Hubungi Kami Jasa sewa mobil plus sopir terpercaya dan termurah. Kami siap melayani Anda untuk perjalanan dalam dan luar kota.

Tarif Tol Semarang Jakarta, Jalan Tol Tersibuk di Trans Jawa

tarif tol dari semarang ke jakarta

Tarif Tol dari Semarang ke Jakarta Terbaru – Tentunya bagi kita yang sering melakukan perjalanan antar daerah di Pulau Jawa, tahu bahwa tol Semarang ke Jakarta merupakan jalur tol tersibuk di tol Trans Jawa. Bagi Anda yang ingin melintas melalui tol Semarang Jakarta, perlu diketahui sekarang ini ada kenaikan tarif tol. Kenaikan ini dimaksudkan untuk peningkatan pelayanan. Kenaikan tarif ini bukanlah hal yang baru pertama kali di lakukan, ada penyesuaian tarif tol pada tahun sebelumnya.

Contohnya saja penyesuaian tarif tol Semarang Jakarta pertama kali dilakukan pada tahun 2018 saat ruas Pejagan-Pemalang dan ruas Pemalang-Batang resmi beroperasi. Penyesuaian kedua dilakukan pada bulan Januari 2020 dan tarif mengalami kenaikan dari total Rp. 315.500 menjadi Rp. 349.000. Pada artikel kali ini kita ingin membahas kenaikan tarif tol Semarang – Jakarta yang terbaru. Berikut adalah penjelasannya.

Tarif Jalan Tol Semarang – Jakarta

Bagi Anda yang menggunakan mobil dan akan melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta melalui jalan tol Trans Jawa, ada beberapa ruas tol yang harus Anda lewati, yakni ruas Semarang – Batang, ruas Batang – Pemalang, ruas Pemalang – Pejagan, ruas Pejagan – Kanci, ruas Kanci – Palimanan, ruas Palimanan – Cikampek, ruas Cikampek – Jakarta.

Jika Anda ingin perjalanan ke Jakarta dari Semarang lancar, pastikan Anda memiliki karto tol elektronik (e-Toll) dengan saldo yang cukup. Dibawah ini adalah rincian tarif jalan tol dari Semarang ke Jakarta agar Anda bisa mempersiapkan saldo yang cukup sebelum perjalanan Anda di mulai. Perlu diperhatikan, rincian harga dibawah ini mengacu pada kendaraan Golongan I, yakni sedan, bus, pikap/truk kecil dan bus.

Ruat Tol Semarang – Batang

Ruas tol pertama jika Anda ingin melakukan perjalanan ke Jakarta dari Semarang adalah ruas tol Semarang – Batang (Simpang Susun Krapyak). Ruas jalan tol ini memiliki panjang 75,6 km dengan tarif Rp. 75.000. Anda yang datang dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Rest area yang bisa ditemukan pada ruas tol ini pada KM 389 B, KM 429 A, KM 391 A dan KM 379 A.

Ruas Tol Batang – Pemalang

Ruas tol berikutnya adalah ruas Batang – Pemalang. Ruas tol ini memiliki panjang 39,19 km. Melewati ruas tol ini pengguna jalan tol akan dikenakan tarif sebesar Rp. 39.000. Jarak waktu tempuh dari ruas tol Batang – Pemalang sekitar 30 menit. Ruas tol ini bisa dibilang cukup pendek. Apabila Anda ingin berhenti beristirahat, terdapat satu buah rest area yang bisa Anda singgahi yang berada pada KM 33 A.

Ruas Tol Pemalang – Pejagan

Ruas tol selanjutnya yang akan Anda lewati adalah ruas Pemalang – Pejagan. Ruas tol Pemalang – Pejagan ini memiliki panjang 55,7 km dengan tarif Rp. 60.000 untuk sekali jalan. Jika kondisi normal dan kecepatan yang stabil, pengguna jalan tol Pemalang – Pejagan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 – 60 menit saja. Apabila Anda ingin beristirahat ketika Anda melintasi tol Pemalang – Pejagan, ada beberapa rest area yang bisa Anda singgahi, yakni rest area KM 294, rest area KM 282, rest area KM 275 A, rest area KM 260 B, rest area KM 252 A.

Ruas Tol Pejagan – Kanci

Ruas tol selanjutnya yakni tol Pejagan – Kanci. Ruas tol ini bisa di bilang cukup pendek, karena hanya memiliki panjang 35 km. Tarif tol yang harus dibayar untuk melalui tol Pejagan – Kanci adalah Rp. 29.500. Untuk durasi waktu tempuh di ruas tol Pejagan – Kanci ini tidak terlalu lama, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit saja dengan catatan berkendara normal dan tidak ada kemacetan. Bagi para pengendara yang melalui ruas tol Pejagan – Kanci dan ingin beristirahat, bisa mampir ke rest area KM 228+300 A dan KM 229 B.

Ruas Tol Kanci – Palimanan

Ruas tol selanjutnya untuk perjalanan ke Jakarta adalah ruas Kanci – Palimanan. Tol ini bisa dibilang cukup pendek, dengan panjang 26,3 km. Tarif yang dikenakan bagi pengendara yang melewati ruas tol Kanci – Palimanan adalah Rp. 12.500. Berhubung jaraknya yang cukup pendek, durasi waktu tempuh yang dibutuhkan untuk melalui ruas ini juga tidak terlalu lama, hanya sekitar 30 menit saja. Bagi pengendara yang ingin beristirahat di area tol Kanci – Palimanan, bisa mampir ke rest area KM 207 A dan KM 208+400 B.

Ruas Tol Palimanan – Cikampek

Ruas tol selanjutnya adalah ruas tol Palimanan – Cikampek. Ruas tol ini memiliki panjang 116,75 km. Ruas tol Palimanan – Cikampek ini merupakan ruas tol terpanjang untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta. Tarif yang dikenakan untuk sekali jalan pada ruas tol ini adalah Rp. 107.500 untuk kendaraan golongan I. Bagi pengendara yang ingin beristirahat, ada beberapa titik rest area yang bisa digunakan untuk singgah, yakni rest area KM 86 A, KM 103 A, KM 86 B, dan KM 130 B. Durasi tempuh yang diperlukan untuk melalui ruas Palimanan – Cikampek ini kira-kira 1,5-2 jam jika arus lancar.

Ruas Tol Cikampek – Jakarta

Ruas tol terakhir pada perjalanan dari Semarang ke Jakarta adalah ruas tol Cikampek – Jakarta. Ruas tol ini memiliki panjang 72 km. Untuk kendaraan golongan I seperti sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus akan dikenakan tarif sebesar Rp. 20.000 untuk sekali jalan. Durasi waktu tempuh ketika berkendara di ruas tol Cikampek – Jakarta kurang lebihnya 45 menit. Bagi pengendara yang kelelahan, ada beberapa rest area yang bisa di jadikan tempat beristirahat, yakni rest area KM 19 A, kemudian diikuti KM 39 A, KM 62 B, KM 32 B, KM 33 A, KM 52 B, dan KM 57 A.

Nah, itulah daftar tarif jalan tol dari Semarang ke Jakarta pada tahun 2021 ini. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta dan akan melalui jalan tol Trans Jawa, sebaiknya cek terlebih dahulu saldo e-toll Anda agar perjalanan lancar. Jika Anda membutuhkan layanan jasa sewa mobil dari Semarang ke Jakarta yang sudah termasuk sopir, bbm dan tol, Anda bisa menghubungi jasa dari Avilo Tour & Travel Semarang sebagai partner terbaik dalam perjalanan Anda.

Leave a Reply

error: Content is protected !!