Pengusir Tikus di Mesin Mobil Paling Aman, Mudah dan Efektif

cara mengusir tikus di dalam mobil

Pengusir Tikus di Mesin Mobil – Hal yang paling menjengkelkan tentunya apabila di ruang mesin mobil menjadi tempat bersarangnya tikus. Ruang mesin mobil yang hangat, tentunya bisa menjadi tempat yang nyaman untuk tikus berlindung dari dinginnya cuaca malam. Jika ada tikus bersarang di ruang mesin mobil, sebaiknya anda sesegera mungkin membersihkannya karena hal ini bisa menjadi ancaman untuk mobil anda. Masalah yang terjadi jika tikus bersarang di mobil adalah tikus seringkali menggerogoti kabel-kabel mesin hingga putus dan ini adalah hal yang sangat berbahaya bagi performa mobil.

Adanya tikus di dalam mobil seringkali menjadi penyebab utama masalah pada kendaraan. Apalagi jika ada sisa-sisa makanan di area mesin mobil, tentu ini akan mengganggu kinerja mesin mobil. Tidak hanya menjengkelkan karena sering menggerogoti kabel-kabel pada mesin mobil saja, tikus yang hinggap di ruang mesin mobil biasanya akan meninggalkan kotoran dan kencing tikus sehingga menyebabkan bau yang menyengat.

Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil

Untuk mengantisipasi hal seperti ini, sebaiknya anda melakukan beberapa trik cara mengusir tikus dari dalam kap mobil. Beberapa cara mengusir tikus di dalam mobil yang bisa anda terapkan adalah sebagai berikut:

Panaskan Mesin Mobil Setiap Saat

  • Biasanya tikus lebih suka bersarang pada ruang mesin mobil yang jarang di gunakan. Salah satu cara mengusir tikus dari dalam kap mesin mobil yang paling mudah adalah dengan cara memanaskan mesin mobil secara rutin. Jika mobil anda tidak terlalu sering digunakan untuk berpergian, maka sebaiknya hal ini tetap anda lakukan walaupun hanya sebentar. Memanaskan mesin mobil juga tidak membutuhkan waktu yang lama, bisa anda panaskan selama 3.5 menit saja untuk mengantisipasi tikus tidak akan hinggap pada ruang mesin mobil anda.

Membuat Perangkap Tikus

  • Cara mengusir tikus dari dalam ruang mesin mobil selanjutnya adalah dengan cara memasang perangkap tikus di bawah mesin mobil anda. Perangkap tikus yang biasa digunakan adalah berupa penjepit ataupun dengan memasang lem tikus. Anda bisa menaruh sedikit makanan untuk memancing tikus ke dalam perangkap. Memasang perangkap tikus dengan memberi racun pada makanan sangat tidak dianjurkan karena anda tidak akan tahu dimana tikus tersebut akan mati dan membusuk.

Menjaga Kebersihan Ruang Mesin

  • Sebagai pemilik mobil, hal yang paling utama dan harus di perhatikan adalah selalu mengecek kebersihan ruang mesin mobil anda. Sudah menjadi suatu kewajiban bagi pemilik mobil untuk mengecek kebersihan dan melakukan pengecekan rutin pada mesin mobilnya. Pastikan ruang mesin mobil anda selalu bersih dan tidak ada sisa-sisa makanan atau kotoran. Tikus sangat senang dengan kondisi lingkungan yang kotor, sehingga dapat memancing tikus untuk datang lagi. Maka dari itu, sebaiknya anda selalu menjaga kebersihan ruang mesin mobil anda, dengan menjaga kebersihan ruang mesin, maka bisa dipastikan mobil anda terbebas dari gangguan tikus.

