Usaha Travel dengan Dana Minimun? Perhatikan Cara Berikut Ini

Usaha Travel dengan Dana Minimun

Usaha Travel dengan Dana Minimun

Alat transportasi sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok di Indonesia. Mayoritas dari mereka, akan mengusahakan untuk dapat memilikinya. Hal ini dikarenakan agar mereka dapat mudah saat akan berpergian bersama. Namun, banyak dari mereka tidak dapat mencukupi kebutuhan tersebut. Hal ini memberikan peluang bisnis untuk anda.

Banyak mengira bahwa usaha travel selalu membutuhkan dana banyak, namun anda dapat melakukan usaha travel tersebut dengan dana yang sangat kecil bahkan tanpa dana. Anda dapat memilih usaha travel keluarga untuk mengurangi biaya operasionalnya. Dengan demikian, anda hanya perlu menyiapkan mini bus atau elf.

Jika Anda Tidak Punya Modal

Jika anda memiliki dana besar, anda dapat membeli kendaraan untuk usaha travel anda jika anda belum memiliki kendaraan. Lalu bagaimana dengan yang memiliki tidak memiliki dana sama
sekali?

1. Mencari investor

Anda dapat mencari rekan kerja yang dapat mendanai usaha anda. Dana tersebut dapat anda olah hingga mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut dapat anda bagi dengan persentase yang telah disepakati sebelumnya.

2. Sewa Mobil Dengan Metode Bayar Setelah Digunakan

Biasanya, orang akan menyewakan mobil tersebut dengan membayar setelahnya hanya kepada orang yang dikenalnya saja. Jadi, anda harus mencari banyak relasi usaha rental dan travel.

3. Lakukan Semuanya Sendiri

Untuk perintis usaha kecil yang belum memiliki dana, sebaiknya jangan menggunakan karyawan. Hal ini dikarenakan jika anda mengalami kerugian, anda tetap harus menggaji orang tersebut. Jadi, untuk mengantisipasi hal itu terjadi, anda dapat menjadi sopir sekaligus guide tour (jika perlu) untuk travel anda.

Jika Modal Anda Minim

Anda akan mendapatkan keuntungan yang minim jika melakukannya tanpa dana. Namun hal tersebut dapat anda gunakan untuk mencari dana. Lalu, bagaimana jika saya telah memiliki dana
walau masih sedikit?

1. Kredit Syariah Mobil Bekas

Jika anda merasa memiliki dana untuk membayar uang muka bobil bekas, lebih baik anda melakukannya. Setidaknya hal ini dilakukan hingga anda merasa mampu untuk menyicil setiap bulannya. Jangan melakukan kredit bank atau semacamnya. Hal ini untuk menghindari bunga saat pembayaran kredit belum bisa tepat waktu.

2. Melakukan Semuanya Baik Tanpa Karyawan Maupun dengan Karyawan

Anda memiliki cicilan yang harus anda bayar. Jadi, lebih baik jangan menggunakan karyawan. Karyawan akan membuat pengeluaran anda membengkak hingga tidak memiliki dana marketing.

Jika Anda Punya Cukup Modal

Jika anda memiliki dana yang cukup akan lebih baik lagi. Berikut yang akan dapat anda lakukan:

1. Membeli Mobil Bekas Secara Cash

Dengan membeli cash anda tidak perlu memikirkan tentang cicilan bulanan. Anda dapat dengan sangat tenang dalam bekerja. Tak hanya itu, harga cash akan jauh lebih murah dibandingkan dengan kredit. Uang selisih tersebut dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan pengiklanan jasa travel anda.

2. Mendaftarkan Asuransi Kendaraan

Usaha transportasi akan sangat rentang dengan kecelakaan. Peristiwa ini akan berdampak pada pembekakan dana. Akan dibutuhkan banyak dana untuk memperbaiki kendaraan tersebut. Untuk mengurangi resiko tersebut, anda dapat mendaftarkan kendaraan anda ke asuransi kendaraan. Jadi, jika terjadi suatu kecelakaan anda akan mendapatkan dana dari asuransi untuk memperbaiki kendaraan anda.

3. Mendaftarkan Asuransi Sopir

Jika kecelakaan terjadi, tak hanya mobil namun sopir juga akan membutuhkan dana. apalagi jika sopir tersebut mengalami luka yang sangat serius. Jadi, hal ini sangat disarankan untuk anda yang memiliki usaha travel.

Tips Membeli Mobil Bekas

  1. Mengunjungi penjual yang memiliki banyak pilihan mobil bekas
  2. Melakukan test drive untuk mengetahui kondisi mobil saat dikendarai
  3. Jika anda kurang paham tentang mesin, bawalah ahli mesin kenalan anda saat akan membeli mobil
  4. Lebih perhatikan sejarah perawatan dibandingkan dengan jarak tempuh mobil tersebut
  5. Perhatikan kelengkapan surat.

Karena anda memiliki dana terbatas, alangkah baiknya anda membeli mobil yang memiliki pajak kendaraan cukup rendah. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam pengeluaran tahunan anda. Anda dapat mengecek pajak secara online di pemerintahkota.com.