Hubungi Kami Jasa sewa mobil plus sopir terpercaya dan termurah. Kami siap melayani Anda untuk perjalanan dalam dan luar kota.

Menyusuri Goa Kali Suci Memang Terasa Sangat Menyenangkan

goa kali suci

Goa Kali Suci – Gunung Kidul yang berada di sisi timur Daerah Istimewa Yogyakarta memang memiliki banyak sekali keindahan ekologi. Pegunungan Karts atau pegunungan Kapur memang membuat daerah Gunung Kidul terkenal dengan pantai yang indah serta memiliki gua-gua yang menawan.

Ada beberapa goa yang terletak di Gunung Kidul dan bisa di jadikan obyek wisata, antara lain adalah Goa Pindul, ada Goa Jomblang, ada Goa Kalisuci. Goa-goa ini yang menyebabkan air sungai masuk dan mengalir melalui gua hingga melalui bawah tanah.

Pemandangan seperti yang nampak pada gambar diatas bisa kita nikmati di Goa Kalisuci. Setelah menikmati pantai daerah gunung kidul seperti Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Drini dan Pantai Pok Tunggal kita bisa mengunjungi ke Cave tubing kalisuci ini, jaraknya tidak terlalu jauh sekitar setengah jam perjalanan.

Masyarakat di daerah Pacarejo, Kecamatan Semanu Gunung Kidul menyebut Kali Suci ini merupakan sungai yang selalu jernih walaupun tetep hujan. Dan Menurut kepercayaan masyarakat bisa menyembuhkan penyakit didalamnya. Namun sekarang Kali Suci ini tidak hanya untuk kebutuhan masyarakat sekitar namun juga untuk obyek wisata menyusuri Kalisuci termasuk masuk ke dalam goa.

Menyusuri Kalisuci memang menyenangkan. Tidak perlu khawatir karena dari sekretariat cave tubing Kalisuci sudah menyediakan pemandu, Jaket Pelampung dan helm keselamatan. Selain itu kita sudah diasuransikan jika ada sesuatu. Untuk mengikuti cave tubing ini harus tergantung pada cuaca sebelumnya jika hujan deras dan air naik maka cave tubing di Kalisuci tidak bisa dilakukan. Hal ini demi keselamatan peserta.

Cave tubing di Kalisuci memang melelahkan. Pertama kita harus turun dulu ke sungai dari Basecamp melewati jalan setapak. Lalu masuk ke sungai kalisuci. Masuk ke Gua kalisuci lalu menyusuri sungai lagi dengan air yang agak deras hingga masuk ke luweng atau Gua Glatik hingga keluar gua lalu menyusuri sungai lalu finish dan naiknya ke atas basecamp menanjak lagi hampir 70 derajat ketinggian.

Setelah turun dari basecamp kita akan menyusuri Gua Kalisuci. Bagi yang berani nanti kita bisa melompat dari tebing yang agak tinggi langsung ke sungai gua Kalisuci dengan ketinggian lebih dari 3 Meter. Mungkin terkesan menakutkan, akan tetapi Anda tidak perlu takut karena sudah banyak yang mencobanya.

Setelah bermain air sebentar disitu nanti ketika regu yang terdiri lebih dari 10 orang sudah berkumpul maka pemandu akan memandu kita memasuki goa Kalisuci sambil kita naik pelampung ban. Kedalaman sungai di Goa Kalisuci sekitar 2-3 Meter.

Gua ini lumayan gelap. Memang tidak disediakan lampu untuk menjaga ekosistem yang ada di gua ini seperti kelelawar dan burung kecil. Selain itu diatap atap gua yang lumayan tinggi kita bisa menikmati formasi batuan dengan berbagai stalagmit, stalagtit, formasi batuan gajah diatap gua. Goanya pun terlihat warna-warni. Goa ini panjangnya sekitar 600meter. Apalagi sambil dijelasin oleh para pemandu. Seolah-olah kita sedang berada dalam tur.

Nah, mengasyikkan bukan ketika kita mengunjungi Goa Kalisuci, apalagi bersama rombongan, tentunya akan lebih seru lagi. Untuk anda yang sedang liburan ke Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Goa Kalisuci namun anda tak membawa kendaraan pribadi, anda bisa menyewa jasa rental mobil jogja kami. Kami akan mengantarkan dan menemani perjalanan wisata Anda tanpa rasa bosan.

Leave a Reply

error: Content is protected !!