Wisata Goa Pindul

Wisata Goa Pindul – Apa itu goa pindul, di mana letak lokasinya, berapa harga tiket masuknya atau pertanyaan lain yang biasa kami temui. Di bawah ini akan kami uraikan lengkap untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas. Yaitu mengenai deskripsi Goa Pindul. Hubungi kami jika anda membutuhkan transport atau informasi mengenai Goa Pindul! Banyak bertebaran iklan di internet yang menawarkan jasa reservasi obyek wisata ini, dengan berbagai media sosial dan blog. Sehingga orang akan dengan mudah mendapatkan info seputar obyek wisata ini.

goa pindul, wisata goa pindul

Wisata Goa Pindul

AVILO Tour & Travel adalah website yang resmi bekerjasama dengan pengelola Goa Pindul. Karena kami adalah agen travel yang mempunyai kerjasama dengan pengelola resmi obyek wisata ini, kami akan lebih memberikan artikel yang informatif, berguna untuk wisatawan dan dapat di pertanggung jawabkan.

Berikut ini kami jelaskan lebih deskriptif tentang Goa Pindul. Nama yang benar adalah Goa Pindul = Gua Pindul atau Pindul Cave dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa jawa adalah guo pindhul. Nama ” PINDUL” diambil dari kutipan legenda tempat ini, berasal dari kata “PIPI” dan ” KEBENDUL” dan di singkat menjadi Pindul.

Sejarah Goa Pindul

Berikut kami tuliskan tentang asal mula Gua Pindul hingga dijadikan wisata dan menjadi terkenal sampai saat ini. Goa Pindul memang ada sejak dulu, bahkan mungkin tidak ada orang yang pernah tahu secara pasti kapan goa ini terbentuk. Gua Pindul terbentuk secara alami mungkin berjuta-juta tahun yang lalu sebelum masehi. Tidak ada unsur buatan manusia sedikitpun hingga membentuk lorong gua. Kealamian gua masih kami jaga hingga sekarang.

Sebelum dibuka sebagai obyek wisata, Goa pindul hanya dijadikan tempat untuk aktivitas warga sekitar diantaranya untuk mandi, mencuci pakaian atau tempat memancing. Mandi di sungai ini mungkin dilakukan warga sekitar tiap harinya, karena airnya yang bersih dan selalu mengalir tidak terkontaminasi limbah pabrik dsb.

Selain untuk mandi aktivitas lain yang dilakukan oleh warga sekitar adalah untuk mencuci pakaian sehari-hari. Namun anda tidak perlu khawatir, saat ini kegiatan tersebut sudah dilarang pada siang hari atau jika masih kemungkinan masih ada pengunjung yang datang kegiatan tersebut tidak diperbolehkan.

Kegiatan lainnya adalah sebagai lokasi mancing yang strategis. Banyak ikan yang berhabitat, warga sekitar mencarinya sebagai lauk makan mereka sehari-hari. Dan sampai saat ini pun masih dilakukan kegiatan ini oleh warga sekitar di malam hari. Anda pun boleh mencobanya saat berhomestay disini.

Pada tahun 2010 akhir Goa pindul mulai dibuka sebagai obyek wisata oleh pokdarwis dari warga sekitar. Awalnya adalah sebuah ide dari seorang mahasiswa di salah universitas negeri di Yogyakarta (UGM), yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Dusun Gelaran. Ingin meneliti bebatuan dan kedalaman air di dalam Goa Pindul.

Setelah masuk dan melihat keindahan didalam Goa, beberapa orang dari mereka mempunyai gagasan yang cukup mengagumkan mempunyai pemikiran yang menakjubkan bahwa Goa Pindul ini layak untuk dijadikan obyek wisata.

Menindak lanjuti ide dari sang mahasiswa tersebut, akhirnya beberapa bulan kemudian dilakukan penelitian mendalam dan terus menerus untuk meneliti dari segi keamanan dan kelayakan goa untuk wisata. Akhirnya pada 10 Oktober 2010 warga dan beserta pemerintah daerah meresmikan Goa Pindul sebagai obyek wisata minat khusus.

Goa Pindul yang dulu hanya warga sekitar saja yang berani masuk karena keterbatasan alat dan penerangan. Masyarakat juga masih menganggap goa ini sebagai goa yang sakral, sehingga tidak banyak yang berani masuk hingga ke dalam. Ini sebelum ada penelitian di goa pindul.

