Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Rekomended & Wajib di Kunjungi

Tempat wisata di Yogyakarta – Hallo sobat Avilo Tour & Travel. Pada kesempatan kali ini kami ingin menuliskan beberapa destinasi wisata di Yogyakarta yang bisa anda jadikan sebagai referensi sebelum berlibur di Yogyakarta. Tentu saja kita semuanya sudah mengetahui nama Yogyakarta bukan? Salah satu kota di Indonesia yang banyak di minati oleh para wisatawan baik itu yang datang dari luar daerah hingga wisatawan mancanegara. Kota Yogyakarta ini selalu ramai dan padat di kunjungi oleh wisatawan apalagi di waktu musim liburan. Kota Yogyakarta merupakan destinasi utama bagi wisatawan setelah Pulau Bali. Sudah bisa kita ketahui melalui namanya yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang menjadi sangat istimewa karena Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang masih terdapat keluarga kerajaan.

Keluarga kerajaan yang ada di Yogyakarta ini di pimpin oleh seorang Sultan yang sangat dihormati oleh para penduduk asli kota Yogyakarta. Yang menjadikan kota Yogyakarta lebih istimewa karena terdapat begitu banyak peninggalan bersejarah dan juga candi-candi yang tersebar di beberapa wilayah, bahkan hingga terdapat candi peninggalan pra-sejarah yang terbesar di Indonesia yaitu Candi Prambanan. Candi yang terdapat di kota Yogyakarta bahkan masuk dalam daftar situs warisan dunia.

Tempat Wisata di Yogyakarta

Memang bisa kita lihat bahwa peninggalan sejarah yang sekarang banyak di temui di Yogyakarta adalah bangunan-bangunan yang kuno dan candi-candi. Namun, di kota Yogyakarta terdapat sejumlah tempat dan bangunan wisata yang bisa di eksplor dan dijadikan sebagai tempat berlibur keluarga dan rombongan. Wisata yang ada di Yogyakarta ini antaralain wisata budaya, wisata belanja, wisata alam, wisata kuliner, wisata pantai dan wisata lainnya. Tentunya untuk mengunjungi semua tempat wisata di Yogyakarta tidak akan cukup jika hanya dilakukan dalam satu ataupun dua hari saja, bahkan wisatawan yang benar-benar ingin memanjakan diri di kota ini rela tinggal berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk menikmati kota yang penuh dengan kenyamanan ini. Nah, penasaran kan kenapa sampai begitunya? Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi:

borobudur temple

Candi Borobudur

Salah satu candi yang sudah terkenal hingga di penjuru dunia. Namanya adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur ini merupakan salah satu candi budha terbesar dan terlengkap di dunia dan sudah masuk dalam daftar situs warisan dunia ‘UNESCO’. Apabila kita lihat menggunakan drone, atau kita melihat dafi foto-foto yang sudah ada, candi ini berbentuk menyerupai bunga teratai yang terlihat sangat indah.

Candi Borobudur ini berada di daerah Magelang, Jawa Tengah. Namun, karena lokasinya yang tidak jauh dari kota Yogyakarta, membuat pawa wisatawan seringkali mengira bahwa candi ini terletak di Yogyakarta. Wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta tentu tidak akan meninggalkan nama Candi Borobudur ini pada daftar yang akan mereka kunjungi. Candi Borobudur ini juga merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang diminati oleh wisatawan yang datang dari luar negeri. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Borobudur adalah pada saat matahari terbit atau terbenam, dikarenakan apabila musim panas akan terasa sangat panas sekali disiang hari.

prambanan temple

Candi Prambanan

Nah, jika yang tadi itu adalah candi budha, yang satu ini merupakan salah satu candi peninggalan agama hindu terbesar di Indonesia. Candi yang dikenal sebagai Candi Prambanan ini terletak di perbatasan antara kota Yogyakarta dan kota Klaten. Di Candi Prambanan ini terdapat relief yang menceritakan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana. Bangunan candi ini berbentuk seperti kerucut yang ditata rapi dengan bangunan candi besar berjumlah 3 ditengah dan candi-candi kecil di sekelilingya. Tidak semua bagian candi ini utuh, hanya candi bagian tengah saja yang masih utuh dan lainnya banyak yang rusak di akibatkan oleh gempa yang berasal dari letusan Gunung Merapi.

