Bagaimana Cara Mendongkrak Mobil Yang Benar dan Aman?

Bagaimana cara mendongkrak mobil yang benar? Setiap kegiatan servis di bawah kendaraan serta saat pengerjaan yang mengharuskan melepas roda-roda, maka untuk membantu memudahkan mekanik untuk bekerja kendaraan harus diangkat. Salah satu cara untuk mengangkat kendaraan adalah dengan cara mendongkrak. Mendongkrak merupakan kegiatan mengangkat kendaraan. Dongkrak yang digunakan digunakan untuk mengangkat ini terdapat bermacam-macam jenis, macam-macam dongkrak antara lain dongkrak gunting, dongkrak botol, dongkrak buaya dan lain sebagainya.

Walaupun jenis-jenis dongkrak yang dipakai berbeda-beda, tapi pada dasarnya prosedur untuk melakukan kegiatan mendongkrak sama. Mendongkrak kendaraan harus memperhatikan faktor keamanan, baik keamanan pada mekanik, keamanan kendaraan maupun keamanan lingkungan. Oleh sebab itu kegiatan mendongkrak harus dilakukan dengan prosedur yang benar.

Bagaimana menggunakan dongkrak dengan aman?

Ketika mendongkrak kendaraan, jangan asal mendongkrak. Carilah bagian titik tumpu yang kuat dari kendaraan yang disarankan sebagai tempat untuk mendongkrak. Hal ini dilakukan agar kendaraan tidak mengalami kerusakan saat proses mendongkrak. Untuk lebih jelasnya, tentang titik tumpu kendaraan untuk mendongkrak, perhatikan gambar di bawah ini:

bagaimana cara mendongkrak mobil yang benar

Saat mendongkrak juga harus diperhatikan ketepatan posisi bagian angkat dongkrak dengan bagian yang didongkrak. Karena dengan kesalahan sedikit saja saat mendongkrak dapat menyebabkan kecelakan yang besar.

Untuk keamanan saat mendongkrak juga harus diperhatikan tempatnya, tempat yang digunakan saat mendongkrak harus pada posisi rata dan memiliki permukaan lantai atau tanah yang keras. Selain itu untuk mengamankan kendaraan saat sudat terangkat, gunakan jack stand.

Selain tempat, kondisi dongkrak juga harus diperhatikan. Dongkrak yang digunakan harus dalam posisi baik, jangan dongkrak yang sudah rusak. Pada dongkrak hidrolik hal yang sering terjadi adalah terjadinya kebocoran pada sistem hidrolik dan viskositas minyak hidrolik sudah jelek.

Untuk menjaga kondisi dongkrak agar tetap baik maka dongkrak perlu dirawat, cara untuk merawat dongkrak antara lain selalu periksa apakah terjadi kebocoran pada sistem hidrolik, jangan gunakan dongkrak untuk mengangkat dalam waktu yang lama, simpanlah dongkrak pada tempat yang aman dan pelajari buku manual sebelum melakukan pendongkrakan.

Prosedur menggunakan dongkrak yang benar:

  • Letakkan mobil pada tempat yang rata dan memiliki permukaan lantai yang keras.
  • Letakkan ganjal pada bagian roda-roda belakang jika bagian depan akan didongkrak, atau sebaliknya jika akan mendongkrak bagian belakang kendaraan maka ganjal roda-roda bagian depan kendaraan.
  • Pilihlah dongkrak sesuai dengan kapasitas beban yang akan diangkat. Selain itu periksa kondisi dongkrak, jika dongkrak hidrolik periksa apakah ada kebocoran sistem hidrolik pada dongkrak atau tidak. Bila ada kebocoran sistem hidrolik, dongkrak dapat turun sendiri sehingga akan membahayakan.
  • Letakkan dongkrak pada tempat yang sudah ditentukan dititik tumpu kendaraan.
  • Sebelum memulai mendongkrak kendaraan, periksa posisi pengangkat dongkrak apakah sudah tepat ditengah bagian yang akan didongkrak atau belum. Jika belum, tepatkan pada bagian tengah-tengah untuk menghindari terjadinya slip saat kendaraan diangkat.
  • Sebelum mengangkat kendaraan periksa juga apakah ada sesuatu di bawah dongkrak yang mungkin dapat membahayakan ketika dongkrak diangkat.
  • Ketika kendaraan sudah terangkat, pasang pengaman jack stand untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bekerja di bawah kendaraan.
  • Ketika telah selesai melakukan pekerjaan di bawah kendaraan dan kendaraan akan diturunkan maka sebelum menurunkan kendaraan, periksalah apakah ada orang dibawah kendaraan atau ada benda-benda di bawah kendaraan yang mungkin dapat membahayakan.
  • Naikkan dongkrak sedikit untuk melepas jack stand, setelah itu turunkan kendaraan perlahan-lahan.

Sumber: https://www.teknik-otomotif.com/2017/12/cara-mendongkrak-mobil-yang-aman-dan.html

Tinggalkan Balasan