Cara Merawat Mobil Sehari-Hari

Cara merawat mobil sehari-hari – Dahulu memiliki mobil sudah bisa di katakan memiliki barang yang mewah, namun sering perkembangan jaman dan teknologi, siapapun dapat memiliki mobil sendiri. Bagi masyarakat terutama di negara Indonesia ini, memiliki mobil atau kendaraan adalah sebuah kebutuhan yang pokok terutama untuk menunjang aktivitas sehari-hari, baik itu menjadi sarana transportasi untuk bekerja, melakukan perjalanan liburan atau wisata, melakukan perjalanan yang penting dengan rekan bisnis atau keluarga, bahkan ada yang membeli mobil hanya untuk menuruti gengsi.

Apapun yang tujuan anda dalam pembelian mobil tentu akan sangat penting memperhatikan kondisi dan mengetahui bagaimana cara merawat mobil yang baik dan benar, sehingga uang yang anda keluarkan untuk membeli mobil itu tidaklah sia-sia. Jangan sampai karena masalah sepele terhadap mobil akan menjadikan anda mengeluarkan biaya yang tinggi untuk perawatan dan perbaikan.

cara membersihkan mobil sehari-hari

Dalam halaman website avilorentcar.com ini kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin melakukan perawatan mobil sendiri. Kami akan memberi tips tentang bagaimana merawat mobil yang baik dan benar sebagai panduan anda agar mobil anda lebih awet, seperti pemakaian bahan bakar yang akan mempengaruhi kinerja mesin, juga anda harus melakukan service rutin dan ganti oli secara berkala, merawat radiator mobil anda sehingga tidak cepat panas, termasuk pengecekan AC sehingga nantinya anda akan terasa nyaman dan aman selama melakukan perjalanan.

Tips Untuk Merawat Mobil dengan Baik dan Benar

Cara untuk melakukan perawatan pada mobil baik itu mobil baru ataupun bekas tentunya tidak harus dilakukan oleh bengkel mobil atau mekanik. Namun anda juga harus mengetahui hal-hal sepele yang bisa anda kerjakan sendiri. Hal ini cukup penting agar mobil anda tetap awet dan mempunyai performa yang baik. Perawatan yang dapat dilakukan sendiri adalah melakukan perawatan cat mobil, lampu mobil bahkan merawat mesin agar mobil tetap awet.

Sebagian besar hal untuk perawatan mobil, baik itu mobil matic maupun manual caranya hampir sama, hanya saja melakukan perawatan pada bagian mesin harus membutuhkan seorang ahli mekanin mesin untuk menanganinya. Selain itu mekanin juga dibutuhkan apabila anda ingin menambahkan aksesoris dalam kendaraan anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat mobil anda.

Tips dan Cara Merawat Mobil Dengan Benar

Merawat Bagian Cat Mobil

Mobil tentunya akan terlihat mewah dan menarik apabila cat yang menempel masih bersih dan mengkilap. Hal itu menjadikan cat mobil sebagai tampilan visual yang paling penting untuk di jaga. Ada banyak hal yang membuat cat mobil cepat kusam yaitu karena paparan sinar matahari langsung. Maka dari itu, usahakan mobil anda terparkir di tempat yang rindang dan terlindung oleh sinar matahari langsung. Selain sinar matahari, embun di malam hari juga bisa merusak cat mobil anda. Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini, ada yang mempunyai mobil namun tidak mempunyai garasi untuk parkir. Sebaiknya parkirkan mobil anda di tempat yang terlindung oleh atap. Untuk merawat cat mobil, sebaiknya anda pergunakan sabun cuci khusus untuk mencuci mobil dan jangan sembarangan menggunakan lap yang akan digunakan untuk mengelap mobil, sebaiknya gunakan lap yang halus. Cara ini bisa anda lakukan sendiri sehingga cat mobil anda bisa lebih awet dan tetap terjaga.

Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Apabila anda selesai memakai mobil anda, sebaiknya bersihkan kembali kabin mobil anda. Anda bisa memulai membersihkannya dari atap kabin mobil, jok dan bagian karpet (lantainya), baik itu dari sampah yang ada di mobil, debu maupun kotoran yang melekat yang bisa menyebabkan timbulnya jamur. Selain akan menyebabkan bau yang tidak sedap, kotornya bagian dari kabin akan membuat kotoran tersebut terhisap oleh blower AC mobil. Hal ini akan membuat filter AC akan menjadi cepat kotor dan kinerja AC yang tidak maksimal. Cara merawat mobil seperti ini tentunya bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan mekanik.

Gantilah Oli Secara Berkala

Untuk menjaga performa mesin mobil anda, sebaiknya gantilah oli secara berkala dan ini bisa anda lakukan di bengkel resmi. Pada saat penggantian oli anda akan di berikan rekaman dan pencatatan penggantian oli akan dan bisa anda gantungkan di mobil sebagai pengingat dan memudahkan anda untuk pergantian oli berikutnya. Apabila anda kehilangan catatan pergantian oli tersebut anda juga tidak perlu bingung karena bengkel resmi anda sudah mempunyai catatannya sehingga anda cukup datang ke bengkel resminya untuk menanyakan tanggal ganti oli berikutnya. Oli mesin mobil mempunyai ketahanan dari 5.000 – 10.000 km. Anda pun bisa melakukan hal ini sendiri dirumah dengan cara mencabut stik oli dan mengukur level oli mobil anda juga mengecek kadar apakah oli anda masih layak di pakai atau tidak. Sebaiknya anda mengetahui bagaimana keadaan oli yang masih baik di gunakan.

