Desa Wisata Malasari – Informasi Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas

Desa Wisata Malasari

Desa Wisata Malasari – Warga Jawa Barat tentunya bangga karena memiliki salah satu desa yang cukup populer dan menjadi tempat wisata, yaitu Desa Wisata Malasari. Desa yang berada di Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor ini memiliki ciri khas yang luar bisa hebat. Mulai dari keasrian hutannya hingga aktivas masyarakat desa yang masih sangat erat hubungannya dengan para leluhurnya.

Desa Wisata Malasari ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang berfokus untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi dan juga meningkatkan sarana pariwisata, khususnya di wilayah Bogor Barat.

Terbukti, sampai sejauh ini, tujuan-tujuan itu berhasil direalisasikan oleh manajemen Desa Malasari. Sebab, keindahan flora dan fauna di Taman Nasional Desa Wisata Malasari menjadi pendukung utama akan tercapainya tujuan tersebut.

Ada hal-hal yang menarik yang bisa di temukan di Desa Wisata Malasari, contohnya saja adanya beberapa peninggalan sejarah masyarakat tempo dulu. Misalnya, keberadaan simbol-simbol yang masih dianggap berarti, lalu masih terdapatnya presensi benda-benda tua, dan juga kokohnya pendopo Bupati 1947 yang membentuk ciri khas pemerintah Kabupaten Bogor. 

Bagi Anda yang berada di wilayah Bogor, atau sedang berencana berlibur ke daerah Bogor, Desa Wisata Malasari mungkin bisa Anda masukkan dalam list kunjungan wisata Anda, jangan pernah ragu untuk mengunjunginya. Sebab, desa yang berada di ketinggian 1049 MDPL ini menyuguhkan panorama yang artistik dan dapat menaruh minat pengunjung.

Beberapa panorama atau pemandangan yang artistik itu di antaranya sunrise dan juga aktivitas menyebrangi jembatan gantung yang panjangnya hinga 30 meter.

Untuk memanjakan diri dengan sunrise, tentu saja Anda harus menginap, minimal tiga hari. Dan untuk dapat melintasi jembatan itu, Anda mesti berada di kawasan Halimun Salak. Bukan hanya itu saja, Anda akan dimanjakan pula dengan keelokan curug Sawer yang terdapat di kawan desa ini.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang Desa Wisata Malasari

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Malasari

Informasi yang dapat kami ketahui dari salah satu kawan yang pernah berkunjung ke sana pada beberapa bulan lalu, yaitu senilai Rp 5.000 untuk tiket masuknya. Ditambah lagi, ada biaya retribuasi Rp 12.000 ribu pas masuk ke kawasannnya.

Akan tetapi, ada baiknya Anda menyiapkan uang yang agak banyak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih dari itu, bukankah uang yang diperlukan tidak hanya untuk tiket masuk saja, kan?

Rute ke Desa Wisata Malasari

Rute menuju ke desa ini lebih asyik dilalui dengan sepeda motor. Hal ini ditujukan agar Anda dapat menikmati sendiri keindahan alam original khas Desa Wisata Malasari. Untuk mendeskripsikan rute yang perlu Anda lewati, berikut akan saya sederhanakan gambarannya.

Oke.

Jika posisi awal berada di pusat kota, Anda tinggal memfokuskan kendaraan menuju kampus IPB. Lalu, masuk ke Jln. Cibadak-Ciampea. Sesampai di Ciampea, belok ke kiri untuk mendekati Jln. Leuwiliang. Kemudian, ikuti saja jalan Leuwiliang tersebut sampai kendaraan Anda tepat di Jln. Ace Tabrani. Jika sudah ada di jalan ini, Anda akan segera tiba di Desa Wisata Malasari.

Bagaimana kondisi jalannya?

Kondisi jalan lumayan baik meski di beberapa titik agak berkelok-kelok. Namun, pada umumnya, baik itu kendaraan bermotor atau mobil, katakan lah layak untuk memasuki kawasan Desa Malasari.

Berapa jam sampai di sana?

Dari pusat kota sampai menuju lokasi tujuan, ada sekitar tiga jam lebih. Atau, Anda butuh tumpuan sekira 57 kilometer.

Lokasi desanya di mana?

Seperti yang saya jelaskan di awal paragraf, desa ini berada di Kecamatan Nanggung.

Info penginapan di Desa Wisata Malasari

Tiba di Desa Malasari, khususnya bagi orang luar Jawa Barat, saya sarankan minimal tiga hari lah Anda menginap guna menjelajahi semua keanggunan tempat wisata ini. Jika Anda terpikat berkemah di desa ini, berikut info penginapannya.

Info penginapan:

Berdasar informasi yang saya dapati dari seorang kawan yang pernah menginap di desa ini, pengunjung hanya membutuhkan harga sewa kamar saja. Cukup mengeluarkan uang Rp 150.000. Dan itu hitungannya per malam.

Ngomong-ngomong, bagian dalam penginapan di desa ini terdiri dari berbagai macam ruang. Ada ruang bersantai, dapur, kamar mandi, dan juga kamar tidur. Setiap kamar tidur sudah disuplay dengan kasur, satu set meja rias, dan lemari pakaian. 

Fasilitas terbaik di Desa Wisata Malasari

Salah satu fasilitas yang kerap digemari oleh pengunjung desa ini adalah area hutan. Sebab, pengunjung bakal menyaksikan beragam macam jenis flora hutan yang dilindungi pemerintah. Dan mereka tergolong ke dalam jenis flora langka. Selain berbagai jenis flora, ada banyak pula spesies fauna yang sangat liar, seperti kukan, elang Jawa, dan Owa.

Terlebih lagi, sungai yang terletak di area hutan memiliki arus deras dan jernih. Pasalnya, sungai ini merupakan objek wisata alam yang sudah terbiasa digunakan oleh pengunjung untuk bermain arum jerang.

Nah, saya rasa, setelah Anda membaca keseluruhan informasi tentang Desa Wisata Malasari, Anda wajib mengunjunginya. Sebab, sudah tidak perlu diragukan lagi akan keindahannya.

Barangkali itu saja penjelasan lengkap terkait Desa Wisata Malasari. Selamat berkunjung!

Leave a Reply

error: Content is protected !!