Jasa Kirim Hewan Antar Provinsi Terpercaya di Jawa dan Bali

jasa kirim hewan

Jasa Kirim Hewan Antar Provinsi Aman TerpercayaSeringkali pindah rumah ke kota tetangga mengharuskan Anda untuk memberikan hewan peliharaan ke orang lain. Tapi sekarang ini sudah ada jasa kirim hewan yang aman dan terpercaya, sehingga Anda bisa memboyong anabul sekalian.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa hal terkait cara mengirim hewan peliharaan dan tips memilih provider pengiriman hewan ke luar kota. Di akhir artikel kami juga akan memberikan saran terkait jasa pengiriman hewan yang bisa Anda gunakan.

Tips Memilih Jasa Kirim Hewan

Bagaimana cara kirim hewan yang aman? Apakah ada jaminan bahwa hewan kesayangan Anda akan tiba di tujuan dengan selamat? Tentu saja ada dan kami akan memberikan tips jitu memilih ekspedisi untuk mengirim anabul kesayangan.

Ekspedisi Bereputasi Baik

Tujuan pertama Anda pasti adalah ekspedisi yang lokasinya terdekat dengan tempat Anda tinggal. Namun ada baiknya ekspedisi yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik, terutama terkait pengiriman hewan.

Anda bisa browsing dulu sebelum menentukan jasa ekspedisi mana yang akan digunakan. Lebih dari apapun, mengirimkan binatang peliharaan tidak boleh sembarangan.

Beberapa ekspedisi memang melayani pengiriman hewan peliharaan dan memberikan pelayanan bagus, termasuk memperhatikan lingkungan hewan agar tidak stres. Namun ada juga ekspedisi yang hanya mengirim dan tidak memberikan jaminan apa-apa. Pilihan ada di tangan Anda, yang juga menyangkut kesehatan peliharaan Anda.

Ada Izin Pengiriman

Apabila pengiriman ini ditujukan ke luar negeri, akan lebih baik jika ekspedisi yang Anda pilih memiliki izin pengiriman hewan. Hingga saat ini, beberapa negara melarang pengiriman kucing, burung, dan anjing.

Oleh karena itu, apabila Anda memang harus pindah ke luar negeri, pastikan negara tersebut memang memperbolehkan pengiriman hewan. Jika tidak, maka terpaksa anabul atau hewan piaraan lainnya harus diberikan ke orang lain.

Kabar baiknya, pengiriman hewan di Pulau Jawa maupun antar pulau masih diperbolehkan. Yang penting, pastikan ekspedisi yang Anda pilih punya ijin untuk mengirimkan hewan, ya. Ini juga ada kaitannya dengan keselamatan hewan kesayangan Anda.

Ekspedisi meminta dokumen persyaratan

Ekspedisi yang baik dan berpengalaman dalam mengatasi kirim hewan hidup antar kota maupun antar provinsi biasanya akan meminta Anda menyiapkan dokumen persyaratan. Misal, untuk anjing dan kucing biasanya Anda harus menyediakan dokumen vaksin untuk dicek.

Hal ini juga cukup penting karena hewan yang baru saja mendapatkan vaksin tidak bisa langsung dikirim. Biasanya apabila Anda mengirimkan hewan peliharaan dengan menggunakan kargo udara, dokumen semacam ini akan diminta.

Dan yang paling penting, pastikan hewan peliharaan yang akan dikirim sedang dalam keadaan sehat, ya.

Berpengalaman mengirim hewan

Tentu saja jasa kirim hewan yang baik sudah berpengalaman dalam mengirimkan hewan ke luar kota maupun antar pulau. Dan jika Anda akan mengirimkannya ke luar negeri, pastikan juga ekspedisi sudah sering melakukan tugasnya.

Beberapa ekspedisi biasanya memang tidak meminta dokumen persyaratan hewan, namun biasanya hal itu hanya berlaku untuk pengiriman dalam jarak dekat dan untuk hewan tertentu. Ikan hias ukuran kecil dalam jumlah banyak, misalnya, tidak pernah dimintai dokumen persyaratan.

Layanan antar jemput

Akan lebih baik lagi jika jasa kirim hewan yang Anda pilih memberikan layanan antar jemput hewan. Selain membuat semua proses pengiriman berjalan lebih mudah, Anda juga tidak perlu repot-repot membawanya ke pool.

