Museum Batik

museum batik jogja, museum batik yogyakarta, museum batik
Museum Batik

Museum Batik menempati duabangunan. Bangunan pertama berisi koleksi kain, selendang, semekan(kain kemben), destar (kain penutup kepla/blankon), surjan (baju atasan), dan lonthong (semacam ikat pinggang berukuran besar)milik keluarga kerajaan. Sebagian besar koleksi batik di museum ini, bermotifparang. Konon, motif batik parang merupakan motif khas keluuarga KeratonYogyakarta. Museum ini juga menyimpan busana harian Sultan Hamengkubuwana IXyang bermotif Parang Rusak Cohong dan destar motif Parang Kestubo.

museum batik jogja
Belajar Membatik

Tentang Batik

Selain berkonsentrasi pada koleksi, Museum Batik Yogyakarta juga mengembangkan klinik perawatan dan konservasi batik yang merekam jejak langkah proses batik dan ragam motifnya. Ragam motif yang dimiliki oleh Museum Batik Yogyakarta adalah Jawa Tengahan (Yogyakarta dan Solo), pasisiran (Semarang, Demak, Pekalongan dan Kedungwuni, Cirebon dan Lasem), Madura, mBayat-Klaten, Kebumen, Kulon Progo, Imogiri, dan beberapa daerah lainnya. Sejarah batik, kurang lebih seperti yang dilansir oleh Wikipedia [link], menjelaskan bagaimana rentang waktu dapat membuat corak dan motif batik menjadi berkembang. Batik selalu lekat dengan filosofi yang reflektif dalam dimensi keseharian manusia. Oleh karenanya, secanggih apapun teknologi tekstil saat ini, budaya batik tetap menjadi tak tergantikan. Selain dibutuhkan ketrampilan dan ketekunan, pewarnaan alami menciptakan warna-warna yang unik dan khas pada tiap lembarnya, karena pada setiap proses pencelupan warna, komposisi warna dapat berubah seiring proses oksidasi dan kimia yang alamiah. Setiap pengrajin batik pun pada akhirnya akan mempunyai otentitasnya yang tidak dapat ditiru.

Lokasi: Museum Batik Yogyakarta terletak di Jl. Dr. Sutomo 13A Yogyakarta, buka Senin-Sabtu jam 09.00 – 15.00 WIB dengan HTM umum Rp. 20.000,- sedangkan untuk pelatihan membuat batik Rp. 40.000,- per 1 jam. Di Museum Batik juga menyediakan Paket Pelatihan Membatik dan Kunjungan dengan tarif Rp. 85.000,- sampai Rp. 95.000,- Untuk reservasi, kunjungan sekolah/grup dan keterangan lebih lanjut silakan menghubungi +62-274-562-338, +6285643123435 (Eko), +6281328199070 (Didik) atau melalui reservasi email kami: infomuseumbatik@gmail.com

Baca Juga: Museum Batik Hotel

Tinggalkan Balasan

bayu-avilo

Avilo Tour & Travel adalah layanan rental mobil, rental motor dan paket tour yang berdomisili di Yogyakarta dan sudah mulai berkembang di daerah-daerah lain. Avilo Tour & Travel berdiri sejak tahun 2015 dibawah manajemen AVILO Group. Untuk informasi lebih lengkap anda bisa menghubungi kami di: +6281373102009 / bayu.avilo@gmail.com.