Cara Bersihkan Mesin Mobil Yang Benar Agar Tetap Kinclong Terawat

cara bersihkan mesin mobil

Cara Bersihkan Mesin Mobil – Siapa sih yang tidak ingin mobil sendiri mempunyai performa yang bagus dan nyaman saat dikendarai? Nah, pada kesempatan kali ini kami dari avilorentcar.com ingin memberikan tips bagaimana cara membersihkan mesin mobil agar performanya selalu baik dan tidak terjadi kendala.

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Setiap saat kita mengendarai mobil tentunya mesin akan mengalami kondisi yang berubah. Tidak hanya pada performa mesin mobil namun juga penampilannya. Beberapa objek yang bisa menimbulkan ruangan mesin mobil menjadi kotor antara lain serangga, oli, juga debu yang menempel pada dinding mesin mobil dan ruangannya.

Salah satu solusi yang tepat jika anda ingin membersihkan mesin mobil, anda bisa pergi ke detailing atau salon mobil yang terdekat dengan lokasi anda. Namun, tidak sedikit orang malas untuk pergi ke salon mobil, untungnya ada beberapa cara untuk bersihkan mesin mobil yang bisa dilakukan sendiri.

Bagi anda yang ingin membersihkan mesin mobil sendiri, silahkan persiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, meliputi cairan pembersih serbaguna atau air sabun, sikat, kuas, degreaser dan beberapa buah kain lap. Sebaiknya untuk kain lap anda bisa menyediakan lebih dari satu agar bisa membedakan mana kain lap yang akan digunakan untuk pembersihan awal dan untuk mengeringkan.

Apabila anda memiliki peralatan seperti steam uap dan blower, maka proses pengerjaan pembersihan mobil akan lebih mudah. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir jika anda tidak memilikinya. Karena walau tanpa peralatan itu anda bisa melakukan proses pembersihan dengan hasil yang tidak kalah maksimal.

Lalu bagaimana cara dan langkah untuk membersihkan mesin mobil? Langkah yang pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan mesin mobil adalah dengan melunturkan kotoran-kotoran seperti debu yang menempel pada permukaan mesin. Tahap selanjutnya, anda bisa menggunakan cairan pembersih untuk hasil yang maksimal. Bersihkan debu-debu yang menempel pada bagian mesin mobil mulai dari permukaan yang lebar hingga ke celah-celah mesin mobil. Setelah itu anda bisa membilas dan melakukan pengeringan.

Sebelum anda melakukan tahap pembersihan mesin mobil, anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa pada ruang mesin mobil terdapat komponen-komponen kelistrikan. Maka dari itulah anda harus menghindari penggunaan air yang mengalir selama proses pembersihan mesin mobil. Silahkan gunakan air secukupnya saja. Pastikan pada saat anda akan melakukan pembersihan, mesin mobil dalam kondisi dingin.

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Usahakan mesin mobil dalam kondisi yang dingin

Hal terpenting yang harus dipastikan sebelum membersihkan mesin mobil adalah memastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Untuk itu anda bisa melakukan pembersihan mesin mobil pada pagi hari ataupun pada saat mobil tidak dipakai. Apabila anda ingin membersihkan mesin mobil sehabis mobil dipakai, sebaiknya tunggu sekitar 30-45 menit untuk memastikan mesin mobil benar-benar dalam kondisi tidak panas.

Bersihkan kotoran dan debu-debu yang menempel

Jika dirasa mesin mobil sudah dalam kondisi dingin, anda bisa memulai proses pembersihan. Langkah awal pembersihan mesin mobil anda bisa membersihkan kotoran dan debu-debu yang menempel pada permukaan mesin ataupun pada permukaan yang mudah dijangkau. Proses pembersihan ini akan lebih mudah apabila anda menggunakan blower. Namun, tanpa blower anda juga tetap bisa melakukan pembersihan mesin mobil. Anda bisa memulai pembersihan mesin mobil dengan menyapu permukaan dengan kuas dari permukaan yang terlihat hingga sela-sela. Pada tahap ini, kuas yang anda gunakan tidak perlu di basahi atau menggunakan air.

Lepas aki mobil agar tidak terjadi konsleting

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melepas aki mobil. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi konsleting ketika anda tidak sengaja mengenai kabel dengan air. Melepas aki mobil juga bertujuan untuk memutus aliran listrik pada mobil. Keuntungan lain melepas aki mobil ialah anda bisa membersihkan bagian dudukan dan bawah tempat penyimpanan aki mobil tersebut. Pada umumnya ada banyak kotoran yang menempel dan bersarang pada bagian bawah aki mobil. Jika anda sudah melepas aki mobil, sebaiknya simpan baik-baik aki di tempat yang kering dan aman. Begitu juga baut-baut dan komponen lainnya yang menempel.

