Service AC Jogja 24 Jam

AC anda trouble? Butuh jasa tukang service AC Jogja?

Sudah mencari  jasa service AC Yogyakarta di beberapa website namun tidak ada yang cocok? Saatnya anda berhenti mencari karena anda sudah berada di website yang tepat…

Service AC Jogja 24 Jam – Kami siap melayani dalam menangani AC anda yang trouble, AC rusak, AC tidak dingin, AC bocor serta service AC. Semua orang yang menggunakan AC tentunya menginginkan suhu ruangan yang adem, nyaman & tidak terasa hawa panasnya. Biasanya mereka memasang AC di kamar tidur & ruangan-ruangan tertentu untuk mendapatlkan suhu yang menurut mereka nyaman. Saat ini AC bukanlah barang yang mahal untuk di beli, bahkan setiap orang saat ini tergolong mampu membeli AC untuk dipasang di rumahnya.

AC sangat penting bagi mereka yang benar-benar menginginkan kenyamanan di dalam ruangan. Dengan menggunakan AC, maka hawa panas pun bisa berkurang dan kita tentunya akan merasa nyaman. Nah, sering kali kita menemui berbagai macam trouble / kerusakan pada AC yang kita sendiri tidak mengetahui bagaimana cara memperbaikinya. Maka dari itu, layanan Service AC Jogja 24 jam ini kami buat untuk mempermudah anda dalam mencari jasa Service AC di Yogyakarta.

Sebelum kita lanjut untuk daftar harga service AC Jogja kami, mari kita simak!

 

Pengertian AC “Air Conditioner”

Fungsi dan Pengertian AC Split – Air Conditioner (AC) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengondisikan udara. Bisa dikatakan bahwa AC adalah alat yang berfungsi sebagai penyejuk udara. Penggunaan AC dimaksudkan untuk memperoleh temperatur udara yang diinginkan (sejuk atau dingin) dan nyaman bagi tubuh. Tidak hanya membuat udara menjadi lebih sejuk, tetapi AC juga dapat meningkatkan kualitas udara dan dapat mengurangi gejala asma dan alergi. AC sangat banyak digunakan pada wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas), seperti di Indonesia. AC bisa digolongkan pada barang mewah karena harganya yang cukup mahal dan daya listrik yang dibutuhkan cukup besar. Namun, bagi sebagian orang hal ini sudah tidak lagi termasuk barang mewah karena manfaatnya untuk mengatur siklus dan temperatur udara yang memberi efek pada kenyamanan tubuh.

Dalam penggunaannya, AC tidak hanya menyejukkan atau mendinginkan udara, tetapi bisa juga mengatur kebersihan dan kelembapan udara di dalam ruangan sehingga tercipta kondisi udara yang berkualitas, sehat, dan nyaman bagi tubuh.

1. TEMPERATUR NYAMAN PADA PENGERTIAN AC

  • Untuk membuat temperatur dalam ruangan menjadi nyaman dan sejuk seperti yang diinginkan, sebisa mungkin temperatur udara diatur atau dikondisikan terlebih dahulu. Proses mendinginkan atau menurunkan temperatur udara perlu dilakukan ketika temperatur udara di dalam dan luar ruangan tinggi (panas). Sebaliknya, proses memanaskan atau menaikkan temperatur udara dilakukan ketika temperatur di dalam dan luar ruangan sangat rendah (dingin), seperti kondisi bersalju di daerah yang memiliki empat musim.

Tubuh manusia sebenarnya memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Di lingkungan yang dingin, saluran darah dan pori-pori kulit mengerut. Hal itu berfungsi agar panas atau kalori tubuh tetap terjaga. Akibatnya, permukaan kulit akan menjadi lebih dingin. Sebaliknya dalam kondisi lingkungan yang panas, saluran darah dan pori-pori kulit akan mengembang agar panas bisa dengan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Akibatnya, permukaan kulit cenderung basah karena keringat sebagai proses penguapan untuk menjaga suhu tubuh. Kesimpulannya adalah pada dasarnya tubuh manusia sanggup mempertahankan kondisi tubuh dalam berbagai keadaan. Namun, tentunya setiap manusia memiliki batasan yang berbeda untuk beradaptasi dan mengkondisikan suhu tubuh ketika temperatur disekelilingnya berubah secara tiba-tiba.

