Biaya Salon Mobil, Pengertian dan Jenis Perawatan di Salon Mobil

biaya salon mobil

Biaya Salon Mobil – Siapa sih yang tidak ingin mobil kesayangannya selalu terlihat mulus dan kinclong? Sekarang ini tidak hanya anda saja yang bisa melakukan perawatan diri di salon ataupun di tempat spa. Mobil kesayangan anda pun kini bisa juga menikmati perawatan di salon ataupun spa agar terlihat selalu mulus dan kinclong layaknya seperti mobil yang baru keluar dari dealer.

Sekarang ini salon mobil atau spa mobil sudah sangat menjamur dan menjadi trend baru di Indonesia. Tempat untuk melakukan perawatan mobil kini sudaha sangat mudah ditemui diberbagai kota besar di seluruh Indonesia dan bisa menjadi solusi yang tepat bagi para pemilik mobil yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangannya di rumah.

Ada beberapa jenis perawatan yang bisa didapatkan untuk mobil kesayangan. Anda tinggal memilih saja perawatan tipe apa yang anda inginkan, kemudian para teknisi yang sudah berpengalaman dari salon mobil tersebut akan mengerjakan perawatan mobil. Bagaimana, cukup mudah dan simpel bukan melakukan perawatan di salon mobil?

Pengertian Salon Mobil

Sebelum berbicara mengenai biaya salon mobil, alangkah baiknya kita mengetahui apa arti dari salon mobil. Pada dasarnya salon mobil tidak jauh beda dengan salon kecantikan yang biasa anda datangi. Salon mobil akan memberikan perawatan pada mobil anda, membersihkan kotoran yang menempel hingga pada bagian yang tidak terlihat agar mendapatkan penampilan yang bersih dan menarik.

Tidak hanya membersihkan noda yang menempel saja, salon mobil akan membersihkan lebih detail seperti noda asam akibat hujan, jamur maupun material lain yang dapat mengakibatkan baret halus ataupun cat yang menjadi buram pada body mobil anda.

Perbedaannya dengan auto detailing adalah dari jenis perawatannya. Kalau pada salon mobil lebih fokus pada perawatan body mobil seperti membersihkan kaca menggunakan waxing, menyedot debu dalam kabin, membuat cat menjadi lebih berkilau hingga mencuci seluruh body mobil sampai bersih. Sedangkan auto detailing lebih ke treatment yang jauh lebih detail, seperti baut roda dan mesin mobil.

Dari segi pengerjaan, antara salon mobil dan auto detailing juga berbeda. Salon mobil pengerjaannya hanya sekitar 3-5 jam saja, sementara auto detailing bisa mencapai 7 jam lebih.

Jenis Perawatan Salon Mobil

Ada beberapa jenis perawatan yang ditawarkan oleh salon mobil yang bisa Anda pilih. Biasanya antar salon mobil berbeda layanan, namun secara garis besar ada 4 jenis perawatan yang ditawarkan ke konsumen. Mulai dari cleaning, detailing, coating dan fogging & fumigator.

estimasi biaya salon mobil

Cleaning

Layanan salon mobil yang pertama adalah cleaning. Layanan ini pasti tersedia di semua salon mobil karena ini adalah layanan salon mobil yang paling utama. Cleaning ini terdiri dari pembersihan semua bagian mobil seperti eksterior, interior hingga ke bagian bawah mobil. Dalam tahapan ini metode yang digunakan masing-masing salon mobil biasanya berbeda-beda, mulai dari mencuci mobil biasa, dry wash, snow wash dan masih banyak lagi.

Tidak jarang salon mobil menyediakan layanan Engine Cleaning dalam paket layanan mereka. Namun untuk layanan ini sebaiknya Anda berhati-hati, jangan melakukan di sembarang tempat karena ini adalah hal yang sangat sensitif.

