Daftar Makanan Khas Kota Yogyakarta Yang Enak, Lezat dan Populer

makanan khas kota yogyakarta yang enak dan lezat

Makanan Khas Kota Yogyakarta Yang Lezat dan Populer – Apakah anda suka berkeliling dan mencicipi makanan khas dari kota yang anda kunjungi? Sempatkan untuk mencicipi makanan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota istimewa yang memiliki berbagai macam makanan khas yang enak, lezat dan populer yang bisa anda nikmati sembari mengobrol dan bersantai saat berada di kota yang penuh keramahan akan penghuninya. Apa saja makanan khas kota Yogyakarta? Yuk simak pada artikel yang kami tulis berikut ini.

Makanan Khas Kota Yogyakarta Yang Lezat dan Populer

Gudeg

Salah satu makanan khas kota Yogyakarta yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Siapa sih yang tidak tahu Gudeg? Gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang terbuat dari nangka mudah yang dimasak dengan santan. Makanan khas kota Yogyakarta ini memiliki warna coklat yang biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Krecek

Makanan khas kota Yogyakarta yang lezat berikutnya adalah Krecek. Krecek merupakan makanan yang berbahan baku kulit yang dimasak bersama sambel dan memiliki rasa pedas dan gurih. Biasanya krecek ini disajikan bersamaan dengan Gudeg. Banyak orang suka memakan krecek ini bersama gudeg karena menghasilkan perpaduan rasa pedas manis yang unik.

Bakpia Pathuk

Kalau sedang berada di Yogyakarta dan ingin membawa oleh-oleh khas Yogyakarta untuk keluarga dan teman, tak perlu bingung! Hal ini karena ada makanan khas Yogyakarta yang bernama Bakpia Pathuk! Bakpia Pathuk adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Nah, makanan khas Yogyakarta ini paling sering dijadikan oleh-oleh untuk diberi ke teman atau keluarga oleh para turis, .

Oseng-oseng Mercon

Bagi kalian yang paling suka dengan pedas, kalian wajib mencicipi makanan khas Yogyakarta berikut ini! Oseng-oseng Mercon mendapat namanya karena terkenal sangat pedas! Oseng-oseng Mercon adalah daging sapi yang dimasak bersama sambel yang sangat banyak sehingga memiliki rasa pedas yang khas. Tapi, untuk kalian yang takut pedas, tidak perlu takut. Karena, kamu tetap dapat memesan makanan khas Yogyakarta ini tanpa cabai kok!

Sate Klatak

Wah, jika kamu seorang pecinta sate kambing, kamu wajib mencoba Sate Klatak! Sate Klatak masuk ke dalam daftar makanan khas Yogyakarta yang paling enak dan wajib dicoba. Keunikan dari Sate Klatak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji, berbeda dari sate pada umumnya. Bumbu yang dipakai pun sedikit berbeda dari sate kambing biasa, dan biasa ditambah dengan siraman kuah gulai yang menggugah selera.

Sate dan Tongseng Petir

Makanan khas Yogyakarta yang unik ini berada di Ringroad selatan dan sering dijadikan tujuan utama bagi pecinta masakan pedas! Sate dan Tongseng Petir menyuguhkan seporsi sate dan tongseng kambing yang dicampur dengan bumbu pedas khas yang enak banget! Wajib untuk dicoba!

Yangko

Ada juga makanan khas Yogyakarta yang bernama Yangko. Yangko adalah makanan khas Yogyakarta yang yang terbuat dari tepung ketan. Berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, makanan khas Yogyakarta ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Yangko berisi campuran cincangan kacang , seperti kue moci asal Jepang. Hanya bedanya, moci lebih lembek dan lebih kenyal dibandingkan Yangko.

Cilok Gajahan

Meskipun makanan khas Yogyakarta ini berasal dari jawa barat, namun Cilok Gajahan mampu menjadi makanan khas Yogyakarta karena saking populernya. Saking populernya, penjual-penjual makanan khas Yogyakarta ini yang berawal berjualan dengan gerobak, sekarang sudah membuka cabang-cabang mereka sendiri.