Meskipun sampai sekarang Goa ini masih dianggap sakral oleh warga sekitar, sebagian besar wisatawan yang sudah berkunjung di obyek wisata ini justru kagum dengan keindahannya. Dari yang semula mempunyai sedikit rasa takut sebelum masuk gua, namun setelah masuk justru malah rasa tukut itu hilang, terbayar dengan panorama yang ada didalamnya. “Unik menarik dan sangat seru!!!” ini adalah ulasan yang sering kami temukan di internet.

Banyak juga dari mereka yang mengetikan goa pinggul atau gua pendul pada pencarian Google. Ini biasanya disebabkan karena mereka hanya mendengar dari ucapan orang lain yang mungkin tidak terlalu jelas. Dan sekarang anda sudah tahu nama yang benar.

Goa Pindul

Goa Pindul atau Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong, salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja. Cara menikmati obyek wisata ini adalah menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung, kami menyebut wisata ini dengan nama Cave Tubing Pindul.

goa pindul

Ban besar (tubing) tersebut sudah di modifikasi atau diberi pengait berupa tali menyilang di tengah berfungsi sebagai tempat duduk di atas air.

Sementara jaket pelampung di pakai seperti rompi, dengan ukuran tertentu yang mampu menahan berat badan lebih dari 100 kg tetap mengambang di permukaan air. Kami memastikan anda tidak akan tenggelam jika memakai jaket pelampung yang kami sediakan, karena sudah memenuhi standart team SAR.

Di lokasi atau basecamp wisata Goa Pindul, mereka menyediakan 3 jenis ukuran yang berbeda, yaitu kecil (untuk anak-anak), sedang/medium (all size untuk orang dewasa), besar (jumbo), dapat dipilih dan sesuaikan dengan ukuran tubuh.

Sebelum penyusuran wisatawan wajib melalui salah satu operator/pengelola. Dan wajib melakukan pembelian tiket. Harga tiket wisata goa pindul dapat berubah sewaktu-waktu, untuk informasinya silahkan menanyakan pada admin kami terlebih dahulu.

Dari pembelian tiket wisata di Goa Pindul, Wisatawan mendapatkan fasilitas: Peminjaman alat yaitu jaket pelampung dan ban tubing. Fasilitas di basecamp adalah tempat nyaman dan luas, free wifi hotspot, free wedang pindul. Alat transportasi obyek wisata (pajero pindul), pemandu lokal dan asuransi.

Penjelasan Tentang Goa Pindul

Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung sendiri. Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.

Namun ada salah satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban/tubing saja (akan kami bahas di bawah), ini adalah alasan kenapa penyusuran goa pindul hanya menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet. Oleh sebab itu wisata ini kami beri nama Cave Tubing Pindul.

Tidak ada batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua ini, karena sangat aman untuk segala usia. Dan berapapun jumlah peserta yang berkunjung, kami pengelola akan selalu siap untuk melayani dengan sebaik-baiknya di sini.

Setiap wisatawan yang ingin menyusuri gua, wajib mengenakan peralatan khusus yang sudah kami sebutkan di atas, dan wajib didampingi pemandu/guide dari pengelola.

Goa Pindul memang mempunyai daya tarik keindahan dan keunikan tersendiri yang mungkin tidak ada di antara goa-goa wisata yang lain, mempunyai beberapa mitos bebatuannya yang bisa membuat perkasa dan juga awet muda. Mitos-mitos Gua Pindul ini seakan menjadi pelengkap keindahan surga tersembunyi ini.

Start Goa Pindul

Tidak perlu takut untuk menyusuri Goa Pindul, disana akan terjamin semua keselamatan anda selama di obyek wisata. Asuransi keselamatan pun mereka berikan jika anda memesan tiket atau melalui provider dari kami.

Dalam melakukan susur gua, Anda akan didampingi oleh beberapa guide/pemandu khusus dari operator yang tentunya sudah berpengalaman dan mengerti betul medan dan apa saja yang ada di dalam gua. Jelas saja pemandu/guide adalah berasal dari penduduk sekitar Pindul.

Pemandu atau Guide yang bekerja di Goa Pindul selain sudah cukup berpengalaman juga sering mendapatkan pelatihan dari berbagai pihak. Berbagai pelatihan yang diberikan sangat berpengaruh terhadap pelayan di Goa Pindul.

Apasaja Yang Ada di Goa Pindul?

Batu Stalagmit

Di dalam penyusuran Goa Anda akan melihat beberapa ornamen batu stalagtit masih aktif maupun sudah tidak aktif yang menghiasi Goa Pindul. Ada juga batu yang disebut batu stalagmit Perkasa dan batu stalagtit Mutiara yang ada di zona ke dua yaitu zona remang. Batu-batu tersebut mempunyai mitos-mitos unik, sudah kami sebutkan di atas, namun pemandu akan menjelaskan hal ini lebih detail.

