House Of Raminten Jogja

house of raminten, raminten jogja

Halo sobat kuliner balik lagi ini untuk mengenal makanan yang ada di Jogja. Kalau kalian ke Jogja jangan lupa untuk datangi tempat makan ini yaitu The House Of Raminten, tempat makan ini sudah cukup dikenal banyak orang baik yang di berada di Jogja maupun di luar Jogja.

House Of Raminten ini sangat mudah dikenali karena adanya banner yang sangat besar dan cukup unik di depan rumah makan ini, yaitu gambar seorang ibu yang mengenakan pakaian dan dandanan khas Jawa, serta tak lupa konde hitam yang biasanya digunakan saat ada acara adat.

Suasana Jawa di House Of Raminten

Kesan pertama yang akan Anda rasakan saat memasuki House Of Raminten ini yaitu ramainya pengunjung, nuansa Jawa yang kental dan aroma dupa yang cukup menusuk hidung. Tapi kalian tidak usah khawatir meskipun restauran ini ramai sudah disediakan ruang tunggu sendiri dengan deretan kursi yang memanjang. Saat pertama kali anda datang, anda harus mendaftar dulu ke pelayan restauran dan menunggu antrian hingga terdapat meja yang kosong.

Tempat duduk yang disediakan disesuaikan dengan jumlah anggota yang akan menikmati hidangannya. Ada meja untuk satu atau dua orang, ada juga yang untuk 3 atau 4 orang, 5 atau 6 orang bahkan ada yang untuk 8 orang. Selain meja dengan kursi, tempat ini juga menyediakan meja lesehan bagi Anda yang menginginkan suasana makan ala Jawa yang lebih terasa.

Keunikan lain yang akan anda temui disini adalah seragam pegawainya yang sangat khas dan kental dengan budaya Jawa, yaitu kemben dan jarik batik untuk pegawai perempuan dan kaos putih berpadu dengan rompi hitam dan bawahan jarik batik bagi pegawai laki-laki.

Makanan dan Minuman Kaki Lima Bergaya Restauran

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan di House Of Raminten banyak yang mengambil menu kaki lima layaknya angkringan yang dikemas dengan apik dan diberi sedikit sentuhan sehingga terlihat elegan, tentunya dengan harga yang sangat ramah untuk kantong. Salah satu menu favorite pengunjung adalah Nasi Kucing atau Bahasa Jawanya yaitu Sego Kucing yang biasanya dipesan dengan istilah “pakte” dan “tante”. Kedua istilah ini sering dipakai di banyak tempat makan di Jogja yang artinya “pakai telur” dan “tanpa telur”.

Untuk Sego Kucing Tante di House Of Raminten ini diberi harga Rp. 1.000. sangat murah, bukan? Sedangkan untuk Sego Kucing Paket Double terdiri dari dua buah nasi yang disajikan dengan lauk seperti ikan teri, sambal terasi serta kering tempe, kemudian diberi telur dadar sebagai lauk tambahan. Harga Sego Kucing Paket Double di House Of Raminten ini hanya Rp. 5.000 saja.

Sego kucing ini disajikan diatas piring persegi dengan lauk pauk yang ditata di sekeliling nasi. Anda bisa menikmati Sego Kucing yang identik dengan makanan kelas bawah ini dengan cara yang lebih elegan.

Selain Sego Kucing, berbagai menu nasi lain bisa anda pilih yaitu Sego Liwet, Sego Gudeg, Maheso Selo Gromo dan Sego Goreng. Sego Liwet juga merupakan menu favorit karena rasanya yang enak dengan harga yang sangat murah. Makanan khas Solo ini terdiri dari nasi yang gurih dipadukan dengan lauk suwiran ayam, telur, sayuran jipan dan sambal yang khas. Hanya perlu merogoh seharga Rp. 5.000 untuk menikmati menu ini. Sego liwet ini seringkali habis saking ramai dan larisnya menu ini.

Berbagai lauk yang ditawarkan di House Of Raminten diantaranya adalah Pecel Raminten, Bakmi Jawa, Ayam Koteka, Tempe Telur Pacikeran, Garang asem dan Mangut Lele. Salah satu menu favorit ditempat ini adalah Ayam Koteka.

Pada dasarnya Ayam Koteka dibuat dari potongan daging ayam dan telur yang diletakkan di dalam sebuah wadah bambu, kemudian dipanggang dan disajikan dengan sambal cabai hijau. Menu Ayam Koteka ini memiliki rasa yang cukup gurih sehingga pas dijadikan sebagai lauk tambahan untuk menemani menu nasi yang telah anda pesan. Harga dari Ayam Koteka ini seharga Rp. 15.000.

Untuk minuman di House Of Raminten menawarkan berbagai jenis minuman yang cukup unik, mulai dari minuman dingin hingga wedang-wedangan. Beberapa menu minuman unik yang ditawarkan disini adalah Es Perawan Tnacep, Es Monster, Wedang Uwuh, Wedang Serai dan Es Kelapa Muda Jumbo.

Es Perawan Tancep merupakan minuman yang terdiri dari beberapa macam rempah dengan rasa yang khas. Sementara Es Monster adalah minuman yang terdiri dari perpaduan lemon dan daun serah yang disajikan pada gelas berukuran besar. Kedua minuman ini diberi harga Rp. 7.000 dan Rp. 13.000.

Minuman favorit pengunjung di House Of Raminten ini adalah Es Kelapa Muda Jumbo. Es Kelapa Muda Jumbo terdiri dari campuran kelapa muda, nata de coco, lalu diberi siup cocopandan yang membuat minuman ini unik adalah penyajiannya yang dilakukan dengan menggunakan gelas super jumbo. Saking besarnya, gelas ini terlihat sepertri akuarium kecil. Es Kelapa Muda Jumbo dapat anda nikmati dengan harga Rp. 18.000 saja.

Beri Kami Rating
Sending
User Review
0 (0 votes)