Arti Wonderful Indonesia

arti wonderful indonesia

Logo Wonderful Indonesia

Arti Wonderful Indonesia – Slogan yang dimiliki dan tidak dapat terpisahkan oleh pariwisata Indonesia. Wonderful Indonesia, 2 kata dan logo 5 warna yang saat ini banyak sekali di jumpai dan berlalu lalang di berbagai foto destinasi wisata Indonesia bahkan pada kendaraan transportasi. 5 garis berwarna yang memyerupai bentuk burung Garuda dan 2 kata bertuliskan Wondeful Indonesia adalah ciri khasnya. Mesikupun sudah banyak di jumpai dan menjadi ciri khas, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui makna sebenarnya dari logo Wonderful Indonesia.

Meskipun sudah jadi ciri khas, tapi tak banyak yang tahu makna logo Wonderful Indonesia. Tampilan logo Wonderful Indonesia memang sudah familiar bagi orang Indonesia. Bus pariwisata, destinasi, hingga bahkan di media sosial pun logo ini bertebaran. Tapi beberapa orang yang kami temui mengaku tak paham apa makna dari logo tersebut secara keseluruhan.

Sebenarnya ada beberapa makna yang terkandung dari logo Wonderful Indonesia. Mulai dari bentuk logo, warna logo, hingga jenis hurufnya. Memang cukup ribet, tapi ternyata logo ini memiliki makna yang mendalam.

  • Bentuk logo yang membentuk konsep Garuda Pancasila sebagai dasar negara dengan pengolahan yang modern.
  • 5 garis warna yang menjadi simbol dan makna pancasila.
  • Warna yang dinamis dalam logo yang menyimbolkan dinamika Indonesia sebagai negara berkembang yang selalu dinamis.
  • Jenis huruf Wonderful Indonesia yang mengambil elemen otentik Indonesia.

Selain makna keseluruhan, setiap warna burung garuda dalam logo ini juga memiliki makna tersendiri.

  • Warna Biru yang berarti kesemestaan,
  • Warna Hijau yang memiliki arti kreativitas dan ramah pada alam,
  • Warna Jingga melambangkan inovasi dan juga semangat pembaharuan,
  • Warna Ungu melambangkan simbol daya imajinasi dan keimanan,
  • Warna Magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis.

Logo pernah berubah

Slogan dan logo Wonderful Indonesia diresmikan pada tahun 2011. Sejak diresmikan, logo Wonderful Indonesia sempat berubah dua kali. Perubahan itu tak terlalu signifikan karena hanya dilakukan reposisi burung garuda dalam logo.

Logo Wonderful Indonesia Lama

Logo awal, burung garuda terletak di bagian kiri tulisan Wonferfull Indonesia. Lalu saat ini burung garuda direposisikan di bagian kanan tulisan Wonderful Indonesia.

Menurut Kementrian Pariwisata, reposisi logo adalah untuk memperkuat pesan Wonderful Indonesia sebagai janji pariwisata Indonesia kepada dunia untuk memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dan mengesankan bagi tiap wisatawan.

Source: https://phinemo.com/makna-logo-wonderful-indonesia/