Pada malam hari, apabila anda tertarik dengan cerita tentang Rama dan Shinta, anda bisa menikmati pertunjukan seni yang disebut Ramayana Ballet. Pertunjukan ini di gelar di sebelah barat Candi Prambanan. Ketika anda menikmati pertunjukan ini, anda akan menghadap ketimur untuk menikmati pertunjukan dengan background candi yang begitu menawan. Letak Candi Prambanan ini tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya bisa ditempuh sekitar 30 menit saja dari kota Yogyakarta. Apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi untuk menjangkau lokasi Candi Prambanan, anda bisa menggunakan sarana transportasi umum di Yogyakarta karena kini banyak transportasi umum yang menuju kesana. Banyaknya tempat wisata baru di Yogyakarta, tidak membuat candi ini ditinggalkan oleh pengunjung, bahkan makin hari makin ramai saja pengunjungnya.

Malioboro
Malioboro

Jalan Malioboro

Salat satu nama jalan yang terkenal di Yogyakarta dan di jadikan sebagai ikon wisata kota Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Di sepanjang Jalan Malioboro ini terdapat banyak sekali toko dan pedagang yang menjajakan beraneka macam barang dagangan, mulai dari pakaian, kuliner, perlengkapan dapur, aksesoris fashion, obat-obatan dan lain-lainnya. Jalan Malioboro ini sangat ramai di kunjungi warga lokal Daerah Istimewa Yogyakarta dan wisatawan yang datang ke Yogyakarta pada sore hingga malam hari untuk sekedar bersantai dan menikmati suasana malam di Jogja. Yang menjadi ciri khas Jalan Malioboro ini adalah terdapatnya lesehan di pinggir jalan yang buka pada sore hingga malam hari.

Para pengunjung bisa duduk bersantai dan menikmati kuliner di sepanjang Jalan Malioboro tanpa harus khawatir. Anda jangan kaget dan merasa risih apabila ada pengamen yang datang menghampiri dan menyanyikan lagu-lagu untuk anda, anda tidak harus memberikan mereka uang kok, mereka hanya menghibur anda dan inilah ciri khas di Jalan Malioboro. Jalan Malioboro ini merupakan salah satu tempat yang biasa di jadikan tempat mencari foto di Yogyakarta, karena memang keunikannya tidak di temukan di daerah lainnya. Rasanya, jika berkunjung ke Yogyakarta dan tidak mempunyai foto di Jalan Malioboro, liburan tidak akan lengkap.

pasar di yogyakarta

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar yang tertua dan terbesar di kota Yogyakarta. Keberadaannya di pusat kota Yogyakarta membuat pasar ini ramai sekali pengunjungnya. Di dalam pasar ini anda bisa menemukan berbagai macam barang yang di jual seperti pakaian, batik, souvenir, buah, sayuran, makanan tradisional, bunga, uang kuno, rempah-rempah hingga barang-barang antik.

Uniknya Pasar Beringharjo ini membuat para wisatawan dari luar daerah dan luar negeri ramai berkunjung di tempat ini. Jangan lupa apabila anda berkunjung ke Jalan Malioboro, sempatkan untuk mengunjungi pasar ini, tidak di wajibkan untuk beli kok, sekedar untuk melihat-lihat pun boleh. Pasar Beringharjo ini buka dari pagi hingga sore hari saja. Perlu di ketahui, apapun barang yang anda beli di pasar ini selain makanan anda boleh menawarknya.