Merawat Radiator Mobil

Radiator mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting. Agar radiator selalu bersih dan menjaganya dari kerak air, anda perlu mengisi cairan radiator. Kondisi air yang kotor tentunya akan membuat radiator cepat berkerak sehingga aliran air ke mesin mobil juga akan terhambat. Hal seperti ini akan mengakibatkan gangguan pada pendingin dan mesin mobil anda akan cepat panas. Kami sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan coolent untuk radiator mobil anda. Jangan pernah menggunakan sembarang air termasuk air sumur yang mungkin memiliki kandungan logam yang tinggi. Selalu bersihkan radiator mobil anda secara berkala agar tidak tersumbat.

Penggunaan Bahan Bakar Mobil

Memakai bahan bakar minyak yang tepat tentunya akan membuat mesin mobil anda lebih awet. Tips ini adalah bagaimana cara menggunakan bahan bakar yang baik untuk mobil anda. Dalam hal ini dihitung dari nilai oktan (RON) bahan bakar tersebut, semakin tinggi oktan bahan bakar minyak (BBM) maka akan bisa memberikan tekanan yang lebih besar sebelum bbm tersebut terbakar secara spontan. Namun semakin kecil oktan akan semakin lama juga bbm tersebut terbakar dan akan menyebabkan suara atau knocking dalam mesin mobil dalam kasus yang ekstrim piston bisa sampai rusak. Maka dari itu mobil keluaran terbaru sekarang ini memerlukan kompresi yang tinggi sehingga membutuhkan oktan yang lebih tinggi.

Merawat Aki Mobil

Salah satu komponen yang juga sangat penting dalam mobil adalah aki mobil. Melakukan perawatan pada aki mobil akan membuat kenyamanan dan keamanan anda dalam mengemudi mobil. Anda bisa melakukan pemeliharaan aki mobil sendiri. Untuk pemeliharaan aki basah, anda bisa melihat level ketinggian dan level bawah air aki yang seharusnya, jika dirasa airnya kurang maka isilah. Periksa setiap kutub (klem) pada aki mobil agar tetap bersih, apabila kendor maka kencangkanlah. Pergunakan ampere yang sesuai dengan kebutuhan listrik mobil terutama mereka yang memakai aksesoris tambahan. Jangan terlalu sering menyalakan audio mobil tanpa menghidupkan mesin mobil. Kendaraan yang jarang dipakai akan menyebabkan aki mobil cepat rusak dan soak. Jika anda tidak memakai mobil anda untuk berpergian, anda bisa sekedar memanasi mobil anda selama beberapa menit.

Merawat Kaca Mobil

Salah satu hal yang harus diperhatikan bagi pemilik mobil adalah kaca mobil. Kaca mobil adalah komponen yang sangat penting untuk membantu pengemudi dalam memandang ke depan atau melihat sekeliling mobil. Kaca mobil yang kotor tentunya akan menyulitkan pengemudi dalam berkendara dan ini sangat membahayakan bagi pemudi dan penumpang. Cara untuk merawat kaca mobil sendiri anda bisa memakai glass cleaner, cairan yang khusus dibuat untuk membersihkan kaca mobil agar menjadi bening. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah mengecek air washer, apabila lubangnya tersumbat, maka gunakan tusuk gigi untuk membersihkannya. Pada jendela kaca, pastikan karetnya tidak menyentuh kaca saat dinauk-turunkan, apabila ada kotoran yang menempel di karet maka anda bisa membersihkannya. Kotoran yang ada di karet akan membuat kaca rentan terhadap baret.

Merawat Lampu Mobil

Sebagai alat penerangan, apalagi saat berkendara di malam hari, lampu mobil sangat penting untuk dilakukan perawatan tentunya untuk menjaga anda agar tetap aman dan nyaman saat mengemudi. Lampu mobil merupakan salah satu alat yang dipergunakan sebagai tanda dengan pengemudi lain seperti pada lampu dim, sein atau lampu rem. Apabila terjadi kerusakan pada lampu mobil, maka segera gantilah dengan yang baru. Sebaiknya pergunakan lampu mobil yang standar yang di rekomendasikan oleh pabrik. Jangan mempergunakan lampu yang banyak menyerap listrik karena akan membuat aki mobil anda cepat drop dan tekor. Jika anda suka memodifikasi mobil, sebaiknya tidak menggunakan lampu mobil yang terlalu banyak dan gemerlap, karena akan membahayakan pengemudi lainnya.