Sebaiknya lakukan di salon mobil yang memang sudah berpengalaman dalam Engine Cleaning, karena kalau air sampai masuk ke dalam ruang udara maka otomatis ruang bakar juga pasti akan basah oleh air yang dapat menimbulkan masalah fatal pada mesin. Selain itu pada mobil jenis tertentu, ada komponen elektronik yang tidak boleh terkena air.

biaya untuk perawatan di salon mobil

Detailing

Layanan ini bertujuan untuk mempercantik tampilan mobil, biasanya metode yang dilakukan pada tahapan ini adalah poles dan waxing. Bertujuan untuk menghilangkan kusam pada permukaan cat mobil, namun sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan karena akan mengikis lapisan cat untuk menghindari penipisan cat mobil.

Sedangkan waxing bertujuan untuk memberikan perlindungan yang menyeluruh pada cat mobil. Pada metode ini, cat akan terhindar dari waterspot, jamur, baret halus ataupun noda yang dapat mengakibatkan cat mobil menjadi kusam. Wax juga dapat mencerahkan cat mobil Anda supaya lebih berkilau.

salon mobil murah

Coating

Layanan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih dibandingkan waxing. Metode yang digunakan salon mobil pada umumnya adalah nano coating dan ceramic coating dengan menggunakan bahan yang berbeda.

Nano coating menggunakan cairan khusus berukuran nano untuk melindungi mobil dari paparan kimia dan oksidasi. Sementara ceramic coating menggunakan cairan khusus dengan kandungan keramik untuk memberikan perlindungan yang lebih baik untuk cat mobil. Selain memberikan proteksi, ceramic coating akan memberikan efek daun talas saat terkena air hujan sehingga meminimalisir waterspot dan tumbuhnya jamur.

Fogging dan Fumigator

Fogging dan Fumigator

Fogging sangat efektif untuk membuat interior mobil Anda menjadi jauh lebih wangi dan segar. Biasanya sebelum melakukan fogging, interior mobil akan dibersihkan terlebih dahulu supaya saat melakukan fogging kotoran tidak tercampur.

Selain membuat kabin lebih wangi, fogging berguna untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mobil. Selain fogging ada juga layanan fumigator yang berguna untuk membasmi jamur dan serangga yang bersarang di dalam kabin. Sehingga interior mobil Anda menjadi jauh lebih bersih.

Biaya Perawatan Salon Mobil

Beragamnya perawatan salon mobil ini memiliki biaya yang berbeda-beda antara satu layanan dengan layanan lainnya. Kalau hanya pencucian mobil biasa berkisar antara 40 ribu – 50 ribu rupiah, tergantung metode yang digunakan. Namun kalau sekaligus dengan Engine Cleaning biayanya berkisar antara 75 ribu – 100 ribu rupiah.

Sementara untuk layanan paket bagian luar biasanya dibedakan berdasarkan penggunaan bahan, namun pada umumnya untuk paket bagian luar tanpa coating berkisar antara Rp 500.000 – Rp 700.000 tergantung metode dan cairan yang digunakan. Sementara untuk paket layanan dengan tambahan coating berkisar antara 3 juta – 6 juta rupiah. Sedangkan untuk layanan interior biaya perawatan salon mobil berkisar antara Rp 500.000 – 1 juta rupiah.

Proses pengerjaan semua layanan ini cukup bervariasi tergantung ukuran dan jenis mobil, mulai dari yang sederhana hanya sekitar 4-5 jam hingga 2 hari apabila jenis ukuran mobil besar.

Dari pemaparan diatas, salon mobil adalah opsi yang bisa Anda pilih untuk membuat tampilan mobil anda. Jangan sampai Anda terjebak dengan salon mobil murah namun pelayanannya buruk dan menggunakan cairan yang non standar apalagi berbahaya untuk cat mobil anda jangka panjang. Pilih salon mobil yang benar-benar profesional dan berpengalaman dalam bidangnya.

  • Source: wuling.id