Rumah Makan di Jogja

Rumah Makan di Jogja murah & enak. Tersedia berbagai menu: Bakar & Goreng.

RM. Ma’Pinah Cab. Yogyakarta

rumah makan di jogja, tempat makan di jogja, warung makan di jogja

Rumah Makan di Jogja – Di Yogyakarta mungkin cukup banyak tempat makan yang menjual masakan khas Sunda, tetapi jika ingin mencicipi kuliner Sunda ala Pantura, mungkin hanya rumah makan Ma’Pinah tempatnya. Rumah makan Sunda yang satu ini berada di jalan Imogiri Barat km. 6 Ngoto, Bantul. Di sana anda akan menemukan sejumlah menu khas Sunda daerah Pantura, karena awal mulanya Ma’Pinah berdiri di kabupaten Subang, Jawa Barat. Sebagai daerah pesisir, daerah tersebut terkenal dengan beragam olahan hasil laut. Maka saat mengunjungi Ma’Pinah anda akan dimanjakan dengan beragam olahan ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar, dan seafood.

Rumah makan ini terkenal dengan olahan ikan bakarnya, dan salah satu menu andalannya adalah ikan etong bakar.

Ikan laut jenis ini sangat banyak di kawasan pesisir utara Pulau Jawa. Meskipun saat ini menjadi menu andalan di Ma’Pinah dan cukup populer di kawasan Pantura, tetapi dulunya ikan ini adalah ikan buangan dan jarang diolah karena kulitnya yang sangat keras. Tetapi di balik kulitnya yang keras, daging ikan ini cukup lembut dan gurih, terlebih jika diolah dengan cara dibakar menggunakan bumbu racikan rumah makan Ma’Pinah. Cara mengolah ikan dengan cara dibakar memang lumrah dilakukan, tetapi cara membakar ikan di Ma’Pinah berbeda dengan kebanyakan rumah makan lainnya yang ada di Yogyakarta.

Jika di kebanyakan tempat makan, ikan digoreng dahulu sebelum dibakar, maka ditempat kami ikan segar yang sebelumnya telah dibersihkan kemudian dibakar.

rumah makan di jogja, tempat makan di jogja, warung makan di jogjarumah makan di jogja, tempat makan di jogja, warung makan di jogja

Tidak hanya cara bakaranya yang spesial, ikanya pun dibumbui hingga tiga kali agar rasanya benar-benar mantap. Sebelum dibakar, ikan direndam terlebih dahulu di dalam bumbu yang terbuat dari perasan jeruk nipis, garam, jahe, dan timun yang dicincang. Perendaman ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis. Setelah direndam, ikan kemudian dibakar. Jika ikan telah setengah matang kemudian diolesi dengan bumbu kuning.

Saat hampir matang, ikan kembali diolesi dengan bumbu, baik dengan bumbu manis, madu, maupun pedas, sesuai dengan selera pembeli.

rumah makan di jogja, tempat makan di jogja, warung makan di jogja

Cara mengolah ini menghasilkan ikan etong bakar bercitarasa gurih, bumbunya benar-benar meresap kedalam daging, dan citarasa khas ikan laut yang masih terasa. Karena terkenal ikan bakarnya, maka rumah makan Ma’Pinah juga menyediakan beragam jenis ikan lainnya, seperti kakap, bawal laut, gurameh, nila, dan lele. Semua jenis ikan ini proses pembakarannya sama dengan ikan etong bakar. Selain olahan ikan bakar, pengunjung juga akan dimanjakan dengan menu andalan lainnya, seperti sop gurameh. Satu porsi hidangan ini berisikan ikan gurameh yang dimasak bersama potongan tahu kuning, dan beberapa jenis sayuran. Rasa ikan gurameh yang lembut dan gurih berpadu pas dengan kuah sop yang kuat akan bumbu rempahnya.

Di Ma’Pinah Restaurant juga menyediakan beragam seafood mulai dari beberapa jenis kerang, cumi, dan kepiting. Untuk cumi dan kerang biasanya di masak dengan bumbu saus padang, saus tiram, dan saus asam manis. Sedang untuk kepiting, yang menjadi andalannya adalah dimasak saus lada hitam. Sebagai pendamping beragam menu lezat tersebut, rumah makan Ma’Pinah memiliki minuman andalan, yakni Sop Buah Kelapa Mak Minah. Minuman yang satu ini terdiri dari beragam jenis buah-buahan seperti strawberry, alpukat, jambu, anggur, semangka, apel, buah naga. Minuman ini disajikan dalam tempurung kelapa muda lengkap dengan serutan kelapa mudanya yang kemudian diberi tambahan susu dan sirup.

Menyantap seluruh hidangan yang ada akan semakin nikmat karena didukung suasana rumah makan yang nyaman khas pedesaan. Ma’Pinah berada dipinggir aliran sungai dan memiliki sekitar 11 gazebo yang berdiri di atas kolam ikan. Udara yang sejuk dan suara aliran sungai akan membuat siapa saja betah berlama-lama di rumah makan yang buka dari jam 10.00 pagi hingga 22.00 WIB tersebut. Rumah makan ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasiltas seperti, area permaianan anak, musala, meeting room, serta live music setiap harinya. Untuk harga anda tidak usah khawatir, karena beragam makanan di Ma’Pinah cukup bersahabat mulai dari Rp. 7 ribu. Sedang untuk menu ikan bakar dapat anda nikmati mulai dari harga Rp.10 ribu.

Di RM. Ma’Pinah juga menyediakan paket komplit untuk lima orang mulai dari harga Rp.150 ribu dan pengunjung mendapatkan beragam menu andalan kami.