Toko Aki Jogja Murah Siap Antar – Melayani Tukar Tambah Aki

toko aki jogja

Toko Aki Jogja Murah – Jika sekarang ini Anda sedang mencari toko aki Jogja, toko accu mobil Jogja, aki panggilan Jogja 24 jam siap cod yang murah dan berkualitas, Anda bisa langsung mendatangi Barokah Aki. Barokah Aki beralamatkan di Jl. Lowanu No.20, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bisa juga bagi Anda yang membutuhkan aki mobil dan motor untuk untuk kebutuhan mendadak, seperti kendaraan Anda macet ketika di perjalanan, jual aki Jogja murah juga siap mengantarkannya sampai ke tujuan Anda selama masih di wilayah Jogja.

Hubungi Barokah Aki Jogja segera, kami akan menuju lokasi dengan cepat. Langkah kami ramah, tanggap dan mengatasi permasalahan aki Anda.

toko aki Jogja murah siap tukar tambah

Jual Aki Jogja Murah dan Berkualitas

Barokah Aki menjual berbagai macam jenis aki/accu/battery untuk mobil dan motor dengan harga yang murah serta produk-produk berkualitas. Jual aki Jogja murah bisa tukar tambah dari Barokah Aki tersedia berbagai macam bentuk dan merk aki mobil dan motor yang siap digunakan untuk kendaraan Anda.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Barokah Aki, Anda bisa datang langsung ke lokasi. Namun, kini ada cara mudah untuk membeli aki mobil maupun motor yaitu dengan cara menghubungi penjual aki di Jogja lalu mereka akan datang ke lokasi Anda. Atau jual aki Jogja juga melayani sistem pembelian COD (Cash On Delivery).

Dengan memanfaatkan situs web ini, kami berharap agar pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan aki mobil dan motor. Hanya tinggal klik pada tombol whatsapp nomor toko aki Jogja yang tertera di situs ini maka dengan mudah Anda akan terhubung dengan Barokah Aki.

Untuk melihat jenis dan merek aki yang kami jual, pelanggan bisa datang langsung ke toko aki Jogja kami. Kami selalu buka dan siap untuk melayani pelanggan dengan baik. Anda bisa juga bertanya mengenai aki yang cocok untuk kendaraan Anda melalui chat whatsapp maupun berbicara melalui telepon dengan kami.

toko aki jogja

Mengapa Memilih Barokah Aki?

Ada banyak sekali penjual aki Jogja dan mudah ditemukan. Namun, ada beberapa alasan mengapa harus memilih Barokah Aki sebagai tempat membeli aki mobil dan motor. Inilah alasannya:

Harga Lebih Murah

Barokah Aki menyediakan berbagai macam aki mobil dan motor. Semua produk aki yang kami jual tentunya adalah produk yang berkualitas dan terbaik. Selain itu harga aki ditempat kami lebih murah dan bisa di jangkau oleh semua kalangan masyarakat. Biarpun kami menjual aki dengan harga aki mobil Jogja murah, itu semua tidak akan mempengaruhi kualitas aki dan pemasangan dari kami.

Gratis Layanan

Kami siap untuk melakukan pengecekan aki, cek alternator pengisian aki, cek kebocoran aki, konsultasi, hingga bagi Anda yang membeli aki di tempat kami, akan kami antar dan kami pasangkan aki kendaraan Anda selama 24 jam, gratis.

Garansi

Barokah Aki Jogja memberikan garansi pada setiap aki yang di jual. Garansi ini berlaku untuk semua jenis dan merk aki. Untuk informasi lengkap mengenai garansi aki, pelanggan bisa langsung menghubungi kami.

Berpengalaman

Kami telah berpengalaman lama dalam hal penjualan aki dan sudah memiliki banyak pelanggan hingga sekarang ini. Dari pengalaman tersebut membuat kami terus belajar dan berkembang untuk hal penjualan aki. Sebaiknya untuk Anda pengguna kendaraan bermotor jangan pernah menunggu aki rusak baru menggantinya, namun melakukan perawatan pada aki kendaraan untuk menjaga kenyamanan saat menggunakan kendaraan tersebut.

Jangan menunggu lama, jika anda membutuhkan aki mobil dan aki motor, silahkan hubungi toko aki Jogja kami ya!!

toko aki jogja murah

Apa Yang di Maksud dengan Aki Kendaraan?

Bagi sebagian besar pengguna kendaraan bermotor tentunya sudah mengetahui apa itu aki dan fungsinya. Namun, bagi orang awam tentunya masih ada yang belum paham mengenai aki. Disini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang aki kendaraan. Mari kita simak selengkapnya.

Accu atau aki merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan bermotor, baik itu pada mobil maupun sepeda motor semuanya memutuhkan aki untuk menyalakan mesin maupun untuk mengontrol kelistrikan yang ada pada kendaraan tersebut.

