Bengkel AC Mobil, Informasi Harga Service AC Mobil Terbaru

bengkel ac mobil, harga perbaikan ac mobil, service ac mobil

Bengkel AC Mobil – Hallo sobat semuanya… Udah lama sekali kami gak ngepost artikel. Kali ini kami ingin memberikan informasi beberapa bengkel AC di kota-kota besar di Indonesia yang bisa anda jadikan referensi ketika ingin memperbaiki AC kendaraan anda. Namun, apabila ada informasi yang kurang lengkap, anda bisa memberitahukannya kepada kami melalui kolom komentar.

AC Mobil

Air conditioner atau yang lebih dikenal dengan AC atau penyejuk ruang dalam mobil sekarang ini telah menjadi salah satu komponen yang sangat dibutuhkan. Ternyata tidak hanya mesin mobil saja yang membutuhkan perawatan khusus, namun AC mobil pun juga membutuhkan perawatan atau service secara berkala agar komponen dan performa AC tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik. Hal yang sering di abaikan oleh para pemilik mobil adalah lalainya dalam melakukan perawatan AC, biasanya memperbaiki AC menunggu apabila sudah terjadi trobel ataupun rusak. Hal seperti ini nantinya akan membuat biaya perawatan AC mobil membengkak.

Dari banyaknya komponen AC mobil yang ada, ternyata bagian AC yang paling sering bermasalah dan perlu di service adalah kompresornya. Jika anda melakukan perawatan rutin terhadap AC mobil, bisa dipastikan usia kompresor mobil Anda pun akan lebih lama dan bisa mengurani anggaran untuk penggantian komponen baru pada mobil anda yang bisa menguras anggaran untuk perbaikan AC.

Pada kompresor AC mobil terdapat piston yang membutuhkan pelumas. Jika kondisi kompresor AC mobil anda jarang di cek, maka pelumas pada piston tersebut akan habis dan mungkin bisa berakibat kompresornya akan rusak. Apabila kondisinya sudah demikian, maka AC mobil yang tadinya bagus akan menurun performanya dan suhu menjadi kurang dingin. Biasanya, kompresor AC yang rusak ditandai dengan keluarnya suara yang berisik seperti saat orang sedang tidur mendengkur. Hal ini tentunya akan membuat para pengguna mobil menjadi kurang nyaman.

Pada AC mobil terdapat sejumlah komponen, misalnya saja kompresor, evaporator, expansion valve, kondensor serta receiver drier. Komponen-komponen utama tersebut menunjang kinerja AC mobil dan bila salah satu komponen ada yang bermasalah,maka sudah bisa di pastikan kinerja AC menjadi kurang maksimal. Lalu, kapan tepatnya anda harus mengecek kondisi AC mobil anda?

Kapan Harus Service AC Mobil?

Secara umum service AC mobil bisa dibedakan menjadi dua jenis pengerjaan, yaitu basic service dan advance service. Basic service biasanya dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak kurang lebih 10.000 km hingga 20.000 km, ataupun jika usianya sudah 1 tahun. Apabila anda kerap menggunakan AC mobil anda di perkotaan dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, maka setelah mencapai angka 10.000 km sebaiknya segeralah melakukan perbaikan AC anda untuk tetap menjaga performa AC.

Pada perbaiakan AC mobil tipe basic service, biasanya bengkel AC mobil akan melakukan pemeriksaan dan perawatan pada kompresor, seperti mengganti oli dan membersihkan kotoran-kotoran yang menmpel. Kemudian, mereka juga akan mengganti receiver dryer dan filter kabin karena kedua komponen ini memang cuma sekali pakai.

Sementara itu, perbaikan yang kedua adalah perbaikan tipe advance service, yang biasanya dilakukan sekitar 2 tahun sekali. Berbeda dengan basic service, dalam perbaikan tipe advance service ini komponen yang akan diperbaiki lebih banyak. Semisal saja perawatan pada kompresor, evaporator dan kondensor. Kemudian, komponen expansion valve, receiver dryer, dan filter kabin pun akan diganti. Dikarenakan komponen yang akan diperiksa itu lebih banyak, maka durasi pengerjaan pada perbaikan tipe advance service pun lebih lama dan mungkin bisa mencapai 4 jam, tergantung dari tingkat kesulitan perbaikan komponen AC mobil.

Biaya Service AC Mobil

Apabila berbicara mengenai biaya service ataupun perbaikan pada AC mobil, tentunya biaya sangat bervariasi dan tergantung pada kerusakannya. Yang paling umum dan bisa kita ketahui adalah biaya perbaikan AC mobil bisa tergantung pada tipe mobil yang anda miliki. Di beberapa daerah di kota Jakarta, biasa service AC untuk mobil keluaran Jepang berkisar antara Rp. 300 ribuan. Sedangkan untuk mobil-mobil keluaran Eropa, tarif service AC mobil bisa mencapai biaya hingga Rp. 1.2 juta hingga Rp. 4 jutaan. Pada umumnya, bengkel-bengkel service AC mobil yang ada sudah memasukkan biaya penambahan/penggantian freon jika memang freon AC mobil habis ataupun sudah berkurang. Akan tetapi ada juga bengkel AC mobil yang memberikan biaya terpisah pada pengisian freon, biasanya biayanya berkisar Rp. 200 ribuan.

