Batik Tulis Jogja Murah

Batik Tulis Jogja Murah Berkualitas Terbaik

Batik adalah kain yang memiliki berbagai macam corak ataupun motif yang menghias kain tersebut. motif-motif atau corak tersebut tentu mempunyai arti dan filosofinya masing-masing. Sehingga batik ini seringkali bernilai tinggi baik di kalangan orang indonesia maupun juga di kalangan orang luar negeri.

Batik ini dahulunya hanya di pakai oleh orang-orang yang tergolong dalam kategori bangsawan. Selain itu, batik ini juga kental dengan adat jawa yang sangat menjunjung tinggi dengan tata kramanya untuk penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jogja adalah kota yang terkenal dengan adat istiadat jawanya sangat kental. Dengan adat istiadat yang kental tersebut tentu saja dilengkapi dengan pakaian adat istiadat jawa yang lengkap juga. Pakaian adat istiadat ini juga kebanyakan memiliki pakaian adat berupa batik.

Batik tulis jogja itu sendiri memiliki banyak sekali jenis dan macamnya yang tentu saja memiliki arti dan filosofi yang sangat dalam namun juga berkaitan arti tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Macam-macam batik yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut ini:

1. Batik Sido Mukti

Batik sido mukti adalah salah satu jenis batik yang berasal dari Jogja. Batik sido mukti ini seringkali digunakan untuk acara upacara perkimpoian yang merupakan acara dari adat istiadat jogja tersebut.

Upacara perkimpoian adalah upacara yang di selenggarakan untuk menyambut peristiwa pernikahan yang mana pernikahan itu adalah peristiwa yang sangat penting bagi setiap orang dan pernikahan itu adalah peristiwa yang sakral yang di selenggarakan seumur hidup sekali.

Batik sido mukti ini memiliki makna dan filosofinya yaitu agar diharapkan saat semasa hidup selalu dalam keadaan yang berkecukupan dan juga selalu dalam kebahagiaan.

Dengan memakai kain batik sido mukti saat upacara dilakukan ini dengan harapan dapat terwujud keluarga baru yang berkecukupan dan selalu dalam keadaan bahagia sesuai dengan filosofi dari batik sido mukti tersebut.

Batik sido mukti ini memiliki motif atau corak yaitu berupa gurda dan juga memiliki warna-warna soga alam. Dengan hal tersebut juga membuat orang yang memakainya memiliki kesan yang berwibawa dan bagus saat dikenakan.

2. Batik Cuwiri

Batik cuwiri sama saja dengan batik sido mukti memiliki ciri khas warna batik soga dan juga memiliki motif atau corak yaitu meru, gurda. Dengan begitu saat mengenakan kain batik cuwiri akan memiliki kesan yang mempesona dan elok.

Batik ini seringkali digunakan untuk acara adat yaitu berupa mitoni. Mitoni itu adalah suatu acara adat sebagai rasa bersyukur atas kehamilan dan kehamilan tersebut yang berusia 7 bulan.

Dalam adat jawa mitoni ini merupakan adat istiadat yang wajib dilakukan untuk mensyukuri atas kehamilan dan juga untuk mendoakan janin supaya selalu sehat dan di mudahkan dalam proses persalinan.

Dalam pemakaiannya kain batik cuwiri ini digunakan sebagai kemben atau dalam bahasa jawanya adalah semek’an. Kemudian, kain batik cuwiri ini memiliki arti atau filosofi yaitu berasal dari kata kain batik itu sendiri yaitu cuwiri yang artinya kecil-kecil.

Dengan mengenakan menggunakan batik cuwiri ini memiliki harapan agar saat dikenakan akan terlihat pantas dan juga menjadi berwibawa sehingga dengan sendirinya akan dihormati oleh orang-orang.

3. Batik Kawung

Batik kawung ini merupakan batik yang memiliki motif atau corak yaitu berupa bentuk geometris yang memiliki warna naphtol. Kain batik ini seringkali dalam pemakaiannya digunakan sebagai kain panjang. Batik ini merupakan kain batik yang sering di pakai oleh para raja dan juga yang termasuk dalam garis keluarga kerajaan.