Benteng Vre De Burg
Benteng Vre De Burg

Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg merupakan salah satu tempat wisata di dekat Malioboro. Tepatnya berada di pojok timur laut titik Nol Kilometer Yogyakarta berhadapan dengan Gedung Agung. Benteng bersejarah peninggalan bangsa Belanda ini sekarang dijadikan sebagai museum dan di dalamnya terdapat doirama-diorama berisi peninggalan sejarah Indonsia pada jaman penjajahan Belanda. Benteng Vredeburg sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia.

Selain dijadikan sebagai museum, di benteng ini juga sering diadakan festival kebudayaan Yogyakarta yang bisa di tonton oleh pengunjung juga yang berada di sekitar benteng. Di dalam museum ini terdapat sebuah café yang bernama Indische Koffie yang menyajikan makanan khas Belanda yang bisa di nikmati oleh pengunjung benteng untuk sekedar bersantai dan menikmati suasana di Benteng Vredeburg. Bila anda berada di sekitar Jalan Malioboro, anda bisa mengunjunginya pada siang atau sore hari.

Kraton Yogyakarta
Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta ‘Sultan Palace’

Tempat wisata di Yogyakarta yang sudah terkenal dan mempunyai sejarah yang sudah mendunia adalah Kraton Yogyakarta. Bangunan bersejarah yang masih disinggahi oleh Sultan dan keluarga Sultan ini ramai sekali di kunjungi oleh wisatawan dari luar daerah dan mancanegara. Kraton Yogyakarta terletak di pusat kota, bangunan ini terlihat begitu besar dan megah dengan tanah lapang di depannya yang begitu luas yang seringkali disebut dengan nama alun-alun.

Tidak hanya melihat bangunan bersejarah saja ketika kita mengunjungi Kraton Yogyakarta, akan tetapi di dalamnya terdapat sebuah museum yang menampilkan barang-barang peninggalan Sultan seperti batik yang di gunakan oleh Sultan, keris, pakaian Sultan, perlengkapan masak Sultan, pakaian adat hingga mobil dan kereta yang digunakan oleh Sultan pada jaman dahulu. Waktu yang paling pas apabila wisatawan ingin berkunjung ke Kraton Yogyakarta adalah pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB, karena pada saat itu tidak terlalu ramai pengunjung. Bagi anda yang ingin kunjungan anda di Kraton Yogyakarta ini lebih menarik, anda bisa menyewa guide untuk memandu kunjungan anda. Guide di sini bukan hanya bisa Bahasa Indonesia saja, akan tetapi tersedia Guide Bahasa Inggris, Perancis, Jepang dan Belanda.

tamansari yogyakarta

Tamansari Yogyakarta

Salah satu tempat wisata bersejarah di pusat kota Yogyakarta adalah Tamansari. Tamansari merupakan bangunan sejarah yang dahulu kala digunakan untuk pemandian dan meditasi keluarga Sultan. Ketika memasuki kawasan Tamansari anda akan melewati gapura besar dengan patung ular yang akan menyambut anda seakan mempersilahkan kedatangan anda. Setelah melewati pintu masuk, anda akan melewati lorong besar bawah tanah menuju ke pemandian.

Di Tamansari terdapat 3 kolam besar yang berfungsi sebagai pemandian keluarga Sultan Yogyakarta. Selain itu juga terdapat bangunan masjid bawah tanah yang belum bisa dipastikan berapa lama umur bangunan ini. Bagi anda yang ingin mengeksplor Tamansari lebih dalam, anda bisa menggunakan jasa Guide yang siap memandu anda pada obyek wisata Tamansari. Sama seperti halnay di Kraton, disini tidak hanya terdapat Guide Bahasa Indonesia saja, melaikan Guide Bahasa Inggris, Jepang, Belanda dan Jepang.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu nama pantai di kota Yogyakarta yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Para wisatawan yang datang ke Yogyakarta, pasti tidak akan lalai untuk memasukkan nama Pantai Parangtritis ke dalam daftar kunjungan mereka. Keindahan alam Pantai Parangtritis tentu tidak bisa di samakan dengan pantai di Yogyakarta lainnya, pantai yang begitu luas membentang dari timur hingga barat ditambah deburan ombak yang besar membuat pantai ini terlihat mempesona. Di pantai ini anda bisa mandi di laut lho, namun anda harus berhati-hati karena ombaknya yang cukup besar.