Mengapa biaya perawatan AC untuk mobil keluaran Jepang dan Eropa bisa berbeda jauh? Hal ini dikarenakan mobil-mobil keluaran Eropa memiliki sistem pendingin yang lebih rumit dibandingkan dengan mobil buatan Jepang. Maka dari itu teknik dan peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki AC mobil buatan Eropa tentunya akan lebih banyak. Apalagi karena tidak semua bengkel AC mobil bisa memperbaiki mobil pabrikan Eropa.

Sebagai contoh saja, pada bengkel resmi untuk mobil tipe Avanza perbaikan AC berkisar Rp. 200 ribu untuk service standar, biaya sudah termasuk membersihkan blower dan filter AC. Apabila ada komponen yang rusak, maka dari pihak bengkel akan merekomendasikan untuk menggantinya. Harga komponen yang ditawarkan oleh bengkel juga bervariasi, mulai dari Rp. 150 ribuan untuk dryer, Rp. 50 ribuan untuk seal dan Rp. 400 ribuan untuk mengisi/menambah freon.

Menurut Rotary Bintaro, rata-rata biaya servis AS mulai dari Rp. 300 ribu hingga Rp. 1.5 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk penggantian spare part. Jika penggantian medium, biayanya sekitar Rp. 1 jutaan. Sementara, untuk service besar, harga yang harus dibayar mulai Rp. 1.5 jutaan, termasuk flushing system dan pergantian oli kompresor. Namun, untuk biaya penggantian kompresor baru, biayanya memang cukup mahal. Untuk Toyota Avanza saja misalnya, kompresor buatan Denso dijual dengan harga Rp. 1.6 jutaan.

Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, Pro-Q, salah satu bengkel spesialis AC di kawasan Jakarta Selatan, menggratiskan biaya bila hanya untuk pengecekan. Apabila pelanggan ingin melakukan service model single evaporator, akan dikenakan biaya berkisar Rp 1.2 jutaan, sudah termasuk ganti oli, refrigerant, dan pembersihan. Sementara, untuk biaya service AC model double evaporator, sekitar Rp. 1.4 jutaan.

Sementara itu, PT Cipta Gemilang Mobil atau Coolkars yang berlokasi di Tangerang, mematok biaya service AC untuk jangka waktu satu tahun di angka Rp. 3.8 juta. Bengkel ini pun menyediakan paket fogging caf dan AC care seharga Rp. 1.9 jutaan, serta paket hemat ganti coolant flushing caf dan free fogging seharga Rp. 700 ribuan (khusus komunitas). Yang perlu dan menjadi bahan pertmbangan, janganlah takut untuk membayar mahal apabila anda ingin melakukan service AC mobil. Dikarenakan, biaya service yang tinggi umumnya juga akan berimbas pada kualitas yang tinggi juga. Selain itu, perhatikan juga teknik service, teknologi yang digunakan, dan layanan lain dari sebuah bengkel sebelum Anda memutuskan untuk melakukan service AC mobil.

Bengkel AC Rekomended

Mungkin sedikit artikel yang kami tuliskan di atas bisa membantu anda dalam melakukan perawatan pada AC mobil anda untuk menjaga performa AC mobil tetap prima dan dapat bekerja dengan baik. Selanjutnya kita akan melihat beberapa daftar bengkel AC mobil di kota-kota besar di Indonesia yang bisa kami rekomendasikan untuk anda.

Setia Karya AC

Bengkel AC mobil Jakarta “Setia Karya AC” merupakan salah satu spesialis dalam menangani permasalahan pada AC mobil. Bengkel ini sudah lama ada dan berdiri sejak tahun 2011. Bengkel Setia Karya AC juga memiliki sertifikasi Denso untuk keterampilan di bidang sistem AC kendaraan. Setia Karya AC sendiri sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang AC mobil dan alat berat, serta terus berkarya dan berkembang hingga sekarang ini.

Saat ini untuk menangani masalah AC mobil, Setia Karya AC memiliki 2 Workshop yang berlokasi di Jalan Panjang (Jakarta Barat) dan di Ruko Dirjen Perkebunan (Karawaci). Jenis produk dan layanan Setia Karya AC adalah berupa Aircon System Provider, maintenance, modifikasi, pemasangan unit AC baru (AC bus, AC alat berat, freezer box car, AC truck) sebagai strategic business partner. Setia Karya AC juga berusaha senantiasa untuk memberikan layanan yang terbaik, kualitas layanan yang memuaskan , respon time tercepat, kendali mutu dan bergaransi untuk kepuasan customer. Disamping itu Setia Karya AC juga memberikan support layanan mulai dari konsep, perencanaan, konsultasi, hingga tuntas pekerjaan.