Aki memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk menyimpan dayan listrik yang nantinya akan dibutuhkan oleh kendaraan bermotor. Daya listrik inilah yang akan digunakan untuk menyalakan startet elektrik, menyalakan fuel pump hingga suplai arus ke dashboard kendaraan.

Karena sangat pentingnya aki untuk kendaraan, maka sebagai pemilik kendaraan tersebut Anda wajib untuk melakukan perawatan pada aki.

Macam-Macam Komponen Pada Aki Basah dan Aki Kering

Perlu kita ketahui, ada dua jenis aki yaitu aki basah dan aki kering. Sebagai pengguna kendaraan bermotor, maka Anda wajib mengetahui jenis aki mana yang cocok digunakan untuk kendaraan Anda. Berikut ini kami jelaskan mengenai komponen-komponen aki basah dan aki kering.

Secara umum, aki pada kendaraan bekerja untuk menciptakan reaksi kimia agar bisa menghasilkan aliran elektron. Aliran elektron inilah yang bisa menyalakan beban listrik. Namun, reaksi kimia ini tidak diciptakan begitu saja, ada komponen-komponen yang dibutuhkan dan komponen-komponen inilah yang nantinya akan membentuk sebuah aki.

Komponen-komponen yang ada pada aki kering maupun aki basah, secara umum hampir sama. Berikut ini kami jelaskan komponen apa saja yang ada pada aki.

Kotak Aki

Bagian yang paling utama dan terpenting adalah kotak aki. Kotak aki ini digunakan sebagai tempat menaruh komponen-komponen penghasil elektron. Biasanya, kotak aki ini berbentuk kotak seperti plastik, namun menggunakan menggunakan material khusus yang kuat dan juga keras.

Hal ini bertujuan ketika terjadi benturan dari luar, maka komponen yang ada di dalam kotak aki tersebut tidak akan terpengaruh oleh benturan tersebut. Biasanya kotak aki basah berwarna putih transparan sedangkan untuk aki kering kotaknya berwarna hitam.

Warna pada kotak aki tersebut juga mempunyai fungsi tersendiri, seperti pada kotak aki basah dibuat transparan hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna mengetahui seberapa banyak air aki yang ada di dalamnya, apabila kurang maka akan mudah untuk mengukur seberapa air aki yang harus ditambahkan.

Aki basah harus selalu di cek dan rutin ditambahkan cairan elektrolit yang habis karena pengunaan.

Tutup Aki

Komponen aki yang selanjutnya dan merupakan bagian penting adalah tutup aki. Tutup aki bisa dilihat dari kotak aki pada bagian atas. Pada aki basah, tutup aki ini bisa di buka dan menjadi lubang untuk mengisi cairan elektrolit. Tutup aki ini memiliki fungsi agar cairan elektrolit yang ada di dalam aki tidak tumpah.

Berbeda dengan aki kering, ada yang memiliki tutup aki namun ada juga yang tidak ada. Apabila aki kering memiliki tutup aki, maka tutup aki tersebut tidak boleh di buka. Pada beberapa jenis aki ada yang memiliki lubang ventilasi namun ada juga yang lubangnya terpisah.

Apabila tutup memiliki lubang ventilasi maka fungsinya akan bertambah yaitu menjadi ventilasi ketika reaksi kimia terjadi di dalam kotak aki.

Lubang Ventilasi

Komponen ini biasanya terpisah pada jenis aki konvensional atau aki basah. Pada bagian tutup tidak memiliki lubang ventilasi melainkan terdapat pada bagian samping atas dan dilengkapi dengan selang.

Fungsinya sama yaitu untuk saluran penguapan aki sekaligus pemisah antara asam sulfat dan gas hidrogen. Namun beberapa jenis aki Maintenance Free (MF) atau aki listrik ada yang tidak dilengkapi dengan lubang ventilasi ini.

Lubang ventilasi ini tidak boleh tersumbat karena akan membuat gas hidrogen terjebak di dalam kotak aki. Akibatnya membuat aki menggelembung dan rusak. Selain itu bisa menyebabkan kebakaran karena gas hidrogen dalam aki mudah terbakar.

Plat Logam Positif dan Negatif

Terdapat juga komponen aki berupa pelat logam yang fungsinya adalah untuk membuat aliran listrik dan mempengaruhi besar kecilnya arus listrik. Ada dua jenis pelat yang digunakan yaitu pelat positif dan negatif.

Pelat negatif dibuat dari bahan timah hitam atau timbal yang unsur kimianya adalah Pv dan berwarna abu-abu. Sedangkan pelat positif dibuat dari bahan lead dioxide yang berunsur PbO2 dan berwarna coklat.

