Air Terjun Kedung Pedut | Surganya Air di Kulon Progo, Yogyakarta

air terjun kedung pedut kulon progo yogyakarta

Air Terjun Kedung Pedut – Kota Yogyakarta yang mempunyai julukan sebagai kota gudeg didalamnya mempunyai berbagai keindahan alam untuk berwisata. Banyaknya wisata alam, budaya dan sejarah membuat wisatawan terkadang bingung lokasi mana yang ingin dikunjungi. Kota Yogyakarta yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota ini masing-masing memiliki keunggulan pada sektor pariwisatanya. Salah satunya adalah kabupaten Kulon Progo. Kabupaten yang terletak di sisi barat kota Yogyakarta ini terdapat banyak sekali destinasi wisata menarik karena berada di pegunungan Menoreh.

Di daerah Kulon Progo terdapat satu tempat menarik dan sejuk yang wajib untuk wisatawan kunjungi ketika bingung hendak pergi kemana saat liburan di Yogyakarta. Nama lokasi wisata ini adalah Air Terjun Kedung Pedut. Lokasinya tidak jauh dari Ekowisata Sungai Mudal dan Air Terjun Kembang Soka. Lalu apakah yang bisa wisatawan nikmati di Air Terjun Kedung Pedut?

Air Terjun Kedung Pedut mempunyai keunggulan dan keunikan pada sumber mata airnya yang berasal dari dalam bumi, sehingga air terjun ini seolah-olah tidak pernah habis ataupun mengering. Hal ini membuat Air Terjun Kedung Pedut disebut sebagai surganya air di Kulon Progo dikarenakan airnya yang tidak pernah habis meskipun pada saat musim kemarau. Siapapun yang berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut, pasti akan merasakan kesejukan dengan suhu yang lumayan dingin. Wisatawan tidak akan merasakan hawa yang panas meskipun di siang hari karena lokasi ini di kelilingi oleh pohon-pohon yang rindang.

Selin itu, di Air Terjun Kedung Pedut terdapat banyak sekali kolam sebagai pemandian alami yang bisa di gunakan anak untuk bermain air. Tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut bisa dibilang cukup luas dan bisa untuk menampung wisatawan dalam jumlah yang banyak. Wisatawan bisa berbasah-basahan dan juga berfoto pada spot wisata yang menarik. Jika wisatawan sudah datang ke lokasi ini, sebaiknya siapkan baju ganti karena akan tergiur untuk bermain air dan berbasah-basahan. Namun, bisa juga hanya datang untuk sekedar berfoto dan menikmati suasana.

Pada air terjun ini terdapat spot yang menarik untuk berfoto mulai dari helikopter terparkir di tepi kolam hingga berfoto dengan hammock yang sudah di sediakan oleh pengelola. Spot-spot berfoto tersebut bisa digunakan wisatawan untuk berfoto, karena keunikannya yang tidak ditemukan pada kolam pemandian lainnya. selain berfoto, wisatawan juga bisa bersantai saja diatas hammock untuk sekedar menikmati pemandangan di kawasan Air Terjun Kedung Pedut dari ketinggian.

Bagi wisawatan yang menyukai tantangan dan memacu adrenalin, di Air Terjun Kedung Pedut juga menyediakan wahana flying fox. Flying fox ini bisa menjadi rekomendasi buat wisatawan. Ada satu fasilitas yang menawarkan flying fox untuk wisatawan. Flying fox ini memiliki panjang lintasan kurang lebihnya 40 meter. Siapapun yang menaiki flying fox ini tentunya akan merasakan pengalaman yang berbeda karena meluncur dari atas kolam pemandian dan melihat air terjun dari ketinggian.

Pada kawasan Air Terjun Kedung Pedut terdapat banyak sekali jembatan yang terbuat dari bambu. Wisatawan bisa berfoto ataupun selfie di jembatan dan tentunya akan mendapatkan foto panorama yang menarik. Bagi anda yang ingin berlibur ke Air Terjun Kedung Pedut, langsung saja rencanakan liburan anda karena saat ini sudah resmi di buka kembali pada masa pandemi Covid-19. Kami dari Tim Avilo Tour & Travel sudah mengunjunginya dan memastikan lokasi wisata Air Terjun Kedung Pedut aman untuk di kunjung oleh wisatawan namun tetap mengutamakan protokol kesehatan demi menjaga kesehatan masing-masing.

Sebelum masuk di gate Air Terjun Kedung Pedut, siapkan uang untuk parkir kendaraan motor sebesar Rp. 5.000,- dan mobil Rp. 10.000,-. Anda akan disambut ramah oleh pengelola dan di minta untuk mengisi data diri. Setelah itu petugas yang jaga akan mengecek suhu tubuh wisatawan sebagai salah satu penerapan protokol kesehatan pada lokasi wisata ini. Lokasi wisata Air Terjun Kedung Pedut buka pada pukul 8.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuk di Air Terjun Kedung Pedut Rp. 10.000,- per orang. Rute jalan dari gate masuk sampai ke air terjun bisa dibilang cukup mudah dikarenakan sudah di susun batuan yang sangat rapi untuk memudahkan wisatawan untuk jalan. Disamping jalan masuk, terdapat sejumlah warung yang tenang dan masih tradisional yang bisa dijadikan tempat singgah sekedar untuk minim teh atau kopi.

Tips untuk anda ketika hendak berkunjung di Air Terjun Kedung Pedut dari Yogyakarta adalah siapkan dan pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang prima, baik itu menggunakan motor ataupun mobil. Dikarenakan akses jalan menuju ke Air Terjun Kedung Pedut bisa di bilang cukup ekstrim karena pada waktu berangkat kita akan menemukan tanjakan-tanjakan yang terjal dan pulangnya akan menemui jalan yang curam. Pastikan juga skill mengemudi anda baik atau sudah berpengalaman dalam mengemudi. Jika anda butuh rental mobil atau motor untuk mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut? Silahkan hubungi kami: Avilo Tour & Travel Yogyakarta

Tinggalkan Balasan