Kain batik ini digunakan oleh para raja karena memiliki arti atau filosofi yang artinya sebagai lambang dari keperkasaan dan juga lambang dari keadilan. Dengan memakai kain tersebut diharapkan para raja memiliki sifat yang adil dalam memimpin dan juga perkasa dalam menghadapi segala masalah rakyatnya.

Pemakaian kain batik ini dapat dikenakan dalam kehidupan sehari-hari dan setiap orang yang memakainya akan memiliki kesan yang sangat santun namun juga berwibawa sehingga akan sangat elegan saat dilihat.

4. Batik Pamiluto

Batik pamiluto adalah batik yang mempunyai motif atau corak yaitu motif parang kemudian ada juga motif caplok kemudian motif truntum dan motif yang lainnya. Batik pamiluto ini memiliki warna yang khas yaitu warna soga alam.

Kain batik pamiluto ini digunakan saat adanya acara pertunangan dan kain batik pamiluto ini cara penggunaannya yaitu digunakan sebagai kain panjang. Penggunaan kain batik pamiluto saat acara pertunangan ini juga dimaksudkan dengan tujuan tertentu sesuai dengan filosofi atau makna dari kain batik tersebut.

Makna atau filosofi kain batik pamiluto ini mempunyai arti yang berasal dari bahasa jawa itu sendiri yaitu pulut yang mempunyai arti perekat atau dalam bahasa jawanya yaitu yang mempunyai arti kepilut.

Sesuai dengan filosofi atau maknanya diharapkan para orang yang bertunangan ini akan memiliki ikatan yang sangat erat sehingga akan sampai pada jenjang pernikahan dan dapat hidup selamanya dalam ikatan yang harmonis dan rukun bersama. Maka dari itu setiap ada acara pertunangan menggunakan kain batik pamiluto.

5. Batik Ceplok Kasatrian

Di daerah jawa ini tidak hanya para raja, keluarga raja maupun bangsawan yang menggunakan kain batik. Bagi masyarakat yang merupakan kalangan menengah ke bawah juga menggunakan kain batik. Salah satu kain batik yang digunakan yaitu menggunakan kain batik ceplok kasatrian.

Kain batik ceplok kasatrian ini memiliki ciri khas dari motifnya yaitu memiliki motif atau corak parang, gurda dan juga meru.  Dan ciri khasnya adalah kerokan kemudian juga memiliki warna soga alam. Kain batik ini seringkali digunakan saat di adakannya acara kirab pengantin.

Kain batik ceplok kasatrian ini saat dikenakan oleh laki-laki seringkali akan terlihat gagah dan jika dikenakan pada perempuan maka akan memiliki kesan anggun. Batik ini sangat ramah untuk dikenakan.

6. Batik Parang Kusumo

Batik parang kusumo ini merupakan batik yang seringkali digunakan dalam acara adat yaitu berupa tukar cincin atau dalam arti lain yaitu dalam acara lamaran. Motif dari kain batik parang kusumo ini memiliki motif berupa parang maupun juga mlinjon yang mempunyai warna khas yaitu naphtol dan juga memiliki ciri khasnya adalah kerokan.

Filosofi atau makna dari kain batik parang kusumo itu sendiri yaitu berasal dari kata kusumo itu sendiri yaitu bunga yang mekar. Dengan menggunakan kain batik parang kusumo ini diharapkan saat mengenakan kain batik ini akan terlihat menjadi indah dan juga lebih menawan. Karena pada dasarnya saat ada acara penting tentu saja ingin memiliki penampilan yang bagus dan juga menarik sehingga juga akan memberikan suasana yang menyenangkan juga saat acara tukar cincin dilakukan yang juga merupakan acara yang dapat dikatakan sakral.

KONTAK & LOKASI PEMBUATAN BATIK TULIS JOGJA:

  • Nama Owner: Bp. Akhyar Muzaki Khamim
  • Phone/Whatsapp: 0819-3171-3758
  • Trip Advisor: Batik Sidomukti

Beri Kami Rating
Sending
User Review
5 (1 vote)