Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa jomblang adalah goa vertikal yang terkenal dengan cahaya surganya yang masuk melalui lubang pintu masuk. Goa ini letaknya di kecamatan Semanu tepatnya didesa Pacarejo. Masyarakat Gunungkidul biasa menyebut dengan luweng jomblang, yang berarti lubang vertikal. Di kecamatan semanu terdapat lebih dari 300 goa tapi yang paling terkenal adalah Goa Jomblang. Goa ini sekarang dikelola oleh pak Cahyo Alkantana ahli speologi. Untuk memasuki goa ini dibutuhkan alat-alat khusus yang dikarenakan goa nya yang berbentuk vertikal horisontal sulit untuk di jangkau tanpa peralatan yang tepat.

Sebenarnya, disini ada 2 buah goa yaitu Goa Jomblang dengan hutan purba nya dan Goa Grubug dengan cahaya surganya, dua-duanya memiliki pesona yang berbeda. Goa Jomblang memiliki kedalaman sekitar 8Om sedangkan Goa Grubug memiliki kedalaman 120m. Di Goa Jomblang kita aka di turunkan oleh operator memakai katrol tepat di pinggiran hutan purba.

Hutan ini konon berada diatas tapi dengan seiring berjalannya waktu dan gempa melanda akhirnya hutan ini runtuh dan membentuk lubang dengan diameter lebih dari 200m. Goa Jomblang ini juga pernah dijadikan tempat pembuangan mayat-mayat para perampok maupun PKI. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, goa ini kini dijadikan tempat wisata karena mempunyai daya tarik yang berbeda dari wisata lainnya. Untuk menikmati wisata adventure di Goa Jomblang ini akan merogoh kocek yang cukup dalam. Untuk wisatawan lokal akan di pungut biaya Rp. 450.000 dan untuk wisatawan asing Rp. 500.000 per-orang. Jadi jika anda tertarik untuk berwisata di Goa Jomblang, persiapkan terlebih dahulu.

Jika anda berangkat dari Yogyakarta, waktu yang tepat adalah berangkat pukul 7.00 pagi. Sebaiknya anda sarapan terlebih dahulu dan mempersiapkan kelengkapan seperti spray anti nyamuk, shower cap, sandal, baju ganti, pakaian yang tepat untuk (namun bukan bikini), serta kamera. Perjalanan dari kota Yogyakarta akan memakan waktu kurang lebihnya sekitar 90 menit. Jadi anda akan sampai di Goa Jomblang sekitar pukul 8.30 pagi. Setelah sampai di Goa Jomblang, silahkan mendaftarkan diri dahulu ke sekretariat lalu memilih sepatu boots / sepatu anti air yang cocok dengan ukuran anda.

Sembari menunggu aktivitas di mulai, di sini disuguhkan Kopi & Teh jika anda ingin menikmatinya. Aktivitas di Goa Jomblang akan dimulai sekitar pukul 10.00 pagi tergantung cuaca dan akan selesai sekitar pukul 12.00 siang. Setelah selesai aktivitas anda akan mendapatkan nasi box untuk makan siang dan ini sudah termasuk biaya.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Goa Jomblang dari avilorentcar.com, semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin berwisata di Goa Jomblang yang benar-benar indah ini.

Baca Juga: Rental Mobil Jogja

Leave a Reply

You cannot copy content of this page