Website English Kunjungi juga halaman website kami pada Bahasa Inggris. Lihat disini untuk lebih lengkapnya!

Candi Sari

candi sari

Candi Sari – Pada umunya ketika membicarakan bangunan candi Buddha banyak orang selalu menyebut Borobudur, padahal ada dua candi di wilayah Yogyakarta bercorak candi Buddha yaitu Candi Kalasan atau Candi Tara dan Candi Sari atau Candi Bendan. Keberadaan Candi Sari tidak jauh dari Candi Kalasan hanya sekitar 300 meter kearah timur. Secara administratif Candi Sari masuk wilayah Dusun Bendan, Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Mengacu pada Prasasti Kalasan (700 Saka/780 Masehi) diterangkan bahwa para penasehat keagamaan Wangsa Syailendra telah menyarankan agar Rakai Panangkaran, mendirikan bangunan suci untuk memuja Dewi Tara dan sebuah biara untuk para pendeta Buddha.

Untuk pemujaan Dewi Tara dibangunlah Candi Kalasan, sedangkan untuk asrama pendeta Buddha dibangunlah Candi Sari. Fungsinya sebagai asrama atau tempat tinggal terlihat dari bentuk keseluruhan dan bagian-bagian bangunan dan dari bagian dalamnya. Bahwa candi ini merupakan bangunan agama Buddha terlihat dari stupa yang terdapat di puncaknya. Candi Sari ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi pada periode pemerintahan Rakai Panangkaran bersamaan dengan masa pembangunan Candi Kalasan.

Leave a Reply

You cannot copy content of this page