Rekomendasi Jasa Kirim Hewan di Indonesia

Saat ini ada beberapa penyedia jasa pengiriman hewan di Indonesia, yang melayani pengiriman hewan peliharaan antar kota dan antar provinsi. Sebenarnya ada banyak sekali vendor yang melayani pengiriman hewan, tapi lima nama di bawah ini adalah yang cukup aman di Indonesia.

JAKIWAN (Jasa Kirim Hewan)

JAKIWAN adalah ekspedisi yang mengkhususkan pelayanan untuk mengirim hewan. Oleh karena itu, jika Anda mencari jasa pengiriman yang bisa kirim hewan maka JAKIWAN ini perlu masuk ke daftar pertimbangan Anda.

Layanan yang ditawarkan oleh ekspedisi khusus yang satu ini pun tidak tanggung-tanggung. JAKIWAN menyediakan layanan penjemputan hewan di rumah, bandara, stasiun, dan juga pelabuhan, tergantung Anda menginginkan lewat mana.

Karena memang khusus untuk hewan, maka Anda tidak perlu lagi perihal keamanan dan standar keselamatan yang diberikan. Hewan yang bisa dikirim melalui ekspedisi ini di antaranya adalah:

  • Mamalia
  • Reptil
  • Unggas
  • Ikan, dengan pengemasan yang rapi dan aman untuk hewan.

Untuk jenis hewan lainnya, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi ekspedisi yang satu ini.

nomor jasa pengiriman hewan

Caesar Jac’O Pet Delivery

Ekspedisi berikutnya yang melayani pengiriman khusus hewan adalah Caesar Jac’O Pet Delivery. Anda bisa mengirimkan berbagai hewan peliharaan melalui ekspedisi yang satu ini, seperti anjing, kucing, kelinci, reptil, hingga jenis unggas-unggas.

Apabila Anda mencari jasa kirim hewan Bali, ekspedisi Jac’O ini cocok untuk dipilih. Ada berbagai pilihan pengiriman, yaitu melalui jalur laut, darat, maupun udara, tergantung kebutuhan Anda.

Ekspedisi yang satu ini juga menawarkan beberapa fasilitas, seperti:

  • Disediakan kandang maupun kennel box.
  • Makanan dan minuman selama perjalanan terjamin.
  • Dokumen karantina, cek kesehatan, dan tes darah sudah termasuk dalam harga yang Anda bayarkan.
  • Khusus untuk Jakarta, Bandung, dan Surabaya, tersedia survey dan konsultasi gratis sebelum pengiriman.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung ke website resmi Jac’O. Ekspedisi ini harus menjadi salah satu pertimbangan Anda.

Indone Kargo Express (PT IKE)

Apabila Anda mencari ekspedisi pengiriman hewan dengan asuransi maka Indone Kargo Express adalah ekspedisi yang Anda cari. Mereka berani memberikan asuransi karena pengalaman mereka dalam mengirim hewan ke berbagai tujuan.

Bahkan mereka sudah tahu mana jalur yang tepat untuk mengirim hewan yang mudah stres sekalipun, seperti ikan, anjing, kucing, burung, dan lain sebagainya. Namun tentu saja, Anda bisa mengirimkan hewan ternak juga.

Biaya kirim hewan yang harus dibayarkan pun bervariasi, tergantung dari jenis kiriman dan moda transportasi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda langsung menghubungi nomor kontak Indone Kargo Express atau mengunjungi website resminya.

Multi Angkasa Solusi (MAS Cargo Express)

Jasa kirim hewan yang satu ini juga cocok untuk menjadi bahan pertimbangan. Pengalamannya sudah teruji selama bertahun-tahun dan sepertinya banyak konsumen yang puas dengan pelayanannya.

Maka dari itu, jika Anda mencari ekspedisi untuk kirim-kirim hewan se-Jawa dan Bali atau ke luar negeri, MAS Cargo Express ini bisa menjadi pilihan. Seringkali pengguna memilih jasa yang satu ini untuk mengirimkan hewan kontes.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi ekspedisi yang satu ini, ya. Ada nomor kontak yang bisa dihubungi juga, kok.

