GPS Mobil Terbaik, Tips Terbaik Memilih GPS Untuk Mobil

gps mobil terbaik

GPS Mobil Terbaik – GPS mobil merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi dimana keberadaan mobil. Fitur utama pada GPS adalah untuk memantau dan perlindungan terhadap mobil apabila sewaktu-waktu mobil kesayangan mengalami hal-hal yang tidak di inginkan, seperti halnya pencurian, penipuan, hilang atau di bawa kabur hingga penyalahgunaan kendadraan.

GPS Mobil Terbaik

Dengan fitur-fitur yang ada pada GPS, tentu kegunaan GPS pada mobil tidak bisa dianggap sepele. GPS memiliki peranan yang penting untuk keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Sebagaimana dikutip Livewire, mungkin di beberapa mobil keluaran terbaru sudah disematkan semacam alat navigasi mobil sehingga para pengendara enggan memasang alat tambahan seperti GPS tracker lagi. Padahal alat navigasi dan GPS tracker itu berbeda fungsi.

Sistem navigasi dapat memberi tahu lokasi dan petunjuk arah pada saat mengemudi. Sedangkan GPS tracker adalah alat pelacak mobil untuk menyimpan catatan, kebiasaan mengemudi, hingga menyiarkan lokasinya secara real time.

Selain itu, GPS juga memiliki fungsi sebagai perangkat yang akan sangat membantu terutama sebagai petunjuk jalan tercepat untuk mencapai tujuan sekaligus mengetahui informasi yang berhubungan dengan jalan.

Mengingat fungsi GPS tersebut, tentunya menjadikan hal yang wajar apabila anda kemudian memutuskan untuk memasang GPS di kendaraan kesayangan anda. Namun, sebelum anda ingin membeli perangkat GPS, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu tips dalam memilih GPS. Dikarenakan ada banyak sekali produk GPS yang tersedia, maka tips dari kami berikut ini kami maksudkan untuk membantu anda mendapatkan GPS yang bagus dan berkualitas.

Tips Terbaik Memilih GPS Untuk Mobil

Perhatikan Terlebih Dahulu Tempat Penyimpanannya

Sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu bahwa tempat penyimpanan data peta yang ada dalam GPS mobil ada 2 macam, yaitu HDD dan SSD. Masing-masing jenis penyimpanan yang ada pada GPS tersebut tentunya memiliki karakteristik tersendiri. Untuk GPS yang menggunakan HDD, kapasitas penyimpanannya lumayan besar sehingga data peta yang berukuran besar sekalipun bisa tersimpan dengan baik di dalamnya.

Selain itu, peta ini juga bukan peta sembarangan, namun peta ini memiliki resolusi yang tinggi serta memuat informasi yang cukup banyak. HDD juga bisa menyimpan file lainnya seperti film maupun lagu dari CD yang hendak diputar di mobil. Maka dari itulah, GPS yang sudah menggunakan penyimpanan HDD ini lebih cocok untuk anda yang juga mengutamakan penyimpanan audio-video pada mobil.

Hal ini membuat GPS dengan sistem penyimpanan HDD lebih mahal. Sementara itu untuk GPS dengan penyimpanan SSD, harganya memang lebih murah, namun hanya menyediakan fungsi dasar dari GPS mobil saja. SSD juga sangat mudah untuk di dapatkan dan memorinya juga lumayan besar. Jadi, apabila budget anda untuk membeli GPS terbatas, anda bisa memilih GPS dengan penyimpanan SSD sebagai pilihan.

Pertimbangkan Tipe Dimensinya Dengan Baik

Jika dilihat dari dimensinya, GPS mobil terdiri atas 3 tipe, yaitu in-dash, portable dan 2 DIN. Namun, standar internasional untuk GPS mobil sebenarnya adalah tipe 2 DIN yang tingginya 50 mm dan lebar 180 mm. Tipe 2 DIN ini mempunyai layar yang lebar dan merupakan tipe yang sangat mudah dijumpai di pasaran.

Jika Anda tertarik dengan tipe 2 DIN, sebaiknya bayangkan dulu ya bagaimana bagian dalam mobil Anda setelah GPS ini dipasang. Pasalnya, pada beberapa macam kendaraan tipe 2 DIN ini harus dipasang lebih rendah untuk menyesuaikan dengan audio mobil.

Kalau tipe portabel, ini adalah tipe yang mudah untuk dipasang saat diperlukan dan dibongkar saat tidak diperlukan. Namun sayangnya, tipe ini hanya mempunyai fungsi dasar dan lebih cocok dipilih oleh Anda yang mungkin hanya sesekali saja melewati jalan yang kurang dipahami.

Lanjut ke tipe in-dash, ukuran layarnya hanya 1 DIN dan perangkat penyimpanan datanya terpisah. Tipe ini mempunyai layar yang menonjol sehingga jika pemasangannya tidak strategis bisa saja menutupi lubang AC.

Perhatikan Fungsi Update Peta

Jika Anda hanya memerlukan GPS mobil yang hanya digunakan dalam waktu singkat, Anda bisa mengabaikan hal ini. Namun jika sebaliknya, sebaiknya Anda perhatikan fungsi update peta, biaya peta sekaligus frekuensi update-nya. Pasalnya, data peta yang paling up to date sangat penting untuk Anda miliki karena bisa menunjukkan kondisi jalan terkini.