Memberi Aroma Anti Tikus

  • Cara mengusir tikus dari ruang mesin mobil selanjutnya adalah dengan memberikan aroma-aroma tidak sedap yang tidak di sukai tikus di sekitar mesin mobil anda. Ada beberapa aroma yang tidak di sukai oleh tikus yang banyak di jual di tko pembasmi hama. Tikus biasanya kurang suka dengan aroma pappermint, rambut kucing, rambut anjing ataupun yang lainnya. Anda bisa menempatkan aroma-aroma tersebut disekitar mesin mobil anda agar tikus tidak mendekat lagi. Cara lainnya adalah anda bisa memasukkan beberapa kapur barus di kap mesin mobil anda untuk menjaga tikus tidak masuk ke dalam kap mesin mobil.

Menutup Akses Masuk

  • Apabila mobil anda berada pada garasi yang tertutup, maka langkah yang bisa anda lakukan untuk mengusir tikus dari kap mesin mobil anda adalah dengan menutup akses masuk tikus ke garasi mobil anda. Pastikan bahwa pintu garasi mobil anda sudah tertutup rapat dan tidak ada celah untuk jalan tikus. Namun, jika garasi mobil anda ada pada ruang terbuka, langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menabur kapur barus di area ban mobil atau bawah mesin mobil. Bisa juga anda menyemprotkan pestisida pada sekitar ban mobil. Hal ini dilakukan karena biasanya tikus masuk ke ruang mesin mobil dengan cara merayap melalui ban mobil.

Gunakan Buah Mengkudu

  • Cara mengusir tikus dari dalam mesin mobil yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan buah mengkudu. Caranya adalah, buah mengkudu di iris kotak-kotak lalu masukkan beberapa potongan ke dalam mangkok. Letakkan mangkok yang berisi potongan buah mengkudu tersebut pada beberapa tempat yang sering di lalui oleh tikus atau di kolong mesin mobil anda. Biasanya, bau buah mengkudu ini akan membuat tikus enggan untuk mendekat.

Memelihara Jangkrik

  • Cara mengusir tikus dari dalam mobil selanjutnya adalah dengan memelihara jangkrik dan letakkan di sekitar garasi mobil anda. Tikus adalah hewan pengerat yang tidak menyukai suara jangkrik. Maka dari itu, anda bisa mencoba memelihara jangkrik dan meletakkannya di sekitar garasi atau mesin mobil anda. Dijamin tikus tidak akan datang lagi ke sekitar garasi atau ruang mesin mobil anda.

Menggunakan Lampu LED

  • Cara mengusir tikus dari mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan lampu led. Tikus dikenal sebagai hewan yang takut dan tidak menyukai tempat yang bercahaya. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan kelemahan yang dimiliki oleh tikus. Anda bisa menggunakan lampu LED berdaya rendah dan memasangnya di dalam kap mobil anda ketika malam hari atau pada saat mobil jarang digunakan. Hal tersebut berguna untuk mengusir tikus dari dalam mesin mobil anda.

Memasang Alat Ultrasonik

  • Cara mengusir tikus dari dalam mobil selanjutnya adalah dengan memasang alat suara ultrasonik yang berfrekuensi rendah dan dipasangkan disekitar mesin mobil atau garasi mobil anda. Alat ini mengeluarkan suara yang dapat mengganggu tikus apabila terdengar olehnya. Secara alamiah, tikus akan menjauhi sumber suara tersebut dan tidak akan kembali lagi. Langkah yang bisa kita lakukan adalah kita hanya perlu membeli alat elektronik pengusir tikus lalu hubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. Letakkan alat tersebut di dalam ruang mesin mobil dengan posisi yang aman dan jauh dari sumber panas. Anda juga bisa menghidupkannya pada malam hari saat mobil terparkir dan tidak digunakan. Namun hal yang perlu diingat, alat pengusir tikus ini bekerja menggunakan arus listrik sebagai sumberdayanya. Jadi pastikan kondisi aki mobil anda dalam keadaan yang prima dan berfungsi secara normal agar menghindari tekor pada aki mobil anda.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengusir tikus dari dalam ruang mesin mobil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca semua.

Source: https://www.merdeka.com/

Tinggalkan Balasan