2. KELEMBAPAN UDARA PADA PENGERTIAN AC
Pada temperatur udara yang panas, mendinginkan udara saja belum cukup untuk mendapatkan hawa sejuk ketika kelembapan udara ruangan masih tinggi. Pada tingkat kelembapan yang rendah, cenderung membuat tubuh terasa lebih sejuk dan nyaman karena keringat akan mudah terangkat dari pori-pori kulit. Pada Ruang ber-AC, semakin dingin suhu ruangan, berarti semakin banyak uap air yang dikeluarkan dari ruangan. Seperti pada saat pengaturan temperatur AC terlalu dingin, maka meakibatkan kelembapan udara ruangan menjadi rendah di tambah lagi dengan penggunaan AC selama berjam-jam. Jika kondisi ini dibiarkan, kelembapan ruangan akan semakin rendah atau melewai batas kritis. Hal ini juga dapat menyebabkan efek kekeringan pada kulit. Akibatnya, seringkali tubuh merasakan ketidaknyamanan, seperti pegal-pegal atau pusing.

Untuk melakukan antisipasi menjaga kelembapan udara adalah dengan meletakkan handuk basah atau segelas air di dalam ruangan ber-AC. Cara seperti ini bisa mempertahankan dan menjaga kelembapan udara ruangan.

3. UDARA BERSIH PADA PENGERTIAN AC
Pada setiap unit AC, biasanya dilengkapi dengan filter udara yang terpasang pada bagian evaporator (indoor). Filter tersebut berguna untuk menyaring udara kotor di dalam ruangan. Untuk itu, unit AC memerlukan pembersihan yang benar dan secara berkala baik pada komponen filter maupun evaporatornya. Ini diperlukan agar kesejukan dan kebersihan udara di dalam ruangan tetap terjaga dan agar tidak menimbulkan resiko buruk bagi kesehatan.

 

 

Apa yang biasanya terjadi jika AC mati? Bisa bermacam – macam. Mulai dari kenyamanan yang terganggu hingga peralatan yang butuh pendinginan rusak.  Jika AC kantor mati, maka kita bisa tidak nyaman bekerja. Hal semacam ini bisa mempengaruhi produktifitas kita. Pekerjaan yang biasanya selesai dalam 2 jam dengan ketelitian tinggi bisa berubah menjadi 2,5 jam. Tetapi, jangan khawatir, kami dari jasa servis AC yogyakarta siap memperbaiki AC Anda secara profesional. Kerugian kerusakan AC memang tidak terlihat langsung. Dalam jangka pendek, kita menjadi tidak nyaman. Tetapi dalam jangka waktu lama, dipastikan kita akan tertanggu dan menurunkan produktifitas. Kemudian, jika kita memiliki peralatan yang perlu pendinginan, maka peralatan tersebut bisa terganggu. Bayangkan sebuah lab komputer tanpa pendinginan yang memadai. Jelas komputer didalamnya akan cepat rusak. Padahal, komputer dan peralatan lainnya adalah investasi yang lumayan mahal juga nilainya. Sebuah ruangan untuk server apalagi. Ruangan ini terkadang suhunya bisa dibawah 10 derajat celcius. Sangat dingin dan jika AC rusak, maka deretan server yang mahal itu bisa rusak. AC mungkin terlihat sepele, tetapi jika tidak ada, maka dampaknya bisa lumayan juga. Untuk AC kendaraan, bayangkan jika freon habis. Kita bisa kepanasan saat jalan macet. Jika hujan, dipastikan jendela akan berembun dan mengganggu pemandangan. Dengan serangkaian dampak yang tidak menyenangkan, maka AC yang terawat adalah AC yang akan mampu menjaga investasi kita yang lain.

Lakukan perawatan AC secara teratur
Selain untuk ruangan dengan ketinggian maksimal 3 meter, rumus diatas juga hanya berlaku untuk pendinginan ruangan dalam 1 jam. Jika kita berharap ruangan lebih cepat dingin daripada 1 jam, silahkan menggunakan AC yang lebih besar atau 2 AC sekaligus.

Perhitungan diatas juga tidak memasukkan faktor berapa orang didalam ruangan. Atau, apakah ruangan tersebut sering dibuka tutup pintunya.

Jika material bangunan berbeda, atap dak beton cor, ruangan berisi dua orang atau faktor lain, perhitungan menjadi sangat berbeda.

Jika kamar kita selalu kena panas matahari, maka kebutuhan AC juga menjadi berbeda.