Cenil

Jika kamu mencari makanan khas Jogjkarta yang ringan, maka jawabannya adalah Cenil! Cenil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Makanan khas Yogyakarta ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

Geplak

Geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional khas Yogyakarta yang masih dilestarikan sampai sekarang. Adonan makanan khas Yogyakarta ini terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan tepung dan gula. Geplak berbentuk bulat-bulat kecil dan berwarna-warni sehingga membuat kamu gemas ingin segera memakannya!

Sate Kelinci Mbah Ganis

Sepeti namanya, makanan khas Yogyakarta ini berbahan dasar daging kelinci yang ditusuk menggunakan sebatang lidi kemudian dibakar. Sate Kelinci Mbah Ganis baru buka pada malam hari sehingga sangat cocok disantap di udara Kaliurang yang dingin bersama segelas teh hangat.

Bakmi Yogyakarta

Makanan khas Yogyakarta yang juga patut anda coba adalah Bakmi Yogyakarta. Bakmi Yogyakarta merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas Jawa. Selain Bakmi Jawa Yogyakarta, juga dapat memesan Bakmi Nyemek yaitu bakmi yang diberi sedikit kuah sehingga teksturnya menjadi kental dan nikmat. Salah satu penjual Bakmi Jawa Yogyakarta yang legendaris adalah Bakmi Pak Pele yang terletak di dekat Alun-alun Kidul.

Gatot Gunungkidul

Makanan khas Yogyakarta selain Gudeg dan Bakpia yang berasal dari Gunung Kidul adalah Gatot. Gatot terbuat dari sejenis singkong yang dikupas lalu dijemur agar kering. Kualitas gatot ditentukan dari bahan dasar singkongnya.

Walang/Belalang Goreng

Jika kamu ingin merasakan pengalaman baru yang unik dan asik, kamu harus mencoba Walang Goreng! Jika kamu kebetulan sedang ingin berwisata ke daerah pantai di Wonosari, jangan lupa untuk membeli makanan khas Yogyakarta yang terkenal ini. Walang atau Belalang Goreng terkadang membuat sebagian orang merasa geli untuk memakanannya. Namun, siapa sangka bahwa makanan ini memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya!

Nasi Tiwul

Makanan khas Yogyakarta berikutnya juga berasal dari Gunung Kidul dan sempat menjadi makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Namun sekarang, makanan khas Yogyakarta ini malah menjadi primadona oleh-oleh khas Yogyakarta yang melegenda.

Sego Abang Jirak

Seperti makanan-makanan khas Yogyakarta sebelumnya, Sego Abang Jirak juga berasal dari Gunung Kidu. Makanan khas Yogyakarta ini terdiri dari nasi merah yang disajikan dengan sayur lombok ijo sehingga cukup sehat dan bergizi tinggi. Di tengah makanan fast food dan junk food yang berkembang di kota Yogyakarta, Sego Abang Jirak masih tetap eksis menemani para pecinta kuliner di Yogyakarta.

Sayur Lombok Ijo

Nah, Sayur Lombok Ijo adalah makanan khas Yogyakarta yang biasa dijadikan pendamping Sego Abang. Citarasa pedas dan gurih dari sayur ini ditambah dengan kuah santan kental serta racikan bumbu khas Jawa membuat Sayur Lombok Ijo ini banyak dicari oleh penikmat makanan khas Yogyakarta.

Bakmi Pentil

Makanan khas Yogyakarta yang populer berikutnya yaitu Bakmi Pentil. Bahan dasar bakmi ini adalah pati ketela. Keunikan dari Bakmi Pentil berada pada bentuk mie yang panjang dan berukuran lebih besar dari mie biasa. Bakmi pentil memiliki dua warna khas yaitu kuning dan putih dan teksturnya pun kenyal. Itulah mengapa dinamakan Bakmi Pentil.

Peyek Tumpuk

Mencari makanan khas Yogyakarta yang ringan lainnya juga tak usah bingung. Karena, kamu bisa membeli Peyek Tumpuk yang unik ini. Peyek Tumpuk sama dengan peyek kacang biasa. Bedanya, Peyek Tumpuk digoreng dengan bertumpuk-tumpuk sehingga bentuknya menjadi bulat tidak beraturan.