Rekomendasi Merk GPS Mobil yang Bagus

gps mobil terbaik

Bosion Universal 1 DIN

GPS mobil yang satu ini sudah dibekali kemampuan dalam menangkap jaringan 4G sehingga mampu terkoneksi dengan cepat. Selain itu, produk ini juga terkoneksi dengan WiFi, bisa dimanfaatkan untuk menonton televisi ataupun untuk relay telepon. Termasuk dalam tipe in-dash, produk ini juga mempunyai fitur Bahasa Indonesia.

Jadi sangat cocok untuk para pengendara yang ada di Indonesia. Walaupun tergolong in-dash, produk ini juga bisa disematkan pada berbagai jenis kendaraan loh. Ada pula fitur bluetooth yang akan membuat Anda tetap aman dalam berkendara saat menerima telepon dengan cara mengalihkan pengoperasian fungsi handsfree.

gps mobil terbaik

Clarion NX702A

GPS ini juga cocok untuk Anda yang menginginkan GPS dengan loading cepat. Pasalnya, Clarion NX702A mempunyai tampilan GUI atau Graphical User Interface yang sangat responsif. Selain itu, produk ini juga tidak mudah tersendat atau eror. Produk ini sendiri hadir dalam ukuran 7 inchi yang tentunya cukup membuat mata lebih leluasa dalam mengamati.

Perangkat ini juga bahkan telah mempunyai koneksi built-in Bluetooth Parrot Interface yang juga dilengkapi dengan mikrofon. Tentunya kelebihan satu ini akan membuat komunikasi Anda tidak terputus walaupun tengah berkendara.

Clarion NX702A juga mempunyai 12 juta tempat tujuan yang sebelumnya sudah dimuat. Itupun sudah mencakup SPBU, restoran, taman nasional serta berbagai lokasi lain yang tidak hanya ada di Indonesia, tetapi juga ada di Singapura.

gps mobil terbaik

EinCar 6.95” 2 DIN Head Unit

Jika Anda tidak masalah dengan tipe in-dash, mungkin EinCar 6.95” 2 DIN Head Unit ini bisa dijadikan pilihan. Perangkat satu ini selain membantu mengarahkan Anda ke tempat tujuan, juga mempunyai fungsi mirror-link. Dengan adanya fungsi ini, maka Anda dapat menikmati berbagai fungsi ponsel karena layar ponsel Anda akan berpindah ke dalamnya.

GPS mobil satu ini menggunakan prosesor canggih dan cepat, yakni Quad Core CPU. EinCar 6.95” 2 DIN Head Unit juga mampu menerima sinyal baik itu 3G maupun 4G serta WiFi hotspot. Dengan demikian, Anda pun bisa berselancar di dunia internet saat terjadi kemacetan, bahkan termasuk bermain game online.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh EinCar 6.95” 2 DIN Head Unit ialah adanya informasi yang lengkap seperti kondisi cuaca, lokasi parkir umum, konsumsi bahan bakar secara digital serta perpindahan akselerasi kendaraan. Tentu saja GPS mobil ini juga bisa Anda jadikan sarana hiburan karena Anda bisa mendengarkan musik walaupun fungsi GPS tengah diaktifkan.

gps mobil terbaik

GARMIN nuvi 57LM

Jika Anda lebih suka dengan perangkat yang mudah dibongkar pasang, Garmin nuvi 57LM bisa dipertimbangkan. Ini adalah produk GPS mobil portabel yang tentunya bisa diandalkan terutama dalam hal mengakses fitur dasar yang dimiliki GPS. Garmin nuvi 57LM sendiri bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Walaupun harganya terjangkau, produk ini bahkan bisa memantau kondisi jalan yang ada di depan yang jauhnya mencapai 30 kilometer. Selain itu, produk ini juga menawarkan layanan update peta tanpa bayar, alias gratis selama masa pemakaian. Jadi, cocok untuk Anda yang berminat untuk menikmati cost down dalam jangka panjang.

Sayangnya, produk ini juga mempunyai kelemahan yaitu tidak adanya konektivitas bluetooth. Karenanya, Anda tidak bisa memainkan musik yang ada di playlist smartphone maupun hal-hal lain yang memerlukan konektivitas bluetooth. Walaupun demikian, mengingat berbagai kelebihannya tersebut, produk satu ini juga tetap layak dipertimbangkan bukan?

Kesimpulan

Sama seperti teknologi yang lainnya, GPS mobil ini juga senantiasa mengalami perkembangan. Terbukti dengan yang awalnya fungsinya hanya untuk mengarahkan ke tempat tujuan, sekarang fungsinya sudah bertambah seperti memberikan informasi seputar jalan sekaligus sebagai sarana hiburan.

Terlepas dari hal itu, pastikan Anda mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk memilih merk GPS mobil yang mana. Gunakan tips di atas sebagai panduan dan Anda juga bisa memanfaatkan rekomendasi di atas agar tidak terlalu bingung dalam menentukan. Semoga Anda bisa menemukan GPS mobil yang tepat yang mampu memenuhi kebutuhan Anda selama perjalanan.

  • Sumber: merkbagus.id