Merawat Wiper Mobil

Kendaraan yang sering dipakai apalagi di waktu terkena panas akan menjadikan wiper mobil tidak bertahan lama. Wiper adalah alat yang berfungsi untuk menyapu air kaca di mobil baik depan dan belakang ini juga mempunyai peran penting. Sebaiknya anda merawat wiper mobil anda agar tetap nyaman berkendara. Jika kondisi wiper sudah tidak layak, maka kegunaannya juga tidak akan maksimal. Apalagi saat anda berkendara pada waktu hujan lebat dan wiper tidak bisa menyapu air yang ada di bagian kaca depan mobil anda, pasti anda akan tidak nyaman melihat bagian depan. Hal buruk jika wiper sudah tidak layak pakai, karet wiper akan membuat baret pada mobil anda. Untuk itu jika dirasa wiper mobil anda sudah tidak maksimal, maka gantilah segera dengan wiper yang baru.

Merawat Ban Mobil

Tips merawat mobil tentunya tidak akan lepas dengan perawatan ban mobil yang menjadi faktor utama dalam kenyamanan dan keamanan dalam mengemudi. Ban mobil yang terawat dengan baik tentu akan membuat usia ban mobil lebih tahan lama. Hal yang utama dalam merawat ban mobil adalah memperhatikan tekanan angin yang ada dalam setiap ban, usahakan tekanan ban mobil sesuai pabrikannya. Namun anda juga bisa menyesuaikan sendiri stelan ban mobil anda, apabila mobil sering digunakan untuk penumpang yang banyak, anda bsa stel tekanan yang tertinggi, jika penumpang sedikit anda bisa gunakan tekanan angin minimal. Selain itu anda juga hrus memperhatikan jumlah penumpang, jangan membawa penumpang melebihi jumlah yang direkomendasikan. Mengemudi dengan batas kecepatan sesuai kemampuan ban mobil, selalu mencuci dan membersihkan ban mobil apabila perlu semirlah ban mobil agar elastis dan ban mobil anda tetap terjaga.

Spooring dan Balancing

Apabila anda sudah merasakan keseimbangan pada kendaraan anda berkurang, apalah mobil anda tertarik ke kiri ataupun ke kanan, silahkan anda membawa ke bengkel spooring mobil untuk melakukan pengecekan. Spooring dan balancing juga sangat penting untuk menambah kenyamanan dalam mengemudi mobil. Apabila hal ini tidak di perhatikan dengan baik, maka akibatnya akan merusah tapak ban dan merusak kaki-kaki mobil.

Penggunaan Transmisi Mobil Dengan Benar

Sebelum mengendarai mobil, pastikan anda sudah lancar dalam mengemudi dan mengetahui transmisi mobil. Anda harus bena-benar paham akan kegunaan transmisi mobil apakah anda menggunakan mobil matic atau manual. Kesalahan menggunakan transmisi mobil akan membuat mesin mobil bekerja lebih berat dan tenaga yang dihasilkan tidak maksimal. Hal ini akan menyebabkan kerusakan komponen tertentu pada mesin mobil. Selain itu, kesalahan menggunakan transmisi mobil akan mengakibatkan hal yang fatal seperti kecelakaan yang terjadi pada mobil yang menanjak di gunung menggunakan transmisi yang tinggi. Maka dari itu penggunaan transmisi mobil sangat penting untuk diketahui. Pergunakan transmisi mobil dengan cara yang benar.

Merawat Jok Mobil

Selalu bersihkan jok mobil anda secara berkala, apalagi jika anda akan berpergian jauh yang tentunya akan menimbulkan keringat menempel pada jok mobil. Anda bisa membersihkan jok mobil anda menggunakan kanebo dengan dibasahi air atau kain lap basah untuk menjaga jok mobil anda tetap bersih dari keringat. Jika anda biarkan keringat menempel dan berlarut-larut, biang keringat bisa merubah warna jok mobil anda, dan kotoran dari keringat itu akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Lakukan Service Rutin Terhadap Mobil

Pastikan anda melakukan service mobil secara rutin, biarkan mekanik atau ahlinya mengecek fungsi-fungsi dari komponen kendaraan anda agar selalu maksimal. Hal yang biasa dilakukan oleh mekanik mobil adalah melakukan pergantian oli, pengecekan air radiator dan aki, kaki-kaki mobil, keseimbangan pada mesin mobil, AC, rem mobil, kopling termasuk ban mobil secara keseluruhan. Sebaiknya anda melakukan service mobil secara rutin di bengkel mobil resmi dari kendaraan anda untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Nah itulah beberapa tips untuk cara merawat mobil yang benar dari avilorentcar.com, pmelakukan perawatan pada mobil tentunya adalah hal yang sangat penting. Anda bisa melakukan perawatan mobil sendiri dirumah ataupun mendatangi bengkel resmi yang akan ditangani oleh mekanik mobil yang berpengalaman. Melakukan perawatan mobil tidak hanya berlaku untuk mobil bekas saja namun ada baiknya anda melakukan perawatan terhadap mobil baru agar tetap nyaman dan aman saat mengemudi. Melakukan perawatan mobil juga akan membuat mobil anda awet dan mempunyai performa yang maksimal.

Leave a Reply