Mie Des

Jika gemar berburu makanan khas Yogyakarta pada malam hari, kamu bisa merasakan sensasi memakan Mie Des atau Mie Pedes. Makanan khas yang berasal dari Pundong ini terbuat dari pati ketela. Teksturnya kenyal mirip Bakmi Pentil, namun ukurannya lebih besar dan bentuknya berbeda karena pembuatannya dengan cara diiris, bukan digiling seperti bakmi lain.

Kue Adrem

Makanan khas Yogyakarta yang unik ini berasal dari kecamatan Sanden yang terletak di pesisir pantai selatan. Bahan baku utama Kue Adrem berasal dari tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng sehingga memiliki rasa manis sedikit gurih dan legit ketika di gigit. Kue ini cocok banget dijadikan teman minum teh maupun kopi!

Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari daging kambing yang disajikan dalam porsi besar. Tengkleng Gajah disajikan dalam bentuk tengkleng tongseng ataupun tengkleng goreng. Kedua jenis penyajian ini bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Mie Lethek

Mirip dengan Bakmi Jawa, makanan khas Yogyakarta ini berbahan dasar bihun yang berwarna kecoklatan sehingga terlihat kotor. Itulah mengapa dinamakan Mie Lethek yang artinya mie kotor. Warna kecoklatan ini berasal dari tepung ketela, sehingga Mie Lethek dianggap lebih sehat dibanding jenis bakmi lainnya.

Soto Lenthok

Makanan khas Yogyakarta selanjutnya bisa kamu temukan di sekitar stasiun tugu atau daerah Bantul. Keunikan dari Soto Lenthok adalah lauknya yang berupa lenthok. Semacam perkedel yang terbuat dari singkong.

Ayam Geprek

Kalian pasti sudah pernah dengar yang namanya Ayam Geprek kan? Ayam Geprek sebetulnya berasal dari Yogyakarta, namun, makanan khas Yogyakarta ini pun juga sudah mulai merambat ke daerah di luar Yogyakarta karena saking populernya! Ayam Geprek adalah ayam goreng yang digeprek dengan dan diberi cabai sesuai selera.

Keripik Belut

Makanan khas Yogyakarta berikutnya juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-temanmu! Oleh-oleh khas dari Yogyakarta ini dapat kamu temukan di daerah Godean, tepatnya di Pasar Godean. Keripik Belut ini mampu bertahan lama sehingga cocok dijadikan buah tangan setelah berkunjung ke Yogyakarta.

Sup Merah

Sup Merah mempunyai keunikan tersendiri karena kuah sup yang biasanya bening, kini menjadi merah! Warna merah dari makanan khas Yogyakarta ini dihasilkan dari campuran pasta cabai. Layak untuk dicoba karena keunikannya!

Sate Kere

Makanan khas Yogyakarta yang memiliki nama unik ini adalah kuliner berbahan dasar gajih atau lemak sapi yang diberi bumbu rempah khusus. Aroma Sate Kere saat dibakar sungguh menggugah selera sehingga pasti membuatmu tak sabar untuk menyantapnya!

Kipo

Kipo adalah makanan khas Yogyakarta yang memiliki rasa manis dan tekstur legit. Kipo cocok untuk dijadikan oleh-oleh, hanya saja tidak bisa bertahan lama. Makanan khas Yogyakarta ini Terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau dari daun pandan. Kipo dimasak diatas wajan tanah liat menggunakan arang sehingga mamiliki rasa yang unik.

Kicak

Makanan khas Yogyakarta yang hanya ada di bulan Ramadhan ini banyak dijual di kawasan Kauman setiap sore ketika Pasar Ramadhan mulai. Kicak adalah jajanan yang terbuat dari jadah, gula, dan parutan kelapa yang dicampur dengan nangka, pandan, dan ditambakan vanili. Kicak memiliki perpaduan rasa manis, asin, dan gurih serta tekstur yang lembut. Yang pasti, oleh-oleh khas Yogyakarta ini wajib kamu coabin!

Itulah makanan-makanan khas Yogyakarta yang wajib kamu coba! Ketika kamu mencicip makanan-makanan diatas jangan lupa foto dengan kamera baru yang dapat kamu temukan di Tokopedia ya! Selamat berpetualang!

Source: Tokopedia.com