Menjaga Kondisi Fisik Saat Berkendara Itu Perlu

Menjaga Kondisi Fisik Saat Berkendara Itu Perlu

Menjaga Kondisi Fisik Saat Berkendara Itu Perlu – Kelelahan dan mengantuk saat berkendara itu memanglah menjadi faktor terpenting yang perlu di perhatikan. Kebanyakan kecelakaan dalam berkendara disebabkan karena kelelahan pengendaranya. Untuk mencegah hal-hal tersebut, kita perlu memperhatikan kondisi fisik agar meminimalisir hal tersebut. Bagaimana cara menjaga tubuh dari rasa lelah dan tetap fit saat berkendara? Yuk simak penjelasan dari AVILO Tour & Travel.

Minum Kopi

Saran utama dari kami adalah meminum kopi. Meminum kopi dapat membantu anda terjaga saat berkendara. Hal ini dikarenakan kopi memiliki zat kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan mental. Meminum kopi juga membantu meningkatkan stamina tubuh serta menambah energi. Akan tetapi, kafein akan bekerja setelah 30 menit setelah kita mengonsumsinya. Selain itu, kebanyakan orang tidak merasa cukup jika hanya mengonsumsi segelas kopi saja dikarenakan aktifitas yang dijalaninya. Oleh sebab itu, jika anda ingin berkendara sempatkanlah sejenak untuk meminum kopi untuk meningkatkan stamina, tenaga serta menjernihkan pikiran anda.

Makan Yang Cukup

Hal yang paling penting dalam berkedara adalah memastikan anda sudah makan dengan cukup. Jangan sampai anda merasa lapar saat anda berkendara. Namun, anda juga jangan terlalu kekenyangan karena akan menyebabkan anda mengantuk saat berkendara. Sebelum anda melakukan perjalanan anda, sebaiknya makan terlebih dahulu serta pastikan anda minum dengan secukupnya untuk menghindari dehidrasi. Apabila diperlukan, siapkan air minum cadangan dan letakkan di dashboard mobil anda untuk berjaga-jaga ketika anda haus atau mengantuk.

Beristirahat

Jika saat anda berkendara baik itu mengunakan mobil atau motor dan anda merasakan kantuk yang luar biasa, sebaiknya anda beristirahat terlebih dahulu. Carilah tempat istirahat yang tenang seperti di Pom Bensin, Rest Area atau tempat yang aman dan nyaman. Jangan pernah sesekali anda berkendara saat anda benar-benar merasakan kantuk. Sempatkanlah untuk tidur sejenak atau sekedar bersantai dan menikmati kopi, makan cemilan atau sedikit aktifitas yang membuat anda segar kembali.

Minum Obat dan Alkohol

Dalam mengemudi, tentunya keselamatan akan menjadi hal yang sangat penting. Pastikan anda tetap terjaga dan sadar. Jangan pernah sesekali anda mencoba berkendara sehabis minum obat atau meminum alkohol. Banyak kecelakaan lalu-lintas di sebabkan karena pengemudi yang mengantuk atau mabok. Jika anda memang diharuskan meminum obat, usahakan anda tidak berpergian terlebih dahulu atau anda bisa menunda untuk meminum obat. Jika anda pergi ke club malam dan dirasa anda sudah tidak kuat berkendara, sebaiknya anda beristirahat di dalam mobil atau menelpon keluarga atau teman anda untuk menjemput.

Carilah Teman Mengobrol

Sebaiknya jika anda berpergian jauh atau anda adalah tipe orang yang gampang mengantuk saat sendirian, mintalah ditemani oleh keluarga atau teman anda agar tidak merasa bosan dan mengantuk. Walaupun hanya sekedar mengobrol, namun itu dapat menghilangkan rasa kantuk anda. Selain menjadi teman mengobrol anda, teman juga bisa anda andalkan untuk kewaspadaan yang lebih ekstra.

Nah, itulah beberapa tips dari avilorentcar.com untuk anda yang sedang mencari artikel Menjaga Kondisi Fisik Saat Berkendara Itu Perlu. Semoga bermanfaat dan menjadi saran terbaik untuk anda yang akan berkendara. Semoga tetap aman dan nyaman saat berkendara.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments