Pasar Tradisional Paloh Naga, Lokasi Desa Wisata Kampoeng Lama

pasar tradisional paloh naga

Pasar Tradisional Paloh Naga (PTPN) – Salah satu pasar yang sedang viral dengan konsep tradisional ini berada di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Pasar ini berada pada jalur desa dan dikelilingi oleh sawah yang luas.

Pasar Tradisional Paloh Naga (PTPN)

Desas Wisata Kampoeng Lama mempunyai keindahan alam dan sawah berpetak dengan tanaman padi yang membentang luas. Pasar tradisional ini terletak di Denai Lama, Pantai Labu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Akses menuju Pasar Tradisional Paloh Naga juga tidaklah sulit dan mudah untuk di jangkau. Apabila dilihat dari letak geografisnya, Pasar Tradisional Paloh Naga ini letaknya tidak jauh dari Bandara Kualanamu, mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 90 menit saja dari Kota Medan, Sumatera Utara.

Keindahan sawah-sawah dengan tanaman padi yang hijau pada musimnya, menjadikan daya tarik tersendiri bagi desa ini. Tentunya, wisata alam dengan pemandangan persawahan yang begitu menawan akan menjadi tempat hunting foto yang menarik bagi para pengunjung.

pasar tradisional paloh naga

Selain bisa menikmati keindahan alam yang ada di Desa Wisata Kampoeng Lama ini para penunjung pasar juga bisa menikmati pertunjukan tari tradisional, sendratari serta musik tradisional yang di perankan oleh masyarakat setempat. Pada hari Sabtu dan Minggu, para pengunujung yang datang akan ditawarkan untuk sarapan pagi di tengah sawah, tepatnya di Agrowisata Paloh Naga. Biaya masuk untuk kawasan ini, para pengunjung cukup mengeluarkan uang 5rb rupiah saja.

Terdapat banyak sekali makanan dan minuman tradisional tempo doloe yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, jajanan yang di suguhkan antara lain Sawot Ubi, Grontol Jagung, Ambuyat, Lapek Bugih, Bubur Pedas Khas Melayu dan berbagai macam makanan tradisional lainnya. Yang menjadikan pasar ini berbeda dengan lainnya adalah cara pembayaran yaitu dengan menggunakan kepingan kayu yang sudah ditukar dengan uang. Keping kayu ini dinamakan Kepeng, satu kepeng senilai 2rb rupiah. Pasar Tradisional Paloh Naga ini buka setiap hari Sabtu dan Minggu pada pukul 06.00 – 11.00 WIB.

Desa Wisata Kampoeng Lama ini juga menyediakan beberapa paket wisata bagi para wisatawan yang datang bersama keluarga. Di dalam paket wisata yang ditawarkan terdapat beberapa lokasi utama yang akan di kunjungi seperti pasar tradisional, tangkap padi, tangkap ikan, family games, makan pagi dan makan siang hingga berkeliling kampung. Biaya yang harus dikeluarkan untuk paket wisata di Desa Wisata Kampoeng Lama ini adalah 160rb rupiah per orang.

Desa Wisata Kampoeng lama juga memiliki paket wisata buat traveler yang datang bersama keluarga. Di dalamnya terdiri dari mengunjungi pasar tradisional, tangkap padi, tangkap ikan, families games, makan pagi dan makan siang dan juga keliling kampung. Harga per orangnya mulai dari Rp 160.000. Untuk Desa Wisata Kampoeng Lama sendiri akan buka setiap hari pada mulai Senin – Minggu pada pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Nah, bagi anda yang masih bingung harus menghabiskan liburan akhir pekan dimana, anda bisa memilih Desa Wisata Kampoeng Lama dan Pasar Tradisional Paloh Naga. Pasti liburan anda akan semakin seru dan berkesan.

Tinggalkan Balasan