Memaksa AC untuk bekerja mendinginkan ruangan secara maksimal hanya berakibat listrik menjadi boros serta kipas yang cepat kepanasan. Jika sudah demikian, maka AC hanya cepat menjadi rusak. Diperbaikipun akan cepat rusak lagi karena memang setiap saat AC harus bekerja maksimal.

Jadi, untuk investasi yang nyaman dan awet, selalu gunakan AC sesuai petunjuk di manual yang ada. Kemudian, lakukan perawatan AC secara teratur kepada kami, di jasa service AC di Jogja.

Keterangan Harga

  • Biaya Service AC diatas sewaktu-waktu dapat berubah
  • Biaya bongkar pasang AC diatas adalah biaya bongkar pasang standart.
  • Teknisi kami tidak diperkenankan menjual speare part secara langsung
  • Standar Biaya (OTR) service/perbaikan untuk lokasi kota Jogja dan sekitarnya.

 

Terimakasih kepada anda yang sudah mempercayakan jasa service AC Jogja murah 24 Jam kepada kami. Kami akan terus mencoba menjadi yang terbaik & siap untuk membantu kapanpun di wilayah Jogja.

 

Service AC Secara Rutin

 AC sebaiknya dirawat secara rutin setiap bulan. Kita perlu membersihkan filter secara rutin. Filter yang bersih akan meningkatkan efisiensi AC. Hasilnya adalah penggunaan listrik  yang lebih irit serta AC yang lebih awet.

Kemudian, kami juga memiliki tips, jika membeli AC, jangan membeli yang terlalu kecil. Sesuaikan dengan ruangan kita. AC yang terlalu kecil akan cepat rusak karena kapasitas pendinginan juga terbatas. Jika ruangan terlalu besar, AC akan dipaksa bekerja maksimal setiap waktu sehingga cepat rusak.

Untuk mencari ukuran ruangan yang pas, bisa dihitung dengan rumus sebagai berikut:

Nilai BTU ruangan = panjang ruangan X lebar ruangan x 500.  Disini, ketinggian ruangan maksimal 3 meter.

Misal, untuk ruangan berukuran 3 x 3 meter, dibutuhkan  3 X 3 X 500 = 4.500 BTU Dengan ukuran BTU 4.500, maka kita hanya perlu AC berkapasitas ½ PK saja untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Tips Membeli AC yang kondisinya Bagus

Kemudian, kami juga memiliki tips, jika membeli AC, jangan membeli yang terlalu kecil. Sesuaikan dengan ruangan kita. AC yang terlalu kecil akan cepat rusak karena kapasitas pendinginan juga terbatas. Jika ruangan terlalu besar, AC akan dipaksa bekerja maksimal setiap waktu sehingga cepat rusak.

Untuk mencari ukuran ruangan yang pas, bisa dihitung dengan rumus sebagai berikut:

Nilai BTU ruangan = panjang ruangan X lebar ruangan x 500.  Disini, ketinggian ruangan maksimal 3 meter.

Misal, untuk ruangan berukuran 3 x 3 meter, dibutuhkan  3 X 3 X 500 = 4.500 BTU Dengan ukuran BTU 4.500, maka kita hanya perlu AC berkapasitas ½ PK saja untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Lakukan perawatan AC secara teratur

Selain untuk ruangan dengan ketinggian maksimal 3 meter, rumus diatas juga hanya berlaku untuk pendinginan ruangan dalam 1 jam. Jika kita berharap ruangan lebih cepat dingin daripada 1 jam, silahkan menggunakan AC yang lebih besar atau 2 AC sekaligus.

Perhitungan diatas juga tidak memasukkan faktor berapa orang didalam ruangan. Atau, apakah ruangan tersebut sering dibuka tutup pintunya.

Jika material bangunan berbeda, atap dak beton cor, ruangan berisi dua orang atau faktor lain, perhitungan menjadi sangat berbeda.

Jika kamar kita selalu kena panas matahari, maka kebutuhan AC juga menjadi berbeda.

Memaksa AC untuk bekerja mendinginkan ruangan secara maksimal hanya berakibat listrik menjadi boros serta kipas yang cepat kepanasan. Jika sudah demikian, maka AC hanya cepat menjadi rusak. Diperbaikipun akan cepat rusak lagi karena memang setiap saat AC harus bekerja maksimal.

You cannot copy content of this page