Website English Kunjungi juga halaman website kami pada Bahasa Inggris. Lihat disini untuk lebih lengkapnya!

Asyiknya Berkunjung & Belajar Membatik di Kampung Giriloyo, Bantul, Yogyakarta

Destinasi wisata batik ke kampung Giriloyo adalah satu agenda yang harus anda pertimbangkan ketika anda berkunjung ke Yogyakarta. Di kampung ini anda bisa membeli batik asli tulis tangan atau bahkan sekedar ingin mempelajari warisan budaya batik tulis.

kampung wisata batik giriloyo

Sebagian besar masyarakat di kampung Giriloyo adalah pengrajin batik, mereka rela mengabdikan diri menggoreskan canthing menghabiskan waktu duduk hampir seharian penuh menahan pegal untuk membatik. Jadi ketika anda pergi ke Giriloyo, pasti anda akan menemukan kaum perempuan yang sedang membatik dari usia muda, setengah baya sampai yang sudah usia renta.

Sebenarnya, berapakah mereka mendapatkan upah untuk pekerjaan mereka melestarikan tradisi budaya tersebut? Rata-rata mereka mendapatkan uang dari hasil jerih payah mereka selama hampir satu minggu adalah 40 ribu rupiah. Itu artinya pendapatan mereka untuk menopang beban ekonomi dari hasil buruh membatik selama satu bulan adalah berkisar antara 100 ribu sampai 150 ribu rupiah. Itulah alasan kenapa mereka benar-benar bisa kita sebut sebagai pejuang yang mengabdikan diri untuk melestarikan warisan tradisi budaya Indonesia. Dan kiranya kita layak menghargai karya mereka dengan membeli dan mengenakan produk mereka dengan rasa bangga: inilah produk asli Indonesia.

Kampung Giriloyo, ya di desa yang nyaman dan kaya budaya inilah mereka tinggal, sisini sentra dari para pengrajin batik tulis di Yogyakarta. Sempatkanlah untuk berkunjung ke kampung ini ketika anda berkunjung ke Yogyakarta. Batik disini sangat bagus dan klasik sekali. Anda pasti akan menyukainya.

Cara Menuju ke Kampung Giriloyo

Visit our village! kampung batik Giriloyo. Satu kain batik tulis yang asli di tulis tangan, membutuhkan waktu yang panjang untuk membuatnya. Dari proses awal pembuatan pola kemudian melewati sekitar 4 kali proses penulisan sampai pada tahap akhirnya yaitu pewarnaan, menghabiskan waktu sekitar 1,5 bulan dan produk tersebut baru akan jadi. Semua proses dilalui satu per satu untuk mempertahankan nilai seni dan sejarah dalam pembuatan batik tulis. Nah, proses demi proses tersebutlah yang dapat anda pelajari dalam short course atau kemasan paket wisata batik Giriloyo.

Landscape pegunungan dan sawah yang luas menjadi daya tarik tersendiri ketika anda berkunjung ke kampung ini. Dan tahukah anda bahwa makam raja-raja Yogyakarta dan Solo berada di puncak pegunungan tersebut? Benteng, gerbang dan bangunan kuno simbol kejayaan mataram masih terawat di kompleks pemakaman keluarga raja-raja di Pajimatan Imogiri ini.

Kampung Giriloyo juga sering sekali dijadikan sebagai lokasi syuting, hampir setiap seminggu sekali ada rumah produksi yang melakukan syuting film dan sinetron di kampung Giriloyo karena backgroundnya yang masih tradisional dan menarik.

Referensi Tempat Wisata & Kuliner

Saat anda berkunjung ke Giriloyo, jangan lewatkan juga untuk mengunjungi tempat-tempat istimewa berikut:

  • Kuliner pecel kembang turi di kompleks makam raja mataram di Imogiri. 5 menit dari Giriloyo.
  • Kuliner sate klathak dan sate kecap Jejeran. 15 menit dari Giriloyo
  • Kerajinan wayang kulit dan kerajinan bambu di desa Pucung 10 menit dari Giriloyo
  • Kerajinan kulit : Sepatu, sandal, tas, dll di Manding. 18 menit dari Giriloyo
  • Kerajinan gerabah Kasongan. 25 menit dari Giriloyo
  • Pantai Parangtritis. 25 menit dari Giriloyo
  • Pantai Depok dan kuliner ikan. 25 menit dari Giriloyo
  • Pantai Kuwaru yang teduh. 35 menit dari Giriloyo.

Leave a Reply

You cannot copy content of this page