Tarif Tol Jagorawi 2022 Untuk Semua Jenis Golongan Kendaraan

Informasi Tarif Tol Jagorawi 2021 Terbaru – Bagi mereka yang tinggal di wilayah DKI Jakarta, tentunya kehadiran jalan tol memang sangat membantu dan memberikan kemudahan untuk berpergian ke daerah lain, misalnya saja seperto Bogor dan Bandung. Keuntungan menggunakan jalan tol juga sangat banyak, selain perjalanan yang ditempuh akan lebih cepat, menggunakan jalur bebas hambatan ini juga akan terhindar dari kemacetan.

Jalan tercepat untuk anda yang tinggal di Jakarta dan ingin mengunjungi kota Bogor, anda bisa menggunakan ruas tol Jakarta – Bogor atau yang lebih dikenal dengan jalan tol Jagorawi. Jalan tol Jagorawi ini merupakan jalan tol pertama yang ada di Indonesia dan dibawahi oleh PT Jasa Marga sejak tahun 1978.

tarif jalan rol jagorawi terbaru

Jalan Tol Jagorawi

Ruas jalan tol Jagorawi ini menghubungkan antara kota Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor hingga Ciawi dengan panjang sekitar 50 kilometer. Untuk anda yang ingin menggunakan ruas tol Jagorawi ini, anda harus membayar tarif tol Jagorawi melalui gerbang tol atau pintu masuk tol sesuai dengan golongan kendaraan yang anda gunakan.

Nah, maka dari itulah sebelum anda menggunakan ruas jalan tol Jagorawi ini sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu informasi tarif tol Jagorawi yang terbaru. Pada artikel ini, kami ‘avilorentcar.com’ ingin memberikan informasi tarif jalan tol Jagorawi untuk semua rute perjalanan beserta jenis golongan kendaraan apa saja yang diperbolehkan.

Ruas Jalan Tol Jagorawi

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf diatas, jalan tol Jagorawi (Jakarta – Bogor – Ciawi) ini memiliki panjang lebih kurang 50 kilometer. Jalan tol Jagorawi yang menghubungkan ibukota Jakarta dengan kota Bogor dan Ciawi ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1978. Hingga saat ini, jalan tol Jagorawi ini telah memiliki beberapa ruas, di antaranya adalah ruas tol dalam kota, jalan tol lingkar luar kota serta Bogor Ring Road.

Tarif Tol Jagorawi Untuk Semua Golongan

Seperti pada jalan tol lainnya, pengendara yang hendak menggunakan jalan tol Jagorawi juga harus membayar sesuai dengan tarif tol yang ditentukan. Tarif tol Jagorawi juga sangat bervariasi, tergantung pada golongan dan jenis kendaraan apa yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak daftar tarif tol Jagorawi untuk semua golongan kendaraan yang boleh melintasinya.

Tarif Tol Jagorawi Golongan I

Bagi anda yang menggunakan kendaraan golongan I ini anda akan dikenakan tarif Rp. 7.000 sekali jalan. Kendaraan yang termasuk dalam golongan I ini antara lain sedan, jip, truk kecil atau mobil pick up hingga bus.

Tarif Tol Jagorawi Golongan II

Pengendara yang akan menggunakan ruas jalan tol Jagorawi dengan kendaraan golongan II, akan dikenakan tarif tol sebesar Rp. 11.500 sekali jalan. Kendaraan yang termasuk dalam golongan II ini seperti truk dengan 2 gandar atau sumbu roda. Tarif tol ini berlaku untuk perjalanan dari Jakarta menuju Ciawi dan sebaliknya.

Tarif Tol Jagorawi Golongan III

Jika anda menggunakan kendaraan seperti truk dengan 3 gandar atau sumbu roda, tarif yang akan anda bayarkan untuk menggunakan ruas jalan tol Jagorawi sebesar Rp. 11.500. Tarif tol Jagorawi golongan III ini tidak jauh berbeda dengan tarif tol golongan II.

Tarif Tol Jagorawi Golongan IV

Sementara untuk tarif tol Jagorawi dengan kendaraan golongan IV ini lebih besar dibandingkan dengan kendaraan golongan I, II maupun golongan III. Untuk anda yang menggunakan ruas jalan tol Jagorawi menggunakan kendaraan golongan IV anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 16.000 untuk sekali jalan.

Tarif Tol Jagorawi Golongan V

Tarif yang ditetapkan untuk kendaraan golongan V ini juga tidak jauh berbeda dengan kendaraan golongan IV. Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 16.000 jika melewati ruas jalan tol Jagorawi menggunakan truk dengan 5 gandar atau sumbu roda.

Cara Membayar Tol Jagorawi

Cara Membayar Tol Jagorawi

Tarif tol Jagorawi yang ditetapkan oleh pemerintah ini merupakan tarif tol yang paling rendah dibandingkan dengan jalan tol lainnya. Jalan tol Jagorawi menggunakan sistem pembayaran gerbang tol terbuka. Dimana pengendara yang melewati tol Jagorawi hanya perlu membayar tarif tol di gardu tol pertama pada saat masuk ruas jalan tol Jagorawi. Selain itu, di era yang semakin canggih ini, masyarakat yang hendak membayar untuk melewati ruas jalan tol cukup dengan menggunakan kartu uang elektronik atau e-toll.

Bagi anda yang belum memiliki kartu uang elektronik atau e-toll, anda bisa membelinya di beberapa merchant atau minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Atau anda juga bisa mendapatkan kartu tersebut di beberapa pihak perbankan seperti Bank Mandiri, BRI, BTN, BCA maupun BNI. Jika anda kehabisan saldo, anda bisa mengisinya melalui minimarket tersebut ataupun melalui ATM sesuai nama bank yang tertera pada kartu e-toll anda.

tarif tol jagorawi 2021

Rest Area Ruas Jalan Tol Jagorawi

Jangan khawatir apabila anda merasa kelelahan saat melalui jalan tol Jagorawi. Jalan tol yang memiliki panjang lebih kurang 50 kilometer ini tersedia ret area di beberapa titik yang bisa digunakan pengendara untuk beristirahat. Di rest area tol Jagorawi ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas umum seperti SPBU, Masjid/Mushola, Kuliner, Minimarket, Toilet dan tempat parkir yang cukup luas.

Nah, dibawah ini adalah 5 titik rest area yang bisa kalian gunakan untuk beristirahat ketika anda menggunakan jalan tol Jakarta, Bogor, Ciawi.

  • Rest area Cibubur Square di KM 10.
  • Rest area Sentul di KM 35.
  • Rest area Ciawi di KM 45.
  • Rest area Bogor di KM 38.
  • Rest area Gunung Putri di KM 21.

Peta Jalan Tol Jagorawi

Sebagian ruas jalan tol Jagorawi ini memiliki kondisi jalan yang lurus dan panjang. Maka dari itulah, pastikan anda selalu berhati-hati dan menaati semua rambu-rambu lalu lintas yang ada. Apabila pada saat anda berkendara dan merasa kelelahan atau mengantuk, sebaiknya anda bersistirahat terlebih dahulu di rest area yang sudah tersedia. Hal ini sangat berguna untuk kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara di jalan bebas hambatan.

Nah, itulah informasi tarif tol Jagorawi 2021 terbaru menurut jenis golongan kendaraan yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda untuk memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan ketika hendak menggunakan ruas jalan tol Jakarta – Bogor – Ciawi maupun sebaliknya.