Pantai Parangtritis menyimpan mitos yang benar-benar kuat, yaitu tentang keberadaan Ratu Pantai Selatan alias Nyi Roro Kidul, kono menrut cerita siapa yang datang ke Pantai Parangtritis dengan menggunakan pakaian berwarna hijau akan di minta oleh sang ratu. Bagi anda yang ingin berkeliling di sekitaran pantai ini, anda bisa menyewa andong, ATV ataupun motor tril. Harga yang ditawarkan oleh penyedia jasanya mungkin cukup mahal, akan tetapi anda bisa melakukan tawar menawar. Tipa bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Parangtritis adalah di waktu pagi hari sebelum pukul 8.00 WIB atau di sore hari pukul 16.00 WIB.

pantai indrayanti

Pantai Indrayanti

Nama Pantai Indrayanti tentunya sudah cukup terkenal dan di ketahui oleh banyak orang. Ya, pantai ini memang menyuguhkan pemandangan yang cukup indah dengan ombak yang tidak terlalu besar dan hamparan pasir putih membuat pantai ini terlihat menawan. Nama Pantai Indrayanti ini diambil dari nama restaurant yang ada di area pantai ini, sebelumnya pantai ini benama Pantai Pulang Syawal. Tidak hanya wisata pantai saja, Pantai Indrayanti menawarkan fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan yang datang, disini tersedia warung-warung makan untuk singgah dan bersantai menikmati keindahan pantainya.

Lokasi Pantai Indrayanti terletak tidak jauh dari lokasi pantai lainnya, jadi semisal anda berkunjung ke pantai ini, anda bisa sekaligus mengunjungi wisata-wisata disekitarnya. Bagi anda yang berada di kota Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Pantai Indrayanti, anda bisa menggunakan mobil pribadi atau rental motor Jogja untuk mendapatkan kemudahan dalam menjangkaunya, karena tidak ada sarana transportasi umum dari Yogyakarta ke Indrayanti. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah pukul 16.00 WIB atau sebelum matahari terbenam.

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Pergi ke pantai tidak harus melulu bermain ombak, di Yogyakarta ada salah satu pantai yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati keindahan di bawah laut. Nama pantai ini adalah Pantai Nglambor. Pantai ini tidak seperti pantai di wilayah selatan Yogyakarta lainnya, jika pantai lain ombaknya begitu besar, berbeda dengan pantai ini yang airnya cukup tenang. Untuk melihat keindahan dalam laut Pantai Nglambor, anda bisa menyewa peralatan snorkling di area pantai. Selain itu, pemandu snorkling anda akan membantu anda mengambil foto di spotr-spot foto pilihan.

Bagi anda yang ingin mengujui mental anda, anda bisa menyeberang ke pulau kecil dengan menggunakan jembatan tali. Namun, bagi anda yang takut ketinggian, sebaiknya jangan melakukannya. Hehe. Jarak Pantai Nglambor dari Yogyakarta bisa ditempuh menggunakan kendaraan sekitar 2 jam perjalanan. Lokasinya memang cukup jauh, namun perjalanan anda akan terbayarkan dengan pemandangan dan aktifitas di Pantai Nglambor yang luar biasa.

pantai pok tunggal

Pantai Pok Tunggal

Tak habis-habisnya jika berbicara tentang keindahan dan kekayaan alam di Gunungkidul, apalagi pantai yang satu ini. Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu tempat wisata pantai yang populer di Guningkidul. Pantai yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul ini memberikan keindahan alam yang luar biasa. Pantai Pok Tunggal ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Indrayanti dan bisa anda jadikan referensi ketika anda ingin berlibur ke Gunungkidul.