Apabila anda membutuhkan informasi atau ingin memperbaiki AC mobil anda, silahkan datang ke Setia Karya AC untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. Karena di Setia Karya AC, perbaikan AC mobil anda akan teratasi dengan baik karena menggunakan peralatan yang mumpuni.

Rotary Bintoro

Salah satu bengkel service AC mobil rekomendasi kami adalah ROTARY BINTARO. Rotary Bintoro merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, yang tepatnya adalah bengkel Service AC Mobil dan distribusi spare parts AC Mobil yang awalnya terletak di Jl.Veteran, Tanah Kusir – Bintaro.

Saat ini Rotary Bintoro telah banyak bekerja sama dengan banyak perusahaan swasta, pemerintahan, bengkel resmi dan komunitas-komunitas mobil di indonesia, dan masih membuka peluang untuk corporate lainnya untuk menjadi partner Rotary Bintoro yang tentunya akan mendapatkan benefit khusus dan menjadikan win win solution pastinya.

Bengkel Rotary Bintaro pertama kali berdiri tahun 2000 yang awal nya bernama Auto Rotary Bintaro dengan modal kurang dari 25 jt Rupiah dan 3 Karyawan di area Bintaro-Jakarta Selatan, sekarang karyawan Rotary Group Lebih dari 80 orang, dan kegiatannya Tidak terbatas hanya di jakarta, tapi telah menyebar di Bekasi, serpong dan dalam waktu dekat akan pengembangan di kota2 lain di indonesia.

Rotary Bintaro saat ini memiliki 7 Cabang. seiring dengan pertumbuhan bisnis yang dimilikinya, Kedepannya jumlah jaringan Rotary Bintaro pun akan terus bertambah dengan membuka cabang-cabang baru secara konsisten di beberapa wilayah di Indonesia. serta untuk memenuhi kebutuhan seluruh pengguna AC mobil diseluruh nusantara, serta memberi kemudahan bagi calon pelangan untuk menjangkau Rotary Bintaro.

Alamat Bengkel AC Rotary Bintoro

  • ​Jl. RC Veteran No. 1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan
  • (021)734 2209 / (021)7388 0022
  • 0817 8700 34 (Call / SMS / What’s app)
  • 0878 9600 9700 (Call / SMS / What’s app)
    FB, IG, Youtube @Rotarybintaro

Rotary Bintaro – Cab. Ciledug

  • Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara. Keb-Lama, Jakarta Selatan
  • (021)7388 9500
  • 0878 9600 9700 (Call / SMS / What’s app)

Rotary Bintaro – Cab. Kedoya

  • Jl. Kedoya Raya No.20, RT.2/RW.2, Kedoya Sel., Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520
  • (021)2258 4369
  • 0878 9600 9700 (Call / SMS / What’s app)
  • FB, IG, Youtube @Rotarybintaro

Rotary Bintaro – Cab. Serpong

  • Jl.Fatmawati no 79, Dekat Pintu Masuk Cluster Bohemia, Gading Serpong, Tangerang
  • (021)5568 9500
  • 0877 9500 9600 (Call / SMS / What’s app)
  • FB, IG, Youtube @Rotarybintaro

Rotary Bintaro – Cab. Bekasi

  • AXC Summarecon Bekasi Blok VB/18 (Tepat depan Summarecon Mall Bekasi)
  • (021) 8946 9069
  • 0877 9500 9700(Call/SMS/What’s app)
  • FB, IG, Youtube @Rotarybintaro

Rotary Bintaro – Cab. Rawamangun

  • Jl. Balap Sepeda No.46A, RT.6/RW.6, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
  • (021) 4723147
  • 0812 2525 9189 (Call/SMS/What’s app)
  • FB, IG, Youtube @Rotarybintaro

Rotary Bintaro – Cab. Puri Kembangan

  • Jalan Kembang Kerep No.6 RT.3/RW.2 South Kembangan Jakarta Barat, DKI Jakarta 11610
  • 087833445551 (WA)
  • FB, IG, Youtube @Rotarybintaro

Rotary Bintaro – Cab. Kuningan

  • Jl. H. R. Rasuna Said No.51, RT.2/RW.2, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950
  • 087833445550 (call/sms/what’sapp)
  • FB, IG, Youtube @Rotarybintaro

Rotary Bintaro – Cab. Depok

  • Jl. Siliwangi No.12b. Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431
  • 0819 9500 9800 (WhatsApp)
  • FB, IG, Youtube @Rotarybintaro

Coming soon…