Batik Tulis Murah

Batik Tulis Harga Murah & Berkualitas Terbaik

Siapa yang tidak kenal dengan batik? Tentu saja semua orang yang berada di Indonesia mengenal batik. Batik ini adalah suatu karya seni yang digambar di atas kain dengan berbagai macam motif atau corak sesuai dengan daerah masing-masing.

Batik ini memiliki berbagai macam jenisnya dan batik ini seringkali memiliki motif yang khas di tiap daerah asalnya dan juga tentunya mempunyai arti dan filosofinya sendiri dalam setiap kain batik tersebut.

Batik yang dahulunya hanya di pakai oleh para bangsawan sekarang ini semakin berkembangnya zaman dan gaya atau fashion menjadikan batik dapat dikenakan oleh siapapun baik itu kalangan menengah ke bawah ataupun menengah ke atas dan berapapun usianya.

Batik-batik yang dahulunya memiliki nilai jual yang tinggi sekarang ini memiliki nilai jual yang cukup di kantong bahkan dapat di kategorikan murah. Akan tetapi jangan sampai anda tertipu dengan harga murah batik tulis yang berada di pasaran.

Hal ini karena batik tulis murah yang berada di pasaran seringkali itu adalah batik tulis palsu. Untuk itu anda harus jeli dengan kain batik tulis yang akan anda beli. Hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli batik yaitu sebagai berikut ini:

1. Tinta dari batik tulis akan tembus ke belakang

Batik tulis merupakan batik yang di buat seseorang dengan cara menggambarnya menggunakan canting. Oleh karena itu butuh keterampilan dalam menggambar sehingga akan memiliki hasil yang sangat bagus.

Batik tulis ini karena dibuat dengan cara digambar maka gambar yang digambar dengan canting tersebut akan menembus pada belakang kain dan ini merupakan ciri khas dari batik tulis itu sendiri. Saat anda akan membelinya anda perlu mengecek pada bagian belakang dari kain batik tersebut.

Hal ini karena kain batik tulis hampir mirip dengan kain batik print. Untuk itu anda harus benar-benar memperhatikannya dan jangan tertipu dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual kain batik tersebut.

Proses dari pembuatan kain batik dengan digambar menggunakan canting ini tentu juga menggunakan malam dan akan tembus pada kain belakangnya namun dari ke dua sisi kain batik tersebut tetap memiliki warna, corak yang sama. Sedangkan pada kain batik print pada bagian sisi belakang hanya akan terlihat kain putihnya saja.

2. Batik print mempunyai kain yang berbau tekstil yang sangat menyengat

Cara mudah lainnya untuk mengetahui kain batik tulis tersebut asli atau tidak adalah dengan cara mencium baunya. Pada batik tulis asli ini tidak akan terasa bau yang menyengat karena bahan dasar dari kain batik tulis itu sendiri adalah malam.

Malam ini tidak memiliki kandungan yang akan membuat sesuatu menjadi berbau menyengat. Sedangkan kain batik print ini akan mempunyai bau yang sangat menyengat. Bau yang sangat menyengat ini berasal dari zat-zat kimia pada proses pencetakan kain batik print tersebut.

Oleh karena itu anda harus hati – hati dalam pemilihan kain batik tulis. mencium bau dari kain batik adalah hal termudah yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kain batik tersebut sehingga anda tidak akan tertipu.

3. Batik palsu memiliki motif atau corak yang sangat rapi

Batik merupakan seni dari kerajinan tangan dan batik tulis ini merupakan kain batik yang ditulis langsung menggunakan canting dengan malam. Dengan seni masing-masing dari setiap orang ini akan membuat hasil dari kain batik itu sendiri mempunyai seninya masing-masing.

Oleh karena itu, terkadang ada gambar yang tidak simetris dan justru itu yang menandakan bahwa batik tersebut adalah batik tulis yang asli. Sedangkan jika hasilnya rapi maka anda perlu mewaspadainya bahwa batik tersebut adalah batik print.

Hal ini karena batik yang merupakan hasil dari mesin ini yaitu batik print akan memiliki batik yang sangat rapi sesuai dengan cetakan yang sudah di atur dari mesin itu sendiri sehingga akan selalu memiliki hasil yang sangat bagus dan jauh dari kata cacat.

4. Harga kain batik palsu jauh berbeda di pasaran

Bagi anda tentu mengetahui bahwa batik tulis memiliki harga yang sangat mahal. Akan tetapi, batik tulis juga ada yang memiliki harga yang tidak terlalu mahal dengan kualitas yang tentu agak berbeda dengan harga yang mahal tersebut.

Namun, terdapat juga di beberapa toko baik itu online maupun offline yang menjual batik tulis dengan harga yang sangat terjangkau yang tentunya tidak terlalu menguras kantong anda sehingga anda dapat membelinya dalam jumlah yang banyak.

Akan tetapi, anda juga perlu hati-hati dengan penawaran harga kain batik tulis yang sangat murah. Jika anda ditawari kain batik tulis dengan harga yang sangat murah atau dapat dikatakan jauh sekali dari harga pasaran maka anda perlu mewaspadainya.

Hal ini karena untuk pengerjaan kain batik tulis itu sendiri harus memiliki keterampilan dan proses pengerjaannya pun sangat lama sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan tidak ada kain batik tulis yang harganya sangat murah. Bisa jadi yang sangat murah tersebut adalah kain batik print maupun jenis kain batik yang lainnya.

5. Kain batik tulis dengan motif batik tertentu memiliki jumlah produksi yang sedikit

Untuk kain batik tulis ini karena proses dari pengerjaannya itu sendiri memakan waktu yang sangat lama dan juga membutuhkan ketelitian serta ketekunan dalam pengerjaannya supaya dapat menghasilkan kain batik yang sangat bagus sehingga seringkali akan memproduksi dalam jumlah yang sangat sedikit.

Produksi motif tertentu dalam kurun waktu yang sangat lama seringkali hanya mampu membuat beberapa kain batik saja. Kemudian, jika anda menemukan kain batik dengan motif yang sama namun dalam jumlah yang sangat banyak sekali maka anda perlu mewaspadainya bisa jadi itu bukan kain batik asli.

Hal ini terjadi karena untuk pembuatan dari kain batik print ini merupakan produksi kain dengan menggunakan mesin. Oleh karena itu pasti dapat memenuhi jumlah pasaran atau dapat di perjual belikan dalam jumlah yang sangat banyak namun tetapi rapi dan sangat bagus.

Kemudian, tentu saja mempunyai harga yang sangat miring sekali atau dapat dikatakan sangat murah jika membeli kain batik printing dibandingkan dengan kain batik tulis yang sekarang ini susah di cari.

Kain batik tulis yang susah di cari ini merupakan akibat dari kurangnya para pengrajin dan para remajanya yang tidak mampu dalam membatik atau membuat motif-motif batik. Kita harus tetap melestarikan batik karena batik itu sendiri kepunyaan dari negara indonesia yang harus selalu kita jaga sehingga tidak akan punah kain batik tersebut.

Selain itu, generasi penerus bangsa juga harus rajin dan giat dalam belaja menjadi pembatik yang dapat di andalkan.

Beri Kami Rating
Sending
User Review
0 (0 votes)