Stonehange Jogja

stonehange jogja

Sejarah Tentang Stonehange Merapi Jogja

Wisata Stonehange Jogja yang baru ini bisa kami temui di daerah Merapi, tepatnya di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman kamu bakal menemui replika Stonehenge yang merupakan peninggalan jaman prasejarah berupa susunan batu-batu besar yang aslinya terletak di Inggris. Bentuk dan susunan batu di Stonehenge Cangkringan, Sleman ini mirip dengan aslinya, lengkap dengan alas rumput hijaunya. Masuk dan duduk di bagian dalam lingkaran tersebut akan jadi pengalaman yang berbeda. Kita tidak akan sulit menemukan angle yang bagus untuk berfoto, karena bangunan ini memang unik.

Bangunan ini hingga sekarang masih cukup fenomenal dan membuat banyak orang mengunjungi kawasan wisata tersebut. Namun, jika kamu ingin melihat dari dekat monumen tersebut tidak perlu jauh-jauh datang ke Inggris. Cukup mengunjungi Yogyakarta, maka kamu akan menemukan Stonehenge Jogja. Atau dengan kata lain, kini Jogja sudah mempunyai replika yang dibuat sangat mirip dengan yang aslinya.

Stonehenge merapi sendiri adalah sebuah replika yang sengaja dibuat untuk memfasilitasi para pengunjung yang ingin melihat lebih dekat tentang bangunan bersejarah ala Inggris tersebut. Jika dilihat berdasarkan sejarah, spot ini sengaja dibuat untuk menyempurnakan beberapa bangunan yang akan masuk ke dalam objek wisata dengan tema “The Lost World Castle”.

Stonehenge Merapi berada di ketinggian sekitar 850 – 900 MDPL. Hadirnya objek wisata ini, berawal dari keprihatinan pasca erupsi merapi pada tahun 2010 silam. Desa dimana wisata ini berada, menjadi salah satu dusun yang terkena muntahan lava gunung berapi. Karena bencana inilah seluruh penghuni dusun kehilangan mata pencahariannya. Untuk mengembalikan perekonomian warga, maka dibuatlah objek wisata dengan tema The Lost World Castle.

Perlu kamu ketahui, batuan yang digunakan untuk membuat Stonehenge bukan dari batu sembarangan. Batuan yang digunakan adalah batuan sisa hasil muntahan lava. Hal tersebutlah yang membuat batuan disini tampak semakin unik dan kokoh. Untuk desain, kawasan wisata ini dibuat semirip mungkin dengan Stonehenge asli di negara asalnya yaitu Inggris.

Disini kamu dapat menikmati desain arsitektur yang keren dan megah serta menjadikan objek batu tersebut sebagai background foto. Ada beberapa ide foto yang dapat kamu pilih untuk kemudian diabadikan. Beberapa wisatawan juga menjadikan tempat ini sebagai lokasi pemotretan prewedding mereka. Alhasil foto mereka pun tampak unik dan mengesankan.

Beberapa hal yang perlu Kamu ketahui agar liburanmu tetap berkesan dan tidak membosankan, diantaranya adalah:

  • Berkunjung di pagi hari/sore hari agar terhindar dari terik panas matahari.
  • Usahakan datang selain hari libur atau weekend agar terhindar dari antrian panjang untuk berfoto.
  • Siapkan kamera andalan agar hasil fotografi lebih maksimal.

Pastinya sangat menyenangkan jika kamu bisa berkunjung ke Stonehenge Jogja ini. Selain dapat mempelajari dan melihat lebih dekat tentang salah satu keajaiban arsitektur yang ada, walaupun cuma replika. Di Tempat ini, kamu juga dapat mengabadikan berbagai momen indah, sebagai kenangan, baik bersama pasangan atau bersama keluarga tercinta.

Berapa tiket masuk di Stonehenge Jogja?

  • Tiket masuk: Rp.10.000
  • Foto Pre wed: Rp.150.000
  • Parkir motor: Rp.2.000
  • Parkir mobil: Rp.5.000

Kapan waktu buka Stonehenge Jogja?

  • Setiap hari pukul : 07.00-18.00 WIB

Apa saja fasilitas umum di Stonehenge Jogja?

  • Spot foto dengan latar stonehenge
  • Parkir
  • Toilet

Catatan yang perlu diperhatikan:

Pastikan kondisi baterai smartphone mu penuh, karena banyak tempat spot foto yang menarik untuk diabadikan. Pakai sepatu flat, jangan memakai highheels

Comments For Review or Question...

avatar
  Subscribe  
Notify of