Bersihkan kap mesin bagian bawah

Jika anda sudah melepas aki mobil dan mengangkatnya, bisa dibilang anda akan aman menggunakan bahan cair untuk membersihkan mesin mobil. Anda bisa melakukan pembersihan bagian bawah kap mesin mobil sebelum anda membersihkan komponen-komponen mesin mobil. Pembersihan pada bagian kap mesin mobil biasanya dilakukan pertama kali karena letaknya yang berada diatas dan mudah dijangkau.

Jika bagian kap mesin ini dibersihkan belakangan, maka besar kemungkinan kotoran akan jatuh dari atas permukaan mesin yang sudah dibersihkan lebih dulu. Untuk membersihkan bagian kap mesin mobil anda bisa menggunakan cairan serbaguna. Anda bisa menggunakan sikat atau kuas yang sudah dibasahi atau dalam kondisi kering untuk membersihkan kap mesin mobil. Setelah dirasa anda puas dengan hasilnya, anda bisa perlahan-lahan membilasnya agar cipratan air tidak berantakan ke atas permukaan mesin mobil. Lalu anda bisa mengeringkannya menggunakan lap microfiber atau plas chaimos.

Gunakan steamer agar lebih mudah membersihkan mesin mobil

Pada saat anda membersihkan mesin mobil, anda bisa mengutamakan bagian-bagian yang memiliki permukaan yang besar. Tahap ini akan lebih mudah jika anda menggunakan bantuan alat steamer uap. Untuk melakukannya, anda bisa menyemprotkan steamer ke bagian yang hendak dibersihkan lalu anda bisa memulai proses pembersihannya. Uap dari steamer itu berfungsi untuk mengangkat kotoran dengan mudah dan cepat. Akan tetapi anda jangan khawatir, tanpa menggunakan steamer uap pun anda tetap bisa melakukan pembersihan mesin mobil dengan maksimal.

Lakukan pembersihan mesin mobil dengan teliti dan sabar

Jika anda tidak menggunakan steamer uap, anda tetap bisa membersihkan mesin mobil. Caranya cukup mudah, anda bisa memanfaatkan cairan pembersih serbaguna atau air sabun untuk membasahi permukaan mesin mobil yang akan dibersihkan lalu manfaatkan sikat atau kuas yang ada untuk menyapu kotoran dan debu-debu yang menempel. Perlu anda ingat, untuk membersihkan kotoran yang bandel, tidak cukup hanya menggunakan air sabun saja, anda bisa menggunakan degreaser. Tahap ini akan lebih mudah jika anda membersihkan permukaan yang lebar terlebih dahulu lalu ke bagian-bagian kecul hingga ke sela-sela pada mesin mobil. Jangan lupa untuk membersihkan rangka atau body mobil bagian dalam.

Bersihkan mesin bagian depan

Apabila dirasa ruang dan mesin mobil anda sudah bersih, luangkan waktu sejenak untuk membersihkan bagian depan mesin mobil anda. Untuk membersihkan bagian depan mesin mobil anda perlu melepas grille depan. Anda juga bisa melakukan pembersihan tanpa melepasnya, namun area yang akan dibersihkan akan terasa sempit.

Setelah dibersihkan lalu keringkan

Jika anda sudah selesai membersihkan bagian-bagian mesin dan ruang mesin mobil, tahap selanjutnya anda bisa mengeringkannya. Tahap ini cukup penting untuk menghindari karat yang muncul pada komponen-komponen mesin mobil. Cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengeringan adalah menggunakan lap microfiber atau lap plas chamois. Sebaiknya, sebelum dikeringkan anda bisa membilas permukaan mesin yang sudah dicuci tadi.

Apabila langkah-langkah membersihkan mesin mobil diatas sudah anda lakukan, silahkan pasang kembali aki mobil anda dan mobil siap untuk digunakan. Jika melihat tahap-tahap diatas, membersihkan mesin mobil tentu bukanlah hal yang sulit. Apalagi jika menggunakan bantuan sejumlah alat, anda pun bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil. Walaupun membersihkan mesin mobil itu akan memakan banyak waktu dan tenaga jika dilakukan sendiri, namun hasilnya akan cukup bermanfaat.

Kondisi ruang mesin mobil yang bersih tentu akan membawa kepuasan tersendiri bagi si pemilik mobil. Dari sisi nilai jual pun jika kondisi mesin mobilnya bersih pasti akan meningkatkan daya tarik para calon pembeli. Keuntungan lainnya dari kondisi ruang mesin mobil yang bersih ialah mekanin akan memperlakukan mobil anda dengan sangat hati-hati saat masuk bengkel. Sebab, mengetahui bahwa pemiliknya adalah sosok yang sangat memperhatikan kondisi mobilnya sendiri.

Nah, demikian yang bisa kami tuliskan untuk anda. Semoga artikel cara membersihkan mesin mobil ini bermanfaat untuk para pembaca.

  • Source: caroline.id