Kerajinan Tangan Tema Idul Fitri

Kerajinan Tangan Tema Idul Fitri – Pada setiap bulan Ramadhan, pastinya setiap daerah mempunyai budaya yang berbeda-beda. Di negara kita sendiri, di Indonesia memiliki kebiasaan yang hanya ada di Bulan Ramadhan, semisal keliling kampung untuk membangunkan orang sahur ataupun ngabuburit menjelang buka puasa.

Tidak hanya hal itu saja, di saat bulan Ramadhan ini banyak barang yang mendadak laris dan di gandrungi oleh masyarakat Indonesia ketika bulan Ramadhan tiba dan itu juga tidak lepas dari budaya bangsa Indonesia sendiri.

Barang-barang ini juga mengandalkan kreatifitas dan kelihaian tangan dalam membuatnya sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan jika harus berdiam diri di rumah. Peluang Bisnis kali ini akan merekomendasikan beberapa barang kreasi tangan yang bisa kamu jual di bulan Ramadhan.

Kerajinan Tangan Tema Idul Fitri

Kerajinan Tangan Tema Idul Fitri

1. Ketupat

Ketupat adalah barang identik dengan bulan Ramadhan atau hari raya Idul Fitri di Indonesia. Ketupat yang terbuat dari daun kelapa ini biasa diisi beras ataupun ketan yang menjadi teman santap opor ayam maupun rendang, namun ketupat juga biasa dijadikan sebagai hiasan yang dipajang tempat umum untuk menyemarakkan bulan Ramadhan

Seandainya kamu ingin menjual ketupat, tentu saja kamu harus memiliki kemampuan untuk membuat ketupat. Cukup menggunakan 2 buah janur, kamu sudah bisa membuat ketupat lalu menjualnya.

Kerajinan Tangan Tema Idul Fitri

2. Parcel

Bisnis selanjutnya yang bisa kamu buka di bulan Ramadhan adalah berjualan parsel. di Bulan Ramadhan, parsel biasa diberikan kepada kerabat atau orang-orang terdekat. Biasanya berisi makanan ringan.

untuk membuat parsel, kamu memerlukan keranjang yang terbuat dari kayu atau benda-benda lain yang mampu menghimpun makanan ringan yang ingin diberikan. Setelah itu, bungkus makanan itu pake plastik yang dihias dengan pita atau slinger (rombe-romber) dengan berbagai warna.

Kerajinan Tangan Tema Idul Fitri

3. Toples Hias

Toples hias juga bisa menjadi peluang bisnis yang cocok di bulan Ramadhan. Toples hias bisa dipergunakan untuk menaruh kue kering yang biasa dihidangkan untuk tamu yang datang ke rumah, khususnya ketika lebaran tiba.

Kamu bisa mencari toples plastik ataupun kaca di toko ataupun E commerce. Untuk menghiasnya, kamu bisa berkreasi dengan bebas dan memanfaatkan pita, kain perca atau kertas kado. Buatlah toples menjadi mencolok dengan warna-warna cerah agar orang-orang tertarik

Kerajinan Tangan Tema Idul Fitri

4. Kartu Ucapan

Kartu ucapan tentu saja dipergunakan untuk memberikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri ke orang-orang terdekat dan barang ini bisa menjadi bisnis. Agar memberikan kesan yang baik, alangkah baiknya kartu ucapan dibuat semenarik mungkin sehingga memanjakan mata yang melihatnya.

Kamu bisa membuat kartu ucapan yang dirancang secara digital lalu dicetak, ataupun membuatnya sendiri dengan tangan dan memanfaatkan barang-barang yang ada seperti kertas karton, kertas origami, tumbuhan kering, manik-manik, dan lain-lain. Pastikan juga kamu menulis ucapan yang mudah diingat oleh pembaca.

Tips Mendaur Ulang Sampah

Mendaur ulang sampah adalah cara terbaik untuk turut serta menjaga kelestarian bumi. Berikut adalah tips sederhana untuk mendaur ulang sampah. Lakukan sekarang, mulai dari diri sendiri, dari yang kecil. -Pisahkan sampah organik atau yang basah seperti sisa sayuran, sisa makanan, sisa pemangkasan tanaman, dll dengan sampah non organik atau kering dalam 2 tempat sampah yang berbeda. – Sampah organik atau basah tersebut dikomposkan – Sebisa mungkin, pergunakan kembali sampah kering yang bisa digunakan seperti kertas-kertas bekas, second paper yang baliknya masih kosong. – Berikan sampah kering yang sudah tidak bisa gunakan kepada pemulung, seperti kertas, kardus, kaleng, dan sebagainya. – Jika kita memiliki kreatifitas, kita bisa menggunakan sampah kering seperti plastik, pipa, botol dan sebagainya sebagai bahan kerajinan yang bermanfaat.