Wisata Goa Pindul

Batu Stalagmit Perkasa

wisata goa pindul, goa pindul jogja, goa pindul, gua pindul

Batu Stalagmit Mutiara

Sesampai tepat di tengah-tengah penyusuran anda akan menjumpai zona paling sempit, karena di zona ini terdapat sebuah batu Stalagtit dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (disebut dengan nama “Soko Guru”).

Batu Soko Guru

Soko Guru sendiri berasal dari bahasa jawa kuno yang mempunyai makna “Soko = tiang penyangga dan Guru = Gunung / bukit” maka Soko Guru bisa dimaksudkan sebagai tiang penyangga kedua bukit yang berada di atas Goa Pindul, panjang stalaktit ini sekitar 7 meter.

Batu Soko Guru, Stalaktit Terbesar di Goa Pindul

Batu Soko Guru, Stalaktit Terbesar di Goa Pindul

Walaupun setelah diteliti lebih lanjut, ternyata batu tersebut belum menyentuh sampai dasar sungai Pindul. Karena mengingat kedalaman air di zona tersebut berkisar antara 10-12 meter. Stalagtit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan konon mempunyai peringkat terbesar ke 4 di dunia.

sarang kelelawar, wisata goa pindul, goa pindul, gua pindul

Sarang Kelelawar

Batu Kelelawar

Setelah melewati zona gelap dan sempit, anda akan memasuki zona kelelawar. Ini adalah zona terpanjang yang ada di Goa Pindul, banyak kelelawar kerdil yang tinggal di sini. Namun anda tidak perlu takut, kelelawar di Goa Pindul ini cukup jinak dan tidak akan pernah menyerang manusia. Kelelawar jenis ini adalah pemakan serangga atau nyamuk. Kelelawar kecil ini biasa disebut kampret di tempat kami.

Batu Tirai Goa Pindul

Batu Tirai Goa Pindul

Batu Tirai

Batu tirai ini adalah salah satu contoh batu yang mempunyai bentuk unik, Anda juga akan melihat kemerlip cahaya batu kristal di balik batu ini, saat pemandu mengarahkan lampunya. Sebelum sampai di finish penyusuran, dari dalam anda akan melihat cahaya indah yang nampak dari atas, inilah yang di sebut cahaya surga yang tersembunyi di Jogja (istilah yang nge-trend: The Hidden Paradise Of Jogja).

Wisata Goa Pindul Murah, Wisata Goa Pindul, Goa Pindul, Gua Pindul

The Hidden Paradise Of Jogja

Untuk dapat melihat cahaya seperti ini, anda harus berkunjung pada jam 10-12 siang dan cuaca yang cerah. Ada momentum yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini. Jika sudah sampai di Goa Vertikal biasanya para pemandu akan menyarankan untuk turun dari ban dan mempersilahkan berenang atau melompat dan berfoto-foto di sana. Jika tidak menginginkan, anda boleh tetap duduk diatas ban. Tentunya pemandu akan mengawasi anda, jadi anda tidak perlu khawatir meskipun anda tidak bisa berenang sekalipun, akan tetap aman dan mengapung di permukaan air.

Anda juga dilarang melepas jaket pelampung ini jika masih bermain di obyek meskipun anda jago atau pandai berenang. Setelah anda puas melakukan aktivitas di dalam Goa anda bisa keluar berenang atau naik ban lagi sampai finish. Finish Goa Pindul mempunyai nama sendiri, warga sekitar menyebutnya dengan nama Banyu Moto atau Mata Air. Setelah berjalan keluar, wisatawan akan di jemput dengan alat transportasi unik yang bernama Pajero Pindul. Diantarkan kembali ke basecamp.

Bagi wisatawan yang ingin melanjutkan ke destinasi obyek wisata kami yang ke dua yaitu Sungai Oyo, akan langsung diantarkan dengan pajero hingga lokasi. Hanya saja berbeda dengan di Pindul, Sungai Oyo adalah penyusuran sungai terbuka mirip sekali dengan Green Canyon, melewati tengah tebing-tebing batuan karst yang tinggi. Tulisan lebih mendetail untuk obyek wisata ini sudah kami tulis di River Tubing Oyo, Air terjun Sungai Oyo.

Untuk informasi lengkap ataupun anda membutuhkan transportasi ke Goa Pindul, anda bisa menggunakan jasa travel dari kami, silahkan klik tautan berikut ini: Rental Mobil Jogja

Leave a Reply