adalah berapa tarif tol dari Surabaya ke Probolinggo?

Tarif Tol Gempol Probolinggo

Nah, berikut ini adalah bahasan berapa tarif tol Surabaya Probolinggo serta tarif pada masing-masing ruas tol.

Tarif Tol Surabaya – Gempol

Ruas Tol Surabaya – Gempol merupakan ruas tol pertama pada jalan tol Surabaya – Probolinggo. Ruas Tol Surabaya – Gempol ini memiliki panjang 45 km dimulai dari Bundaran Waru, Kabupaten Sidoarjo dan berakhir di gerbang tol Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Tarif pada ruas Surabaya – Gempol tentunya berbeda-beda untuk setiap golongan. Ada lima golongan kendaraan, yakni Golongan I (meliputi mobil sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus) dikenanak tarif sebesar Rp. 18.000. Sedangkan untuk Golongan II (truk dua gandar) dan Golongan III (truk tiga gandar) akan dikenakan tarif sebesar Rp. 27.500. Untuk Golongan IV (truk empat gandar) dan Golongan V (truk lima gandar) akan dikenakan tarif Rp. 36.500.

Tarif Tol Gempol – Pasuruan (Grati)

Ruas tol yang akan dilewati selanjutnya adalah Tol Gempol – Pasuruan (Grati) atau lebih sering disebut Gampas. Jalan tol yang menghubungkan Kecamatan Gempol dengan Kecamatan Grati ini memiliki panjang 34 km. Ruas tol Gempol – Pasuruan (Grati) ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 2018 lalu.

Pada ruas Tol Gempol – Pasuruan (Grati) ini juga akan ada perbedaan tarif pada setiap golongan kendaraan, yakni Golongan I (meliputi mobil sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus) akan dikenakan tarif sebesar Rp. 36.000. Golongan II dan Golongan III tarifnya sebesar Rp. 54.000, sedangkan untuk Golongan IV dan Golongan V akan dikenakan tarif sebesar Rp. 72.000.

Tarif Tol Pasuruan (Grati) – Probolinggo

Untuk ruas tol tol terakhir pada jalan tol Surabaya – Probolinggo adalah ruas tol Pasuruan (Grati) – Probolinggo. Jalan tol ini menghubungkan Kabupaten Pasuruan dengan Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur. Nantinya jalan tol Probolinggo ini akan terhubung dengan Banyuwangi dan akses menuju Pelabuhan Ketapang.

Sama seperti ruas tol lainnya. Ruas tol Pasuruan (Grati) – Probolinggo ini juga dikenakan tarif sesuai golongan kendaraan, yakni Golongan I Rp. 30.000, Golongan II Rp. 45.000, Golongan III Rp. 45.000, Golongan IV Rp. 60.000 dan Golongan V Rp. 60.000.

Informasi diatas adalah tarif tol dari Surabaya – Probolinggo pada masing-masing ruas tol. Jadi bisa kita simpulkan bahwa taif tol dari Surabaya ke Probolinggo untuk Golongan I adalah Rp. 84.000, pada Golongan II dan Golongan III adalah Rp. 126.000, sedangkan untuk Golongan IV dan V adalah Rp. 168.500.

Perlu diketahui bahwa tarif tol Surabaya – Probolinggo bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan jalur tol Surabaya – Probolinggo, pastikan Anda memiliki saldo e-toll yang cukup agar perjalanan Anda semakin nyaman dan bebas hambatan.

error: Content is protected !!