Batik Tulis Asli Yogyakarta

Kain Batik Tulis Asli Yogyakarta Harga Murah

Batik merupakan seni yang menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat indonesia. Batik ini memiliki banyak sekali macam dan jenisnya sesuai dengan daerahnya masing-masing. Keberagaman corak atau motif batik inilah yang membuat batik semakin diminati oleh masyarakat indonesia itu sendiri bahkan orang-orang luar negeri.

Batik itu sendiri memiliki berbagai macam jenisnya yaitu yang pertama adalah batik tulis. Kemudian yang kedua adalah batik cap dan yang ketiga adalah batik printing. Ketiganya tersebut secara sekilas memiliki bentuk dan rupa yang sama.

Akan tetapi, saat melihatnya dari dekat anda akan mengetahui mana yang merupakan batik tulis, kemudian batik cap dan juga batik printing. Ketiganya tersebut tentu saja memiliki ciri khasnya masing-masing yang dapat anda ketahui dengan sangat mudah.

Dari ketiga jenis batik tersebut, batik yang paling sering dicari dan juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi adalah batik tulis asli. Batik tulis ini sesuai dengan namanya tulis tentu dalam pengerjaannya adalah membuat batik dengan cara ditulis manual dengan menggunakan canting yang berisi malam.

Karena nilai jual yang cukup tinggi untuk batik tulis ini terkadang ada orang atau oknum yang membuat batik tulis palsu. Yang dimaksudkan palsu di sini adalah bahwa batik yang dalam pengejaannya bukan dengan cara di tulis manual dengan menggunakan canting namun mengaku bahwa batik tersebut di tulis manual.

Dengan adanya orang-orang yang seperti itu tentu meruikan bagi orang-orang yang ingin memiliki batik tulis yang asli. Untuk mengetahui batik tersebut asli atau palsu anda dapat memperhatikan dan melakukan cara-cara berikut ini yaitu :

1. Mengetahui warna dasar kain batik

Warna dasar kain merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembuatan batik. Oleh karena itu harus memilih warna dasar yang sesuai sehingga hasilnya sendiri akan bagus dan juga akan terlihat indah nantinya.

Kain batik tulis yang asli akan menggunakan warna dasar kain yang lebih muda jika dibandingkan dengan warna pada goresan-goresan motif yang dituangkan dalam kain batik tersebut. hal ini karena pada proses pembuatan batik tersebut seringkali memiliki motif-motif yang rumit.

Sehingga dengan warna dasar kain yang lebih muda ini akan membantu proses dari pembuatan kain batik tersebut. selain itu, pada kain batik asli akan melakukan proses finishing yang tentunya rumit. Dengan menggunakan warna yang lebih muda ini akan membuat proses finishing menjadi lebih mudah.

Sedangkan jika bukan kain batik tulis yang asli ini cenderung memiliki warna dasar kain yang lebih gelap atau tua jika dibandingkan dengan warna goresan-goresan motif yang ada pada kain tersebut.

Hal ini karena pada prosesnya pengerjaan batik tersebut harus cepat dan juga tidak memakan waktu yang lama, kemudian juga harus meminimalkan biaya produksi sehingga kain batik tersebut dapat di jual dengan harga yang murah.

Selain itu, kain batik ini berbeda dengan batik tulis yaitu kain batik ini tidak mempunyai finishing seperti batik tulis sehingga proses pembuatan kain batik tersebut akan cepat dalam proses pengerjaannya.

2. Akhiran motif batik

Batik tulis merupakan batik yang ditulis atau dituangkan sendiri ke kain dengan menggunakan tangan. Oleh karena setiap hasil goresan tersebut tidak sama dan tentu hal ini juga menjadi ciri khas dari kain batik tulis itu sendiri.

Jika anda memperhatikan dalam setiap goresan pada motif-motif kain batik tentu anda akan mengetahui mana yang merupakan kain batik tulis asli dan mana juga yang merupakan kain batik yang palsu.

Untuk membedakan dengan melihat motifnya ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memperhatikan dengan cermat dan jeli dalam melihat setiap motifnya. Kuncinya adalah pada setiap bagian awal dan akhir pada motif batik tersebut akan memiliki ukuran yang besar atau dapat dikatakan memiliki tetesan yang besar.

Pada awal dan akhir memiliki tetesan yang besar ini karena proses pembuatannya itu sendiri yang menggunakan manual dengan tangan dan sifat dari malam tersebut cair agar kental yang akan dituangkan melalui canting tersebut sehingga dalam proses pertama kali mengeblok tentunya akan memiliki tetesan yang besar.

Pada pembuatannya pada saat proses menuangkan malam yang menggunakan tangan pada saat di awal dan juga pada saat di akhir akan memiliki tekanan yang sangat besar sehingga terjadinya tetesan tersebut dan selai itu batik tulis ini memiliki coretan motif yang lebih tegas dibandingkan dengan jenis batik yang lainnya.

Kemudian, tetesan besar ini pun pada setiap motif memiliki ukuran yang berbeda-beda dan tetesan ini bukanlah kecacatan pada suatu kain batik tulis melainkan menjadikan kain batik tulis tersebut menjadi unik dibandingkan  dengan kain batik jenis yang lainnya.

3. Batik tulis memiliki motif yang lebih luwes

Bentuk gambar atau motif dari suatu kain batik adalah hal pertama kali yang dilihat pada setiap orang yang akan membeli suatu kain batik. Kemudian, banyak sekali orang yang membeli batik karena motifnya yang sangat unik tersebut.

Gambar atau motif dari kain batik tulis yang asli ini akan memiliki motif yang lebih luwes dibandingkan dengan motif kain batik jenis yang lainnya. Hal ini terjadi karena pembuatan tangan dengan pembuatan mesin maupun dengan menggunakan cap tentunya akan menorehkan gambar atau motif yang sangat berbeda walaupun mungkin gambar atau motif tersebut sama.

Pada kain batik tulis asli ini yang tentunya dalam proses pembuatannya yang manual menggunakan tangan sehingga setiap motifnya akan memiliki ukuran gambar atau motif yang berbeda-beda dan juga karena keterampilan dari orang yang menggambarkan motif tersebut di kain batik maka memiliki hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan kain batik jenis lainnya.

Pada saat proses menggambar motif pada kain batik tulis ini tidak adanya proses pengulangan dari motif tersebut yang jelas sehingga proses pembuatan motif pun akan terlihat lebih alami dan juga lebih menarik jika dibandingkan dengan kain batik lainnya.

Oleh karena itulah batik tulis terlihat lebih luwes. Kemudian, perbedaan tersebut sebenarnya gampang-gampang susah untuk membedakannya karena kejelian setiap orang melihat batik tentu saja berbeda.

Bagi orang-orang yang belum mengetahui sekali tentang perbedaan berbagai jenis batik tentu akan mengalami sedikit kesulitan saat membedakan jenis batik yang berdasarkan dengan keluwesan dari motif bati tersebut.

Akan tetapi, bagi orang-orang yang memang menyukai batik atau bahkan orang tersebut kolektor batik atau orang-orang yang memang menyukai batik dan sering membelinya maka dengan cara membedakan kain batik tulis yang asli dan palsu akan dengan sangat mudah membedakannya dengan cara hanya melihat keluwesan dari motif batik tersebut dengan sangat mudah.

Untuk melihat hasil dari Batik Tulis Asli yang di buat oleh para pembatik dari Giriloyo bisa dilihat di: Hasil Dari Pembatik Giriloyo

Beri Kami Rating
Sending
User Review
0 (0 votes)