Nama Pantai Pok Tunggal ini berasal dari keberadaan pohon duras di kawasan pantai yang katanya pohon jenis ini susah tumbuh di daerah pesisir. Dikarenakan hanya ada satu-satunya pohon ini, maka dari itu pantai ini dinamakan Pantai Pok Tunggal, yang berarti hanya ada satu pohon saja. pantai Pok Tunggal dikelilingi oleh bukit kapur dan karang yang membuat pantai ini lebih menawan dan eksotis. Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah bentuknya yang sempit dan memanjang. Bagi anda yang ingin berekreasi atau melakukan kegiatan bersama keluarga dan rekan kantor anda, pantai ini bisa di jadikan sebagai pilihan yang tepat!

Wisata Goa Pindul Murah, Wisata Goa Pindul, Goa Pindul, Gua Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu goa horizontal di Yogyakarta yang sudah terkenal dengan cave tubingnya. Goa ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter dan kedalaman air 5 meter hingga 12 meter. Goa ini terdiri dari 3 zona yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. Ketika anda menyusuri goa ini, anda akan melihat pemandangan stalaktit dan stalagmite yang indah. Disana juga terdapat kelelawar-kelelawar yang masih hidup dan bergelantungan pada langit-langit goa ini.

Menikmati aktifitas di Goa Pindul tentunya tidak asik jika hanya sendirian, anda bisa mengajak pacar, rekan kerja, keluarga atau sodara anda untuk mengunjunginya. Jangan khawatir bagi anda yang belum pernah pergi ke lokasi ini karena dari basecamp atau penyedia jasa obyek wisata di Goa Pindul sudah disediakan pemandu khusus. Pemandu akan menjelaskan tentang sejarah Goa Pindul dan membantu anda berfoto.

Aktifitas yang akan dilakukan di Goa Pindul ini sekitar 45 menit dengan menggunakan peralatan yang sudah di sediakan oleh pengelola, peralatannya antara lain pelampung dan sepatu. Tips bagi anda yang ingin mengunjungi wisata Goa Pindul Yogyakarta, jangan lupa membawa waterproff untuk handphone atau kamera anda dan gunakan layanan transportasi yang tepat karena tidak ada transportasi umum dari Yogyakarta ke Goa Pindul.

Goa Jomblang
Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu goa vertikal yang ada di kota Yogyakarta. Goa yang mempunyai sejarah kelam ini sekarang menjadi destinasi wisata yang cukup di minati oleh wisatawan, terutama bagi mereka yang datang dari luar negeri. Konon katanya, Goa Jomblang merupakan tempat untuk membuang orang-orang dari PKI yang berkhianat pada jaman dahulu. Namun, seiring berjalannya waktu goa ini di kelola dan di jadikan sebagai obyek wisata alam. Aktifitas yang bisa dilakukan di goa ini juga lumayan ekstrim. Bagi anda yang menyukai tantangan dan ingin memacu adrenalin tentunya lokasi ini sangat cocok. Anda akan di turunkan dengan tali ke dalam goa sedalam 60 meter dan menyusuri goa yang cukup panjang.

Di dalam goa ini anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa yaitu sebuah pancaran sinar matahari yang masuk ke dalam goa. Pancaran sinar matahari inilah yang di cari oleh wisatawan karena keindahannya yang tidak bisa di temukan di goa lain. Bagi anda yang tertarik untuk mengesplor tempat wisata di Yogyakarta ini, sebaiknya siapkan mental anda dan uang sebesar Rp. 450.000,- untuk biayanya. Pilihlah transportasi yang tepat untuk berkunjung ke Goa Jomblang karena tidak anda sarana transportasi umum.

museum ullen sentalu

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu, mungkin namanya masih asing bagi anda. Museum ini berada di kawasan wisata Kaliurang tepatnya di Jalan Boyong Km 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Letaknya yang berada tidak jauh dari kawasan Gunung Merapi ini membuat suhu udara di sekitarnya terasa dingin. Museum Ullen Sentalu ini memiliki desain arsitektur yang cukup unik, sebelum masuk ke ruangan dalam utama yaitu ruang pameran, kita akan melewati undakan, kelokan dan labirin.

