Cara Mengatasi Mobil Kurang Bertenaga dan Ketahui Sebabnya

cara mengatasi mesin mobil kurang bertenaga

Cara mengatasi mobil kurang bertenaga dan mengetahui penyebabnya – Dapat kita ketahui bahwa mobil seringkali mempunyai beberapa masalah yang sering terjadi, diantaranya adalah kondisi mesin mobil yang tenaganya kurang, tentu ini bisa menjadi masalah yang sangat merepotkan bagi pengemudi atau pemilik mobil. Mobil bisa dikatakan normal apabila tarikannya mantab dan bertenaga serta jarang tersendat, namun mobil yang kurang bertenaga atau mengalami masalah biasanya tarikannya kurang mantab, bahkan seringkali tersendat.

Cara Mengatasi Mobil Kurang Bertenaga

Nah, bagi pemilik mobil atau pengemudi anda harus mengetahui apa sebab mobil kurang bertenaga. Berikut ini adalah beberapa sebab mobil kurang bertenaga yang harus anda ketahui, mari simak penjelasan dari kami.

1. Terdapat masalah pada komponen pengapian

Mesin mobil yang tersendat atau tenaganya kurang bisa di sebabkan karena masalah busi. Busi yang performanya kurang baik akan menyebabkan proses pengapian mesin menjadi tidak maksimal. Beberapa masalah yang terjadi pada busi juga sangat beragam, mulai dari busi yang kotor hingga kabel saluran busi yang sudah usang. Untuk mengatasi masalah pada busi mobil anda, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan busi yang kotor atau bisa saja mengganti busi yang sudah tidak layak pakai. Selain itu, anda juga harus memeriksa kelayakan kabel busi, lalu mengencangkan atau menyambungnya kembali.

2. Masalah pada mesin mobil

Performa mobil bisa saja menurun dikarenakan mesin mobil yang bermasalah ataupun kondisi mesin terlalu panas (overheat). Tentunya kita sudah mengetahui bahwa mesin mobil adalah penggerak utama mobil. Oleh karena itu sangatlah wajar apabila terjadi masalah pada mesin mobil akan menyebabkan performa mobil kurang bertenaga. Ketika anda menemukan masalah seperti itu, silahkan anda periksa kondisi mesin mobil anda kalau perlu bawa mobil anda ke bengkel untuk diberbaiki. Akan tetapi, apabila penyebab mesin kurang bertenaga adalah overheat, anda sebaiknya mendinginkan mesin mobil terlebih dahulu agar suhu mesin menjadi dingin, lalu tambahkan atau ganti oli mesin mobil anda dengan yang baru.

3. Masalah pada filter bahan bakar

Salah satu komponen yang tidak boleh dianggap remeh adalah filter bahan bakar. Komponen ini memiliki peran yang sangat penting dalam menyuplai bahan bakar ke mesin mobil. Maka dari itu, untuk menjaga agar tenaga mesin mobil selalu dalam keadaan prima, ada baiknya kita harus selalu menjaga kondisi filter bahan bakar. Apabila filter bahan bakar ini dalam keadaan kotor ataupun tersumbat, maka suplai bahan bakar ke mesin mobil akan terganggu dan menyebabkan tegana mesin mobil akan berkurang.

4. Terdapat masalah pada filter udara

Hampir sama dengan filter bahan bakar, filter udara juga berfungsi sangat penting pada mesin mobil, yaitu menyuplai oksigen untuk mesin. Pastikan kondisi filter udara dalam kondisi bersih dan baik karena oksigen yang berkualitas sangat penting bagi proses pembakaran.  Apabila filter udara ini kotor, maka akan terjadi penyumbatan dan menghambat aliran udara yang masuk. Apabila sudah begitu, performa mesin mobil akan terpengaruh dan bisa menyebabkan mesin mobil kurang bertenaga.

5. Kualitas bahan bakar yang digunakan

Perbedaan yang paling menonjol dan sangat berpengaruh bagi mesin mobil adalah bahan bakar yang digunakan. Jika anda menggunakan bahan bakar yang bagus, tentu performa mesin mobil akan terasa enteng dan bertenaga. Namun sebaliknya, apabila anda menggunakan bahan bakar yang tidak bagus, mesin mobil anda juga akan berkurang tenaganya. Perlu anda ketahui bahwa angka oktan pada masing-masing bahan bakar tentunya berbeda. Semakin tinggi angka oktan, maka bahan bakar tersebut akan semakin bagus untuk mesin mobil. Maka dari itulah usahakan selalu menggunakan bahan bakar yang bagus untuk mobil anda, misalnya bahan bakar minyak jenis Pertamax atau Pertamax Turbo.

Diatas adalah beberapa informasi penting yang perlu anda ketahui terkait penyebab performa mesin mobil kurang bertenaga, semoga artikel dari avilorentcar.com ini dapat bermanfaat untuk anda. Bagi anda yang menyukai artikel ini dan berkenan untuk memberikan kami donasi, silahkan klik pada iklan yang ada atau bagikan artikel ini ke sosial media anda. Terimakasih dan salam transportasi!

Tinggalkan Balasan