Serang Banten, Pusat Perdagangan Terkemuka di Asia Tenggara

serang banten

Serang merupakan ibu kota Provinsi Banten. Kota ini merupakan daerah otonom hasil pemekaran dari Kabupaten Serang ketika Banten masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Selain menjadi pusat pemerintahan provinsi dan pusat aktivitas bisnis, Serang juga merupakan gerbang ke beberapa destinasi wisata menakjubkan di Banten, seperti Taman Nasional Ujung Kulon, Resort Tanjung Lesung, Pantai Sawarna, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Serang juga merupakan tempat Kesultanan Islam Banten yang dulu pernah berjaya dan menjadi pusat perdagangan terkemuka di Asia Tenggara. Kemegahan masa lalu Serang masih terpancar di situs kota lama di Kawasan Banten Lama.

Berbicara mengenai situs kota lama, Pendopo Gubernur Banten merupakan contoh arsitektur peninggalan kolonial yang otentik dan masih dilestarikan hingga saat ini. Tempat bersejarah lainnya adalah Pelabuhan Karangantu yang dulunya menjadi tempat lalu lalang kapal dagang dari China, Arab, Turki, dan negara lainnya. Meskipun pelabuhannya telah dialihfungsikan menjadi kota nelayan, namun pelabuhan ini masih digunakan untuk tujuan wisata. Alasannya, pelabuhan ini adalah ‘pintu masuk’ ke pulau-pulau di lepas pantai Banten yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Pantai-pantainya pas deh pokoknya buat Sobat Pesona yang ingin memancing, atau melakukan olahraga air seperti snorkeling maupun diving.

Akses Menuju Serang

Berlokasi sekitar 90 km sebelah barat dari ibu kota Jakarta, Serang dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 2 jam melalui jalan tol Jakarta-Merak. Sobat Pesona dapat menggunakan bus umum dari Terminal Bus Kalideres, Jakarta, atau menggunakan kereta api dari Stasiun Kereta Tanah Abang dan Stasiun Kereta Jakarta Kota menuju Stasiun Serang. Rutenya di antaranya adalah Serang Banten Express dari Stasiun Jakarta Kota, Patas Merak dari Stasiun Tanah Abang, dan Kereta Kalimaya juga dari Stasiun Tanah Abang. Atau, Sobat Pesona juga bisa menyewa kendaraan agar perjalanan lebih nyaman.