Museum Ullen Sentalu memamerkan koleksi-koleksi benda bersejarah dan budaya peninggalan Kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal dari Kerajaan Yogyakarta dan Solo. Bagi anda yang ingin menambah wawasan mengenai sejarah dan budaya, berkunjung ke museum ini tentunya sangat tepat. Jangan kaget dengan aturan-aturan yang diberikan oleh pengelola museum ini karena memang aturannya sangat ketat. Para pengunjung museum ini tidak diperkenankan untuk mengambil foto dari semua benda yang dipamerkan selama tur berlangsung. Anda akan dipandu oleh guide yang ada di Ullen Sentalu untuk memberikan penjelasan-penjelasan kepada anda mengenai semua benda yang ada di museum ini.

Tidak boleh mengambil foto di museum ini? Hm… Sangat di sayangkan sekali sebenarnya. Akan tetapi aturan ini memberikan nilai lebih agar pengunjung benar-benar memperhatikan apa yang di jelaskan oleh pemandu tur, menikmati dan menghargai benda-benda seni yang ada. Museum Ullen Sentalu ini sangat tepat apabila anda ingin berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta yang menampilkan nilai pendidikan dan budaya.

museum gunung merapi

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Museum Gunung Merapi ini di resmikan pada tahun 2009 dan tempatnya berada tidak jauh dengan area wisata Kaliurang dan Ullen Sentalu. Museum ini sangat cocok dijadikan sebagai sarana pendidikan dan informasi mengenai kegunungapian dan bencana geologi lainnya. Pada museum ini juga memamerkan karya seni yang menggambarkan dongeng asal muasal Gunung Merapi. Bagi anda yang sudah melakukan perjalanan tur di Yogyakarta dan bingung mau kemana, mungkin mengunjungi Museum Gunung Merapi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Salah satu tempat wisata hits di Yogyakarta yang sampai sekarang ini tidak bosan di kunjungi wisatawan dari luar daerah adalah Kebun Buah Mangunan. Kebun Buah ini terletak di Kabupaten Bantul yaitu sisi selatan kota Yogyakarta. Berada di kawasan perbukitan membuat pengunjung takjub akan keindahan dan luasnya alam kota Yogyakarta. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Kebun Buah Mangunan adalah view kabutnya yang begitu indah di pagi hari dan membungkus dataran. Anda juga bisa menimati sunset dari Kebun Buah Mangunan, tidak kalah cantiknya pemandangan di sore hari. Tips bagi anda yang ingin mengunjungi Kebun Buah Mangunan, sebaiknya datang di pagi hari setelah subuh dan persiapkan kendaraan yang prima dan skill mengemudi yang baik karena akan melewati tanjakan yang lumayan terjal.

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Tentu kita sudah mengetahui nama dari candi yang satu ini. Ya, namanya adalah Candi Ratu Boko. Lokasi candi ini berada di area candi hindu terbesar di Indonesia yaitu Candi Prambanan. Candi yang tidak terlalu besar ini mempunyai daya tarik tersendiri karena viewnya yang cantik untuk hunting foto, apalagi jika kita mengunjunginya diwaktu sunset. Candi Ratu Boko masih satu pengelola dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur yaitu TWC (Taman Wisata Candi), jadi jika anda ingin lebih berhemat dan ingin mengunjungi lokasi ini, anda bisa membeli tiket terusan. Tempat ini banyak sekali pengunjungnya, dikarenakan lokasi candi ini memang menarik dan cantik, juga suasana di Candi Ratu Boko begitu romantis. Jika anda ingin berkunjung ke Candi Ratu Boko, sebaiknya persiapkan kendaraan anda dan skill mengemudi yang baik.

Coming soon! Tempat wisata di Yogyakarta lainnya. 🙂

Tinggalkan Balasan