Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo – Kota Yogyakarta dikenal dengan kota yang unik dan kreatif, menampilkan beragam karya seni serta kerajinan yang bisa anda buru dan eksplore di kota ini. Mulai dari pernak-perniknya yang unik, hingga lukisan-lukisan kondang dari sang maestro seni Affandi. Kota Yogyakarta sebagai kerajaan yang dipimpin oleh seorang Sultan yang berkediaman di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini mempunyai daya tarik yang sangat kuat.

batik tulis giriloyo, kampung batik giriloyo

Batik Tulis Asli Yogyakarta

Batik tulis menjadi bagian busana resmi kerajaan Mataram sejak awal berdiri. Di kota Yogyakarta Anda dapat berburu kain batik tulis asli, batik khas kraton yang penuh wibawa. Salah satu yang dapat menjadi jujugan adalah kampung batik Giriloyo, sentra pengrajin batik tulis di Jogja yang dapat dikatakan termasuk yang paling tua.

Kamping Giriloyo berada tepat di kaki bukit dibawah makam raja-raja Mataram di Imogiri. Sebagian besar penduduk laki-laki berkerja sebagai abdi dalem Kraton sementara ibu-ibu menjadi pengrajin batik.

Untuk lebih mengenal batik tulis Giriloyo Anda dapat berkunjung langsung ke kampung kami bersama keluarga, atau mengikuti paket wisata belajar membatik yang kami tawarkan. Paket wisata disini dapat diikuti minimal 5 peserta dan maksimal 500 peserta (10 bus), sehingga cocok untuk mengisi liburan keluarga maupun agenda eduwisata sekolah, kampus dan instansi. Dapat juga sebagai lokasi tujuan studi banding antar pengrajin batik.

Dalam paket wisata peserta akan diberi penjelasan sejarah batik Giriloyo dan diajari cara membatik oleh pengrajin-pengrajin batik penduduk sekitar, hasil karya berupa kain kecil batik dapat dibawa pulang sebagai cinderamata. Paket wisata diakhiri dengan makan siang menu tradisional (opsional). Anda juga dapat membeli kain batik tulis secara langsung di galeri kelompok batik yang ada di Giriloyo. Lamanya paket wisata sekitar 1.5 sampai 2 jam.

Untuk mengikuti paket wisata belajar membatik ini Anda dapat menghubungi kami melalui kontak telpon atau SMS. Kemudian penawaran dapat kami kirimkan melalui e-mail berdasarkan jumlah peserta. Anda dapat memilih opsi paket yang sesuai dengan rencana dan anggaran kegiatan.

Kampung Wisata Batik Tulis Giriloyo berlokasi di Gazebo Wisata Giriloyo, yang terletak di Jl. Imogiri Timur Km 14 Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Batik Giriloyo “Batik Sido Mukti 0 Km” Yogyakarta

Selain pada lokasi itu, di Giriloyo terdapat banyak sekali pembatik asal daerah yang bisa anda temui disana salah satunya adalah Bp. Akhyar Muzaki. Beliau adalah pemilik dari Gallery Batik Sido Mukti. Jika anda berkunjung ke Giriloyo, anda bisa sempatkan untuk melihat karya-karyanya. Karya yang dibuat oleh Bp. Akhyar Muzaki berupa batik tulis asli. Dengan ketrampilannya, beliau sudah dapat mengirimkan beberapa karya batiknya ke seluruh penjuru Nusantara.

Leave a Reply

You cannot copy content of this page