PT Herona Express

Dan, tentu saja, Herona Express juga turut meramaikan ekspedisi jasa paket kirim hewan yang ada di Indonesia. Selain mengirimkan dokumen, motor, dan barang-barang lainnya, Herona juga menyediakan pelayanan untuk hewan.

Sedikit berbeda dari ekspedisi lainnya, Herona hanya melayani pengiriman burung, unggas, ternak, dan reptil. Karena tidak ada jaminan keamanan untuk hewan yang mudah stres, kucing dan anjing serta hewan piaraan serupa lainnya tidak disarankan untuk dikirim menggunakan ekspedisi yang satu ini.

Bagaimana dengan Kirim Hewan Ke Luar Negeri?

Beberapa ekspedisi juga melayani pengiriman ke luar negeri. Dan tentu saja sebagai pemilik hewan peliharaan Anda harus menyiapkan beberapa syarat dan ketentuan sebelum mengirim binatang. Dokumen yang disiapkan di antaranya adalah:

  • Sertifikat kesehatan atau health certificate dari negara asal.
  • Diserahkan di tempat yang sudah ditetapkan.
  • Melaporkan ke petugas karantina sehingga tindakan karantina bisa dilakukan.
  • Buku vaksin.
  • Hasil tes darah bebas rabies dari negara asal.
  • Surat kuasa kepemilikan apabila pengurusan diwakilkan.
  • Surat izin dari dinas terkait.
  • Persetujuan impor barang apabila untuk jual beli.
  • Airway bill.

Tips Mengirim Hewan Agar Tidak Stres

Biasanya berapa biaya pengiriman hewan yang Anda bayarkan untuk pengiriman sudah termasuk pelayanan untuk makanan, kandang, dan lain sebagainya. Namun jika jasa pengiriman tidak memberikan hal tersebut, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal ini sendiri.

Berikan tempat yang nyaman

Meskipun biasanya pihak ekspedisi akan memberikan tempat yang aman dan nyaman, Anda juga bisa membuat packing dari rumah, sesuai dengan kesukaan hewan Anda – terutama untuk peliharaan.

Hewan harus bisa bernapas namun juga tidak stres karena perubahan sekitar yang sangat cepat. Anda juga bisa memberi catatan kepada pihak ekspedisi apabila hewan Anda memiliki kondisi kecemasan tertentu.

Siapkan pakan

Biasanya apabila Anda menggunakan jasa pengiriman hewan Surabaya dari luar kota yang memakan waktu sehari semalam, hewan akan lapar – seperti manusia.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyiapkan makanan. Apabila Anda mengirim hewan peliharaan, pakan kering akan sangat berguna untuk mereka.

Dan juga, pastikan minumnya juga disiapkan dengan benar. Perjalanan jauh seringkali membuat makhluk hidup manapun kehausan dan dehidrasi.

Jangan biarkan hewan menunggu terlalu lama

Seperti manusia, hewan pun tidak suka menunggu apalagi di dalam kurungan sendiri dan tanpa wajah yang familiar di benak mereka. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan pesawat untuk kirim hewan ke Bali, sebaiknya perhatikan jam penerbangan.

Akan jauh lebih baik untuk memilih pengiriman yang menggunakan pesawat paling pagi karena kemungkinan untuk delay sangat kecil, sehingga hewan akan segera sampai tujuan. Selain itu, semakin minim waktu mereka di dalam packing maka semakin kecil pula kemungkinan hewan terserang stres.

Konsultasikan dengan pihak ekspedisi

Untuk hewan yang mudah stres, memang agak susah untuk menempatkan mereka di tempat yang kecil dan pengap dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dulu dengan pihak ekspedisi.

Dengan begini, Anda tahu jalur mana yang akan digunakan dan Anda pun bisa mempersiapkan hewan peliharaan Anda dengan lebih baik.

Akhir Kata

Ada banyak ekspedisi yang melayani pengiriman hewan, baik di Jabodetabek, seluruh pulau Jawa Bali, ke seluruh Indonesia, dan bahkan ke luar negeri. Namun memang tidak semuanya memberikan pelayanan terbaik.

Apabila Anda mencari jasa kirim hewan terbaik, pastikan ekspedisi tersebut sudah berpengalaman dan profesional. Alangkah baiknya lagi jika ada garansi atau asuransi terhadap kesehatan dan keselamatan hewan kesayangan Anda selama di jalan.

Leave a Reply

error: Content is protected !!