Aliran listrik nantinya akan berasal dari plat positif dan besar kecilnya arus listrik akan disesuaikan dengan luas penampang dari plat. Semakin luas, maka arus listrik semakin besar.

Plat Separator

Ada juga jenis plat yang letaknya di antara plat positif dan negatif. Sesuai dengan namanya, plat ini diciptakan untuk memisahkan dua jenis plat tersebut. Karena jika kedua plat saling bersinggungan, bisa menimbulkan hubungan arus pendek.

Saat terjadi korsleting otomatis reaksi kimia dalam kotak aki tidak akan terjadi. Karena fungsinya sebagai separator maka bahan yang digunakan adalah isolator untuk menahan arus listrik.

Bentuk permukaan dari plat separator juga berpori sehingga memudahkan aliran elektrolit untuk mengalir pada dua plat positif dan negatif.

Cell Separator

Setiap aki memiliki komponen sel yang didalamnya terdapat cairan aki, plat negatif dan positif serta plat separator. Jumlah cell dalam aki adalah 6 dan masing-masing penyekat antar cell tidak ada celah sedikitpun.

Sehingga komponen antar cell tidak akan bercampur. Oleh karena itulah pada semua aki selalu memiliki 6 jenis tutup. Setiap ingin mengisi aki basah, masing-masing tutup ini harus dibuka untuk mengisi cairan elektrolit pada setiap cell.

Cell Connector

Meskipun terpisah, namun setiap cell memiliki konduktor yang fungsinya adalah menghubungkan plat pada masing-masing cell. Konektor ini sendiri akan menghubungkan plat negatif dalam sebuah cell ke plat positif di cell lainnya.

Air Aki/ Larutan Elektrolit

Perbedaan komponen aki juga terdapat pada jenis cairan elektrolit yang digunakan dan diisikan pada masing-masing cell. Khusus untuk aki basah, biasanya menggunakan cairan yang mirip dengan air sedangkan pada aki kering larutannya berbentuk gel.

Meskipun berbeda, namun setiap larutan dibuat dari bahan air dan ion sulfat. Fungsi dari larutan ini adalah menjadi zat yang bereaksi ketika digunakan.

Terminal Aki

Disebut juga dengan kutub baterai yang letaknya ada di atas wadah dan dihubungkan ke rangkaian beban arus seperti lampu, starter listrik dan lainnya. Komponen ini juga memiliki terminal positif serta negatif.

Tips untuk Menjaga Aki Kering dan Basah agar Tetap Awet

Nah, sebagai pengguna kendaraan bermotor kita harus selalu menjaga aki agar tetap awet dan selalu bisa digunakan dengan baik. Jual aki Jogja murah akan memberikan sedikit tips untuk menjaga aki agar tetap awet, hal ini berlaku untuk aki kering maupun basah. Berikut ini adalah perawatan pada aki mobil dan motor yang harus diperhatikan.

Jangan Lupa Mengisi Air Aki dan Mengecas

Bagi Anda yang menggunakan aki basah, selalu perhatikan kondisi air aki. Jangan sampai tunggu air aki habis, karena bisa mengakibatkan kerusakan. Selalu isi air aki tepat waktu.

Jangan lupa juga untuk mengecas aki jika daya sudah mulai berkurang. Pengecasan bisa dilakukan pada saat servis rutin atau di rumah. Pastikan Anda tahu cara mengecas yang benar.

Membersihkan Kerak Putih pada Tutup Aki

Pada aki basah seringkali muncul kerak putih di sekitaran tutup aki karet. Bersihkan secara rutin dengan menyiramnya menggunakan air panas setelah melepas aki dari kendaraan.

Kerak putih ini harus dibersihkan karena bisa menciptakan korosi. Jangan lupa saat membersihkan, cek juga apakah ada bagian yang retak.

Menyalakan Kendaraan dengan Rutin

Supaya aki bisa terus menyimpan daya, maka Anda harus sering memanaskan kendaraan. Setidaknya selama 10 menit. Seminggu Anda bisa melakukannya dua hingga tiga kali. Sehingga daya bisa selalu disimpan dan aki dalam kondisi baik.

Perhatikan Beban Penggunaan Listrik pada Kendaraan

Terakhir adalah selalu perhatikan penggunaan daya listrik pada kendaraan. Sesuaikan kebutuhan listrik dengan daya yang disimpan pada aki. Jangan terlalu berlebihan jika ingin menambahkan aksesoris kendaraan yang membutuhkan listrik.

Daya listrik yang terlalu besar akan membuat aki lebih cepat tekor. Anda pun akan rugi karena aki tidak bisa bertahan lama. Awet tidaknya aki tergantung pada bagaimana cara Anda merawat kendaraan.

error: Content is protected !!
Scroll to Top