Pantai Parangtritis Berada di Sebelah Selatan Kota Yogyakarta

Pantai Parangtritis – Salah satu pantai yang terkenal di Yogyakarta maupun di Pulau Jawa dalah Pantai Parangtritis. Pantai ini benar-benar menarik dan wajib anda kunjungi ketika anda berada di Yogyakarta. Pantai Parangtritis berada di sebelah selatan Kota Yogyakarta sekitar 28 Km dari pusat kota tepatnya di daerah Kretek, Bantul. Kaindahan Pantai Parangtritis adalah ombaknya yang besar serta hamparan pasir besi yang memperkuat keindahannya. Di sebelah timur pantai terdapat perbukitan yang menjulang ke pantai dan ini menjadikan pemandangan yang berbeda dari kawasan wisata pantai lainnya.

Pantai Parangtritis

Ombak yang besar di pantai ini memang terlihat sangat indah. Pengunjung yang datang tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai. Namun masih ada yang berenang, jika anda ingin bermain air di Pantai Parangtritis, sebaiknya perhatikan keamanan anda dan jangan bermain terlalu menengah.

Keindahan pantai Parangtritis menjadi daya tarik wisatawan baik dari dalam kota maupun luar Kota Yogyakarta. Disamping pemandangannya yang indah, disini juga terdapat berbagai pelengkap pariwisata yang membuat anak-anak maupun orang dewasa betah berada di lokasi ini. Seperti halnya Andong, salah kendaraan ya bisa di sewa di Pantai Parangtritis untuk melihat-lihat seputaran pantai. Andong biasanya di sewa dengan harga Rp. 75.000 sekali naik dan bisa di pakai untuk 3 orang. Ada juga ATV dengan harga sewa mulai dari Rp. 50.000 sekali pakai selama 30 menit. Jika anda suka bermain layang-layang, atau untuk menghibur anak anda, di pantai ini juga menawarkan layang-layang untuk bisa anda beli dengan harga sekitar Rp. 20.000 per biji.

Pantai Parangtritis memang mempunyai keindahan yang luar biasa. Pantai ini memang benar-benar nyaman apalagi untuk anda yang sedang berpacaran atau bernostalgia dengan keluarga. Pantai ini memberikan suasana yang tenang bagi siapa saja yang mengunjunginya walaupun terdengar suara ombak yang bergemuruh. Anda yang mengunjungi Pantai Parangtritis bisa berjalan-jalan di tepi pantai sembari mengobrol, juga sangat indah untuk mengambil foto, menikmati pasir dan sapuan ombak air laut.

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang di kelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Di pantai ini pula terdapat sarana dan prasarana yang mencakup seperti fasilitas penginapan ataupun pasar souvenir dan ini semua dikelola dengan baik oleh masyarakat di kawasan Parangtritis. Jika anda berkunjung di kawasan Pantai Parangtritis ini, anda akan bisa melihat banyaknya penginapan dan penjual pakaian sebelum memasuki kawasan pantai.

Di Pantai Parangtritis juga terdapat beberapa penjaja kuliner yang berada di pinggir-pinggir jalan menuju ke kawasan pantai. Jika anda ingin mencicipi kuliner ikan laut, anda bisa mengunjungi Pantai Depok yang jaraknya hanya sekitar 7 menit dari kawasan Pantai Parangtritis.

Di area Parangtritis ini juga terdapat beberapa lokasi lainnya yang bisa anda kunjungi. Seperti halnya pemandian air panas Parangwedang yang berjarak hanya sekitar 2 menit dari kawasan pantai. Pantai Parangkusumo yang berada di sebelah barat kawasan Pantai Parangtritis, Bukit Paralayang dan Gumuk Pasir.

Mengunjungi Pantai Parangtritis tentunya harus memilih waktu yang tepat. avilorentcar.com yang menyediakan jasa rental mobil Jogja akan memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin mengunjungi kawasan wisata Pantai Parangtritis.

Waktu yang terbaik untuk mengunjungi wisata Pantai Parangtritis adalah pada pagi atau sore hari. Jika anda berkunjungi di pagi hari, sebaiknya anda berkunjung sehabis sholat subuh untuk berolahraga dan merasakan kesejukan serta manfaat udara pantai di pagi hari. Di Pantai Parangtritis juga cocok untuk berlari-lari di sepanjang tepian pantai. Sembari menunggu matahari terbit, anda bisa mencicipi kuliner di Parangtritis yaitu bubur ndeso. Berkunjung di Pantai Parangtritis pada pagi hari banyak di lakukan oleh orang-orang yang mempunyai penyakit paru-paru atau pernafasan.

Tidak kalah menariknya berkunjung di Pantai Parangtritis pada sore hari. Untuk anda yang datang dari luar kota, silahkan berangkat dari pusat Kota Yogyakarta pada pukul 3 sore. Membutuhkan perjalanan 60 menit atau lebih dari pusat kota Yogyakarta. Menikmati sunset di Pantai Parangtritis apalagi bersama kekasih tercinta tentu akan menjadikan moment yang tak terlupakan. Sembari menunggu matahari tenggelam anda bisa bermain air dan mencicipi kuliner Parangtritis seperti jagung bakar atau meminum kelapa muda pastinya akan menjadikan suasana mengobrol anda menjadi lebih nyaman. Jika anda tidak membawa teman atau tidak dengan rombongan anda, anda tidak perlu khawatir karena kemanan di pantai ini benar-benar di jaga. Untuk anda yang malas kembali ke kota, anda bisa menyewa losmen dengan harga terjangkau di kawasan pantai ini.

Nah itulah ulasan yang dapat kami berikan tentang Pantai Parangtritis. Semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin berlibur di Yogyakarta bersama keluarga atau rombongan anda. Jika anda membutuhkan jasa sewa mobil dengan pemandu wisata, anda bisa menghubungi layanan kami.

Leave a Reply

You cannot copy content of this page